Pembicaraan:Universitas Indonesia

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mantan artikel pilihan Artikel ini adalah mantan artikel pilihan. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk artikel lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.

Saya ingin sedikit merevisi untuk Program Diploma FIB UI karena supaya informasi yang ada valid adanya. Tadi saya lihat di bawah informasi UI khususnya Diploa FIB UI terdapat program diploma Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Kearsipan. Dengan ini saya ingin menginformasikan bahwa kedua program tersebut sejak tahun 2000 sudah tidak ada dan kemudian di diganti menjadi Program Diploma Manajemen Informasi dan Dokumen (MID) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Sedikit penjelasan mengenai program Diploma MID FIBUI, MID FIBUI merupakan program Diploma pertama di Indonesia yang mengkhususkan para lulusannya berkompetensi di bidang penyebaran informasi khususnya Perpustakaan, Pusat Data & Informasi, Pusat Arsip, dan Bidang Teknologi Informasi. Saat ini beberapa PTN di Indonesia mengikuti jejak UI dengan membuka Program Diploma serupa, sebut saja MID IPB dan beberapa PTN lainnya.

Sekian penjelasan dari saya terima kasih.


saya tidak mengurangi sadikitpun isi dari suntingan terdahulu ,suntingan saya (kecuali paragraf pembuka yang menyalahi Sudut_pandang_netral) hanya merapikan kapitalisasi dan memindahkan semua pranala luar ke bagian "bawah". Melihat daftar Fakultas yang dituliskan disini .. apakah tidak berlebihan ??, karena isinya hanya sejumlah daftar fakultas yang ada di Universitas ini. Selama situs resmi masih "beroperasi " apakah sebaiknya di pangkas saja beberapa yang kurang ensiklopedik..? --•• Jagawana 11:47, 3 Juni 2007 (UTC)

Menghapus daftar jurusan[sunting sumber]

Saya berniat menghapus daftar jurusan yang ada di sini dan menggantinya dengan artikel. Terus terang, informasi jurusan-jurusan seperti ini kurang bermanfaat baik bagi calon mahasiswa maupun masyarakat umum. --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 14:07, 16 Agustus 2007 (UTC)

Bagaimana kalau dipindahkan ke Daftar jurusan Universitas Indonesia? Mungkin info tersebut berguna bagi murid atau calon guru yang ingin bergabung dengan UI (meskipun bisa dilihat di website UI). Sekedar ide. roscoe_x 14:12, 16 Agustus 2007 (UTC)

Benar juga. Saya telah memindahkannya ke halaman fakultas di Universitas Indonesia. Wah mungkin sekalian aja ya kita buat profil perfakultasnya. Mahasiswa baru butuh tuh. --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 14:57, 16 Agustus 2007 (UTC)

Rangking[sunting sumber]

Rangking-rangking saya hapus saja ya, soalnya banyak sekali lembaga yang melakukan pe-rangkingan seperti ini, dan hasilnya seringkali berbeda jauh satu sama lain. --BlackKnight(kirim pesan) 16:39, 3 Agustus 2008 (UTC)

Berantakan[sunting sumber]

Ini artikel makin dicoba dibenerin makin berantakan. IP 152.sekian sekian, (1) login napa (2) woy, yang bener aja sih, jadi parah gitu perubahannya. Serenity (bicara) 03:40, 17 November 2008 (UTC)

Parah banget nih, udah dirapihin direvert lagi. Keras kepala sekali anon-nya. --BlackKnight(kirim pesan) 14:58, 2 Desember 2008 (UTC)

Sorry, saya pengen konfirmasi agar tidak salah paham. Meskipun saya sering menggunakan IP 152.118.24.10, yang merevert dan sering mengedit artikel itu bukan saya.--BlackKnight(kirim pesan) 01:58, 3 Desember 2008 (UTC)

Syair lagu bukan GFDL[sunting sumber]

Saya yakin bahwa syair lagu yang tercantum di artikel berstatus hak cipta (dan bukan GFDL sebagaimana semua teks di Wikipedia), jadi syair tersebut akan saya hapus. sentausa (bicara) 03:02, 16 Februari 2009 (UTC)

Setahu saya, kedua lagu tersebut (Genderang Universitas Indonesia dan Hymne Almamater) merupakan lagu nasional. Maaf saya belum mengecek apa status lagu nasional, tapi saya lihat lirik lagu Indonesia Raya ditulis di artikelnya, jadi asumsi saya lirik lagu nasional boleh ditulis di Wikipedia. Saya akan coba tanya di Warung Kopi. Terima kasih. --BlackKnight(kirim pesan) 16:11, 13 Maret 2009 (UTC)
Oh iya, saya tahu status kedua lagu tersebut adalah lagu nasional dari situs ini http://organisasi.org. Dan dari sebuah album lagu nasional (oke yang kedua mungkin kurang reliable, tapi ini cukup meyakinkan saya bahwa memang benar kedua lagu tersebut lagu nasional )--BlackKnight(kirim pesan) 16:15, 13 Maret 2009 (UTC)

Sepertinya lisensi lagu nasional adalah public domain. Bagaimana tanggapannya, mas sentausa? --BlackKnight(kirim pesan) 11:57, 14 Maret 2009 (UTC)

Saya belum pernah tahu ada aturan yang menyatakan bahwa lagu nasional adalah public domain. Di UU Hak Cipta cuma ada aturan bahwa lagu kebangsaan boleh digunakan bebas. Menurut pemahaman saya, lagu nasional tidak sama dengan lagu kebangsaan. sentausa (bicara) 03:48, 30 Maret 2009 (UTC)

Apa perbedaan di antara keduanya? --BlackKnight(kirim pesan) 09:08, 17 April 2009 (UTC)

Kalau saya lihat kamus sih:

  • Nation = bangsa
  • National = kebangsaan

Jadi menurut logika saya lagu kebangsaan dan lagu nasional itu sama saja, karena "nasional" dan "kebangsaan" bersinonim. --BlackKnight(kirim pesan) 09:15, 17 April 2009 (UTC)

Sayangnya tidak ada penjelasan lebih lanjut di penjelasan UU Hak Cipta, tapi kalau melihat PP No. 44 tahun 1958, lagu kebangsaan Indonesia cuma satu, yaitu Indonesia Raya. Pada PP yang sama juga diatur mengenai penggunaan lagu kebangsaan negara lain, jadi pengertian lagu kebangsaan dalam hal ini sama dengan "national anthem". Berdasarkan hal ini, saya berargumen bahwa lagu kebangsaan menurut UU Hak Cipta tersebut adalah lagu Indonesia Raya, bukan lagu lain. sentausa (bicara) 07:44, 20 Mei 2009 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Universitas Indonesia that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 20 Oktober 2023 12.27 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Februari 2024)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Universitas Indonesia that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 24 Februari 2024 00.53 (UTC)[balas]