Pembicaraan:Tiongkok/Arsip 2

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jadi di id.wikipedia yang digunakan adalah kata Tionghoa untuk semua kata Cina yang ada di masyarakat populer?– komentar tanpa tanda tangan oleh Aditthegrat (bk).

Hal itu sedang dalam diskusi, lihat Wikipedia:Warung Kopi (Bahasa)#Tiongkok/Tionghoa vs Cina/China revisited. --  Arkwatem   Bicara  08:59, 20 September 2007 (UTC)
Menurut saya, artikel ini perlu dipindahkan ke Cina (istilah) atau Tiongkok (istilah), sedangkan Cina atau Tiongkok sendiri di-redirect ke Republik Rakyat Tiongkok, agar tidak membingungkan pembaca. --  Arkwatem   Bicara  09:36, 20 September 2007 (UTC)

Setuju. Kalau judul artikelnya Tiongkok seharusnya merujuk pada negara Tiongkok (entah maksudnya yang zaman kuno atau modern), bukannya malah jadi istilah. Atau ganti judulnya. Jangan dibiarkan begini terus.Salbazier 14:30, 23 Mei 2008 (UTC)

Definisi orang[sunting sumber]

Ben, definisi "orangnya dinamakan Tionghoa" dihapus dari definisi utama karena interwiki Tionghoanya sendiri mendefinisikan etnis/keturunan Cina di Indonesia dan bukan di Cina (a.k.a Tiongkok). Serenity (bicara)

Komentar mengenai perubahan tanggal 5 Agustus[sunting sumber]

Catatan perubahan:

Kalimat berikut kembali saya hapus: "dan istilah ini tidak dikenal (diucapkan dan terdengar) diluar masyarakat Indonesia dan menjadi ciri khas Indonesia, oleh sebab itu di Malaysia dan Thailand tidak dikenal istilah ini" ref: (Indonesia) Indonesia Media Online: Cina atau Tionghoa.

dengan alasan:

  • referensi yang berupa artikel/blog/surat kabar di internet tidak melalui peer-review, jadi bukan sumber yang layak dipercayai dan jangan langsung percaya/dijadikan sumber Wikipedia
Perubahan ini akan saya kembalikan karena kutipan jelas dari Media Online (lihat ref) oleh Tjiong Thiam Siong (lihat bahwa publikasinya jelas dan orang yang menyatakannya jelas- untuk ini referensi dinyatakan valid. Jangan menyalahkan media tidak bisa langsung percaya, terakhir kamu menanyakan siapa itu A. Dahana ternyata Prof.Dr. sastra Cina dari UI. Kamu siapa?

terlepas pro atau kontra, dalam hal ini tentu saja salah karena di bahasa Min Nan juga digunakan istilah yang sama (lihat zh-min-nan:Tiong-kok). Jadi kalimatnya saya gabung: "Secara linguistik istilah Tiongkok dan Tionghoa hanya ada di dalam bahasa Indonesia dan bahasa Tionghoa dialek Min Nan" karena sudah dibuktikan bahwa bahasa Indonesia bukan satu-satunya bahasa hidup yang menggunakan kedua istilah tersebut.

Loh ngga bisa, kalau kamu mau menyatakan salah, kutipan harus tetap dimasukkan secara lengkap dan tidak boleh dihapus karena yang menyatakan jelas - jadi tidak ada perampokan kredit. Yang bisa dilakukan adalah dilengkapi. Analogi contohnya adalah: Serenity berkata bahwa Benny itu jelek (referensi kompas). Tapi ternyata Beni terpilih oleh Majalah People untuk orang dengan jidat paling seksi sedunia (referensi majalah people). Pernyataan Serenity tidak bisa dihapus karena salah karena ada referensi (kompas), tapi dilengkapi dengan namun.....(people). Kalo dilihat dari kasus ini referensi kamu adalah wikipedia bahasa lain, dan walaupun bahasa lain, tetep aja wikipedia - jadi tidak bisa dijadikan referensi. Mungkin bisa minta bantuan Stephen untuk carikan referensi yang lebih baik.
  • Etika salin-tempel juga mohon diperhatikan, gunakan tanda kutip (misalnya Templat:Cquote) jika menyalin mentah-mentah tulisan orang lain. Mayoritas sudah saya benahi, jadi untuk melihat contohnya, silakan lihat versi terdahulunya.
Yang mana? *ketawa*
Lucu banget Ben, Ben, mencoba menasehati serenity, sayang nasehatnya salah, I appreciate the effort though. Kalo semua kutipan di cquote artikelnya jadi berantakan, perhatikan estetika penulisan untuk redundancy Ben. Menurut Karen Elizabeth Gordon dalam The Well-Tempered Sentence, A Punctuation Handbook for the Innocent, the Eager, and the Doomed. Quotation marks enclose direct quotations and dialog. Tapi kalo cuman ngutip orang mah ngga usah pake begituan, malah dihindari, karena redundancy, wong isinya wikipedia tulisan orang lain kok, mangkanya perlu referensi. Tapi kalo semuannya di quotation mark in apa jadinya dunia...Serenity (bicara)


  • Malaysia dan Thailand tidak ada hubungannya dengan artikel ini. Kalaupun benar di Malaysia dan di Thailand kedua istilah tersebut tidak dikenal.
Lihat diatas, koreksi orang salah bukan tanggung jawab elo, tapi pernyataan ini memang disertakan referensi, kalo mo mbenenerin tolong dong elo sertakan juga referensi elo jangan cuman ndumel doang.

(perlu sumber lain dikarenakan sumber yang dicantumkan mengandung banyak kesalahan faktual)

Caelah, gaya bener lo. Kalo ada sumber yang lebih bagus silahkan, kalo mo membuktikan banyak kesalahan faktual, monggo. Tapi ngga boleh menghapus yang udah ada. Dalam artikel (apa tuh gue lupa), waktu itu angka korban beda antara surat kabar satu dan surat kabar lain, terus gue disuruh telpon surat kabarnya gitu? SALAH. Dua-duanya cantumin, ini wikipedia bung! Serenity (bicara)
  • namun masih ada pembicara dialek Min Nan di luar Indonesia yang mengenalnya, jadi ini bukan "ciri khas" (menurut saya batik dan gamelan itu ciri khas, tapi suatu istilah itu bukan ciri khas suatu negara) Indonesia. Kalaupun penggunaan istilah bahasa Indonesia di luar negeri adalah relevan dengan artikel ini, bagaimana dengan di Singapura, Brunei, Filipina, Timor Timur, dan negara-negara tetangga lainnya? Bagaimana dengan orang Indonesia yang menetap di luar negeri dan anak-anak mereka?
Keluar dari topik Tiongkok. Wikipedia bukan tempat adu opini tapi adu referensi. Silahkan cari ref yang jelas atas argumentasinya.
  • Kalaupun suatu istilah hanya ada di dalam bahasa Indonesia, so what? Seperti dicontohkan, bahasa Vietnam punya istilah mereka sendiri: vi:Trung Quốc/vi:Trung Hoa yang juga dipengaruhi dialek yang sama dengan asal kata Tiongkok/Tionghoa, demikian juga bahasa-bahasa lainnya. Hanya karena di Indonesia tidak pernah terdengar orang yang mengucapkan Trung Quốc/Trung Hoa apakah lalu bahasa Vietnam perlu direvisi?
Keluar dari topik Tiongkok. Wikipedia bukan tempat adu opini tapi adu referensi. Silahkan cari ref yang jelas atas argumentasinya.
  • Yang terpenting, sumber tersebut merupakan wawancara/opini yang tidak disertai data konkrit, oleh sebab itu saya hapus.
Idih?


Perubahan lain yang saya lakukan antara lain

  • mengganti subjek yang tidak jelas yang diberi tag {{siapa}} dengan nama yang konkrit. Maafkan saya yang tidak sepandai Serenity, tapi setahu saya pemimpin pergerakan bukan cuma Soekarno seorang. Pada tahun 1928, ia tidak lebih dari pemimpin partai yang baru terbentuk, dan bagaimana mungkin cuma seorang diri dapat menentukan istilah mana yang resmi?
Ya, dia seorang diri baca naskah proklamasi, terakhir gue cek kita jadi negara beneran tuh. Lagipula sori mori deh, masak semua orang mo dimasukin namanya, jadi daftar nama dong bukan artikel Tiongkok.
  • mengembalikan kalimat "menolak disebut "Cina" yang berkonotasi negatif, yang diserap dari bahasa-bahasa Eropa dan bahasa Jepang." karena kalimat itu valid (asal serapannya maupun konotasi negatifnya pada jaman itu)
Yee REFERENSI??
  • menghapus kalimat "Perubahan istilah ini dikarenakan sebagian pihak beranggapan bahwa kata Cina berkonotasi negatif." karena tidak jelas {{siapa}} "sebagian pihak" yang dimaksud.
Duh Ben, itu tulisan elo sendiri, gue masukin disitu atas dasar kasihan, tadinya mau gue apus karena (lagi, lagi) ngga ada referensi. Tapi kalimat tersebut gue netralkan dengan menambah sebagian pihak, karena memang kontroversi itu ada dua belah pihak. OK karena elo ngga setuju gue hapus dong sekarang, boleh.
  • merubah kalimat yang membingungkan

menjadi

Ngga bisa pake Cquote, ini bukan pernyataan langsung individu. Lihat rule of writing diatas. Kalo soal isinya kalimatnya seharusnya: Pada umumnya orang atau etnis Tionghoa yang hidup - tidak bisa pake umum karena merupakan kesesatan gol propaganda (entar artikel propagandanya gue benerin biar elo ngerti). Maksudnya begini: Semua dokter gigi menggunakan sikat gigi Oral B, atau Umumnya dokter gigi menggunakan sikat gigi oral B --> ini kesesatan yang digunakan untuk propaganda (dalam hal ini iklan). Tidak diperkenankan dalam etika, karena yang netral adalah: Sebagian etnis Tionghoa yang... berpendapat...di Metro TV. Karena sampelnya representatif (hanya yang ada di Metro TV).


  • memindahkan pranala luar ke Prof. Dr. A Dahana yang tidak berkaitan dengan topik, hanya untuk mengukuhkan gelar Prov. Dok.nya saja, ke halaman pembicaraan.
Lah yang suka cerewet nanyain ini orang siapa, itu siapa, yang bener cuman gue -- kan elo sendiri, giliran dikasih pranala orangnya apa dihilangkan - Prof. Dr. Sastra Cina -- kurang relevan gimana lagi, dasar tukang ngiggau (nah ini boleh pake Cquote).

– (-_-)V bennylin (404sumbangan) 10:58, 5 Agustus 2008 (UTC)

Seluruh indent oleh Serenity (bicara) 14:00, 5 Agustus 2008 (UTC)

Tag tak netral dikembalikan[sunting sumber]

Tag netral dikembalikan pada halamannya setelah di baca sekilas, walaupun tidak separah pada saat dibuat artikel awal, nanti artikel ini akan diperbaiki dengan rujukan sepatutnya pada setiap pernyataan yang ditulis. Saat itu terjadi pernyataan yang tidak disertai rujukan akan dihapus, untuk maintain kualitas artikel Serenity (bicara) 06:43, 10 Desember 2008 (UTC)

Catatan pribadi editor pada warung kopi untuk pihak lain yang berkepentingan pada istilah yang dinyatakan dalam artikel Tiongkok/ Tionghoa/ Cina Penggunaan Wikipedia sebagai media propaganda oleh pihak tertentu -- pernyataan diprotes oleh dua pengguna lain karena menyebutkan nama. Serenity (bicara)