Jurupintu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jurupintu (juga dikenal sebagai pengawas pintu ) adalah jenis penjaga keamanan, yang dipekerjakan di tempat berlisensi atau resmi seperti bar, klub malam, klub kabaret, klub tari telanjang, kasino, hotel, ruang biliar, restoran, acara olahraga, sekolah, konser, bola atau bioskop . Tugas jurupintu adalah memberikan keamanan, memeriksa usia legal dan usia minum, menolak masuknya orang yang mabuk, dan menangani perilaku agresif, kekerasan atau verbal atau ketidaktaatan terhadap peraturan perundang-undangan atau pendirian. Mereka juga bertugas menjaga ketertiban, dan memastikan semua hukum dan peraturan dipatuhi oleh semua pengunjung.

Mereka adalah warga sipil dan sering kali dipekerjakan langsung oleh lokasi acara, bukan oleh perusahaan keamanan di Amerika Serikat. Jurupintu sering kali dibutuhkan ketika jumlah penonton, jumlah pelanggan atau konsumsi alkohol dapat menyebabkan terjadinya pertengkaran atau perkelahian, atau ketika ancaman atau kehadiran aktivitas geng kriminal atau kekerasan tinggi. Di beberapa klub, jurupintu juga bertanggung jawab untuk " kontrol wajah ", memilih siapa yang diperbolehkan untuk menggurui tempat tersebut. Beberapa perusahaan juga mungkin menugaskan penjaga untuk bertanggung jawab atas pengumpulan biaya tambahan . Di Amerika Serikat, tanggung jawab perdata dan biaya pengadilan terkait dengan penggunaan kekerasan oleh para jurupintu adalah "kerugian tertinggi yang dapat dicegah dalam industri [bar]", [1] karena banyak penjaga di Amerika Serikat yang sering dibawa ke pengadilan dan di negara-negara lain. masalah serupa dengan kekuatan yang berlebihan. Di banyak negara, pemerintah negara bagian telah mengambil langkah-langkah untuk memprofesionalkan industri ini dengan mewajibkan jurupintu mendapatkan pelatihan, perizinan, dan pemeriksaan latar belakang catatan kriminal . Di Inggris Raya, semua lokasi yang memiliki izin diharuskan memiliki pengawas pintu berlisensi dari Otoritas Industri Keamanan ketika kapasitas tempat telah dinilai. Para operator ini menjalani pelatihan selama satu minggu, dan seringkali lebih terampil daripada operator yang tidak menjalani pelatihan ini, seperti yang terlihat dari berkurangnya jumlah serangan yang dilakukan oleh penjaga sejak diperkenalkannya lisensi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Safety and Security for Liquor Licensees". Michigan Licensed Beverage Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 May 2008. Diakses tanggal 1 February 2008.