Pengawalembap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pengawalembap khas "portabel" yang dapat dipindahkan dengan menggunakan kaster built-in

Pengawalembap atau pengawalengas (bahasa Inggris: Dehumidifier) ialah sejenis peralatan listrik yang digunakan untuk mengurangkan dan mengatur tingkat kelembapan di udara, biasanya untuk tujuan kesehatan atau kenyamanan, atau untuk menghilangkan bau apak, serta mencegah pertumbuhan jamur dengan menyedot air dari udara. Alat ini dapat digunakan untuk penerapan dalam rumah tangga, komersial, atau industri. Pengawalembap besarrrrr digunakan dalam bangunan-bangunan komersial seperti kolam renang dan gelanggang es, serta pabrik pembuatan atau gudang penyimpanan.[1]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Pengawalembap menyedot partikel-partikel air dari udara yang melalui unit. Terdapat dua jenis pengawalembap, yaitu pengawalembap kondensat dan pengawalembap pengering (desiccant).

Pengawalembap kondensat menggunakan lemari pendingin untuk mengumpulkan air yang dikenal sebagai kondensat, yang biasanya merupakan air kelabu, tetapi adakalanya dapat digunakan kembali untuk keperluan industri. Beberapa produsen menawarkan penapis osmosis terbalik untuk mengubah kondensat menjadi air minum.[2] Beberapa desain, seperti pengawalembap membran ionik, menghilangkan air dalam bentuk uap daripada cairan.

Pengawalembap pengering (dikenal juga sebagai pengawalembap penyerapan) mengikat kelembapan dengan bahan-bahan hidrofilik, seperti gel silika. Unit-unit kegunaan rumah yang murah memiliki kartrid zat hidrofilik sekali pakai, gel, dan bubuk. Unit-unit kegunaan komersial yang lebih besar memiliki sistem pemulihan udara panas untuk menghilangkan udara lembap dari luar ruangan.

Efisiensi energi pengawalembap dapat sangat bervariasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pengawalembap pertama diciptakan oleh penemu Amerika Willis Carrier pada 1902 untuk menghilangkan kelembapan dalam sebuah pabrik percetakan di Brooklyn.[3] Carrier memuji penemuan ini sebagai pelopor untuk penemuan yang akan datang dalam bidang pendinginan udara.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "3" (PDF). Technical Guidelines of an Ice Rink. International Ice Hockey Federation. Diakses tanggal 13 February 2015. 
  2. ^ Frigidaire (2009). All about the Use & Care of your Dehumidifier. Electrolux Home Products, Inc. hlm. 7. 
  3. ^ Harriman, L. G. Iii; Plager, D.; Kosar, D. (1 November 1997). "Dehumidification and cooling loads from ventilation air". ASHRAE Journal (dalam bahasa Inggris). 39 (11). OSTI 563883. 
  4. ^ Nagengast, Bernard. "100 Years of Air Conditioning". CiteSeerX 10.1.1.545.9425alt=Dapat diakses gratis. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]