Pembicaraan:Tahun Baru Imlek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ada yg tahu Imlek itu artinya apa dan berasal dari bahasa mana? Meursault2004 13:54, 6 Feb 2005 (UTC)

Kalo bahasa mandarinnya saya tahu tulisannya, 阴历 (pinyinnya yin li). Kata Imlek merupakan bacaan Hokkian dari kata tersebut. Artinya saya ga tau tapi kata tersebut sangat jarang digunakan dlm bahasa Mandarin. Biasanya dalam bahasa Mandarin Imlek disebut 新年 (pinyin: xin nian: tahun baru). Moga-moga ini membantu! Hayabusa future 14:35, 6 Feb 2005 (UTC)
OK terima kasih! Sebaiknya info dimasukkan ke artikel. Meursault2004 17:27, 6 Feb 2005 (UTC)
Setelah lihat-lihat kamus [www.zhongwen.com], ternyata Imlek teh = kalender lunar = yinli = nongli. Jadi sebenernya yang tanggal 9 besok teh yang dirayakan adalah Tahun Baru Imlek (nongli/yinli xinnian = Chinese New Year di en), bukan Imlek (Chinese calendar di en) doank yach? Kalau entri-nya mau diperbaiki, gimana caranya?
  1. imlek di-redirect ke Tahun Baru Imlek, terus yang Imlek diganti isinya. Bisa ngga begini?
  2. bikin entri baru Tahun Baru Imlek, isi Imlek di-cut terus di-paste ke entri baru. isi Imlek diganti.
202.152.46.134 01:30, 7 Feb 2005 (UTC)
Hmm... kalau gitu dipindah aja dulu. Artikel Kalender Tionghoa berarti harus ditulis lagi. Meursault2004 12:54, 7 Feb 2005 (UTC)

Tahun Baru Imlek : Revisi PRANALA LUAR Ditolak[sunting sumber]

Beberapa tanggapan saya atas ditolaknya tambahan 1 (satu) LINK PRANALA LUAR dari Tionghoa.INFO pada artikel Tahun Baru Imlek oleh saudara Admin Raymond Sutanto pada 09 Februari 2016 :

1. Pada artikel Tahun Baru Imlek juga terdapat link pranala luar dari tionghoa.com, dan budaya-tionghoa.net; dan keduanya adalah pemilik PERSEORANGAN; bahkan teman dunia real yang saya kenal baik. Kenapa link mereka bisa MASUK? Apa dasar acuan anda? Apakah artikel dari kedua blog tersebut tidak dikategorikan pemahaman individu?

2. Lantas bagaimana dengan isi artikelnya yang ditulis oleh Manusia juga, yang tentu menggunakan pola pikir yang bersifat subjektif

3. Tolong admin yang mengurus artikel ini juga subjektif, jangan menggunakan pola pandang dari agama yang anda anut untuk memutuskan masalah artikel Tahun Baru IMLEK ini. Jika saya menambahkan link pranala luar dari situs luar, seperti penggunaan NAMA DOMAIN PRIBADI; mungkin boleh anda tolak karena tidak relevan.

UPDATE :

Nasib jika Wikipedia dikelola oleh pemuda yang miskin pengalaman. Apalagi jika artikel yang tergolong SARA seperti ini, sedikit banyak Admin nya yang kemungkinan besar PRIBUMI dan beragama non KONGHUCU sudah tentu akan lebih menggunakan pola pandang SUBJEKTIF yang berdasar atas kepercayaan mereka. Saya juga menantang Admin2 Wikipedia agar melakukan hal yang sama pada jutaan artikel yang lain di Wikipedia dimana terdapat banyak sekali PRANALA LUAR yang SUBJEKTIF. Jangan ada alasan tidak punya waktu dan kekurangan tenaga. Anda sekalian saya lihat terkesan menggunakan jabatan untuk kepentingan pribadi yang terselubung.

Per tanggal 10 Desember 2016. Banyak konten terutama tanggal-tanggal yang telah di ubah secara sembarangan dan asal-asalan. Motifnya mungkin untuk menyesatkan sejarah mengenai Tahun Baru Imlek di Indonesia. Informasi yang telah diverifikasi secara keseluruhan adalah valid untuk posisi artikel per bulan April 2016.