Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pondok Ranggon
Negara Indonesia
ProvinsiDaerah Khusus Ibukota Jakarta
Kota AdministrasiJakarta Timur
KecamatanCipayung
Kodepos
13860
Kode Kemendagri31.75.10.1003 Edit the value on Wikidata
Luas3,6 km²
Jumlah penduduk30260 jiwa
Kepadatan7428 jiwa/km²

Kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung memiliki kode pos 13860, merupakan salah satu dari delapan kelurahan yang berada di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Kelurahan ini memiliki penduduk sebesar 30.260 jiwa dan luas 366,015 Ha.

Kelurahan ini berbatasan dengan Mabes TNI di sebelah Utara, Kelurahan Cilangkap / Kelurahan Munjul di sebelah Barat, wilayah Kelurahan Jati Raden / Kali Sunter di sebelah Timur, serta Kelurahan Harjamukti (Depok) di sebelah Selatan. Oleh karena itu, wilayah Kelurahan Pondok Ranggon merupakan daratan dengan nilai strategis karena berhubungan langsung dengan jalur perlintasan alternatif dari kawasan Cileungsi (Bogor), Kranggan (Bekasi), dan Kelurahan Harjamukti (Depok).

Asal usul nama kampung Pondok Rangon berdasarkan cerita lisan masyarakat adalah sebagai berikut. Pada masa lalu ada seorang lelaki tua (aki-aki) yang bermukim di suatu tempat dengan seorang nenek-nenek yang ditemukannya di tempat tersebut tanpa melalui perkawinan. Bagi masyarakat Sunda menyebut kehidupan kakek nenek itu dengan istilah Rangon. Karena kakek nenek itu tinggal disuatu pondok, maka masyarakat menyebut tempat itu dengan nama Pondok Rangon.[1]

  1. ^ "Pondok Rangon, Kampung | Portal Resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta". www.jakarta.go.id. Diakses tanggal 2020-08-24.