Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/6

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret Hugo Chávez

Hugo Rafael Chávez Frías (lahir 28 Juli 1954 – 5 Maret 2013) adalah Presiden Venezuela ke-56, menjabat selama 14 tahun dari 1999 sampai kematiannya pada 2013. Menurut ideologi politiknya, Bolivarianisme dan "Sosialisme abad ke-21", dia fokus pada penerapan pembaharuan sosialis di negaranya sebagai bagian dari proyek sosialnya yang disebut sebagai Revolusi Bolivarian, yang menerapkan konstitusi, demokrasi partisipatoris dan nasionalisasi beberapa industri penting.

Sebelumnya menjadi pemimpin partai politik Pergerakan Republik Kelima sejak berdiri pada 1997, pada 2007 dia menjadi pemimpin Partai Sosialis Bersatu Venezuela (PSUV). Dia empat kali terpilih menjadi presiden: pada 1998, 2000, 2006 dan akhirnya—satu tahun sebelum kematiannya—pada 2012.

Anti-imperialis tegas dan kritik vokal pada neoliberalisme dan kapitalisme umumnya, Chávez adalah oposisi terkemuka Kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Dia beraliansi kuat dengan pemerintahan sosialis Fidel Castro dan kemudian Raúl Castro di Kuba, Evo Morales di Bolivia, Rafael Correa di Ekuador dan Daniel Ortega di Nikaragua, kepresidenannya dilihat di Dunia Barat sebagai bagian dari yang disebut sebagai "gelombang merah muda" sosialis yang menyapu Amerika Latin. Chávez mendukung Kerja sama Amerika Latin dan Karibia dan berperan penting dalam pengaturan pan-regional Persatuan Negara-Negara Amerika Selatan, Aliansi Bolivarian untuk Amerika, Bank of the South, dan jaringan televisi regional TeleSur. Tokoh yang sangat kontroversial, pengaruh politiknya di Amerika Latin membuat majalah Time memasukkannya sebagai salah satu daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia pada 2005 dan 2006.

Dia meninggal di Caracas pada 5 Maret 2013 pada umur 58.