Pluto (manga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pluto
Genre
Manga
Pengarang
IlustratorNaoki Urasawa
PenerbitShogakukan
Penerbit bahasa Inggris
MajalahBig Comic Original
DemografiSeinen
Terbit5 September, 20034 April, 2009
Volume8
Animasi web orisinal
ProduserGENCO, Tezuka Productions
StudioStudio M2
PelisensiNetflix
Tayang2023
 Portal anime dan manga

Pluto adalah sebuah seri manga asal Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoki Urasawa. Diserialkan oleh Shogakukan ke dalam majalah Big Comic Original terhitung sejak September 2003 hingga April 2009, bersamaan dengan koleksi empat bab tankōbon. Serial ini berdasarkan Astro Boy karangan Osamu Tezuka, dengan nama "The Greatest Robot on Earth" (地上最大のロボット Chijō Saidai no Robotto). Urasawa menulis ulang cerita tersebut dan memasukkan unsur thriller dan misteri yang menampilkan Gesicht, seorang robot detektif Europol yang berusaha memecahkan rentetan kasus robot dan kematian manusia. Takashi Nagasaki ikut serta sebagai rekan penulis. Sedangkan Macoto Tezka, putra dari Osamu Tezuka, mengawasi serial tersebut, dan Tezuka Productions telah memberikan kerjasama.

Serial ini telah menerima lisensi dan rilis dalam bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Viz Media diberi judul Pluto: Urasawa x Tezuka. Serial ONA arahan Studio M2 akan rilis di Netflix pada tahun 2023.

Pluto mendapatkan berbagai pujian, dan sukses secara komersial, berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti Tezuka Osamu Cultural Prize, dan terjual sebanyak 8.5 million eksemplar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "The Official Website for Pluto: Urasawa x Tezuka". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 28, 2019. Diakses tanggal December 11, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]