Willis Carrier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Willis Carrier (26 Oktober 18767 Oktober 1950) adalah seorang insinyur Amerika, terkenal karena menemukan AC modern. Operator menemukan unit AC listrik pertama pada tahun 1902.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Di Buffalo, New York, pada 17 Juli 1902, sebagai tanggapan atas masalah kualitas udara yang dialami di Sackett-Wilhelms Lithographing & Publishing Company[1] di Brooklyn, Willis Carrier mengirimkan gambar untuk apa yang kemudian diakui sebagai pendingin udara modern pertama di dunia. sistem. Pemasangan tahun 1902 menandai lahirnya AC karena penambahan kontrol kelembaban, yang menyebabkan pengakuan oleh otoritas di lapangan bahwa AC harus melakukan empat fungsi dasar:

  1. kontrol suhu
  2. mengontrol kelembaban
  3. mengontrol sirkulasi udara dan ventilasi
  4. bersihkan udara

Setelah beberapa tahun penyempurnaan dan pengujian lapangan, pada 2 Januari 1906, Carrier diberikan Paten AS 808.897 untuk Apparatus for Treating Air, peralatan penyejuk udara tipe semprot pertama di dunia. Itu dirancang untuk melembabkan atau menghilangkan kelembapan udara, memanaskan air untuk fungsi pertama dan mendinginkannya untuk fungsi kedua.

Pada tahun 1906 Carrier menemukan bahwa "penurunan titik embun konstan memberikan kelembaban relatif yang hampir konstan," yang kemudian dikenal di kalangan insinyur AC sebagai "hukum penurunan titik embun konstan." Pada penemuan ini ia mendasarkan desain sistem kontrol otomatis, di mana ia mengajukan klaim paten pada 17 Mei 1907. Paten AS 1.085.971 dikeluarkan pada 3 Februari 1914.

Pada tanggal 3 Desember 1911, Carrier mempresentasikan apa yang mungkin merupakan dokumen paling signifikan yang pernah disiapkan tentang AC – Rational Psychrometric Formulas – pada pertemuan tahunan American Society of Mechanical Engineers. Ini dikenal sebagai "Magna Carta of Psychrometrics." Dokumen ini menyatukan konsep kelembaban relatif, kelembaban absolut, dan suhu titik embun, sehingga memungkinkan untuk merancang sistem pendingin udara agar sesuai dengan persyaratan di tangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carlson, Jen (12 July 2012). "Did You Know The First Air Conditioner Ever Was Installed In Brooklyn?". Gothamist. Diakses tanggal 14 February 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]