Pembicaraan:Schapelle Corby

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 2 bulan yang lalu oleh InternetArchiveBot pada topik External links found that need fixing (Februari 2024)
"Schapelle Leigh Corby (lahir 10 Juli 1977) adalah seorang mantan pelajar kecantikan dari Brisbane, Australia yang ditangkap membawa obat terlarang di dalam kopernya di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Indonesia pada 8 Oktober 2004."

"Pelajar kecantikan" itu apa ya? Saya tahu di versi Inggris tertulis beauty student. Apakah yg dimaksud adalah "perias"? Meursault2004 09:09, 9 Jun 2005 (UTC)

Maksudnya adalah pelajar di sekolah kecantikan. Sudah saya perjelas kalimatnya. Hayabusa future (bicara) 09:27, 9 Jun 2005 (UTC)

Artikel ini kok jadi tidak begitu netral ya? Contohnya kalimat ini:

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar rakyat Australia (dan sebagian besar bangsa kulit putih lainnya) mempunyai pandangan merendahkan bangsa lain, terutama bangsa kulit berwarna, seperti bangsa Indonesia, meskipun hal itu tidak diungkapkan secara eksplisit.
Pandangan ini disebut white supremacy. Pandangan ini adalah pandangan rasis yang memandang bangsa kulit putih sebagai bangsa yang paling tinggi dan bangsa lainnya (bangsa kulit berwarna) sebagai bangsa yang rendah.

Memang ada orang2 Australia yg rasis, tapi hanya sebagian kecil. Malah selama tinggal di Melbourne selama tiga tahun ini saya belum pernah mendapatkan perlakuan rasis (bukankah rasisme lebih buruk di Indonesia?). Orang-orang lokal di sini sangat sopan dan baik.

Implikasi dari pandangan ini, di antaranya adalah: timbulnya anggapan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang bodoh dan sistem pengadilannya sudah sangat korup, sehingga langsung dianggap tidak adil (merendahkan bangsa lain), timbulnya sikap menganggap bangsa sendiri paling tinggi dan memandang rendah dan bodoh bangsa lain (sikap chauvinisme), timbulnya sikap ketakutan terhadap bangsa lain (sikap xenophobia), dsb.

"Ketakutan terhadap bangsa lain"? Apa maksudnya? Hal ini tidak ada buktinya dan tidak berdasar.

Bukan hanya kalimat-kalimat ini yang bermasalah, namun masih ada beberapa lainnya yang sudah cenderung tak netral dan hanya ditulis menggunakan perasaan sendiri. Setuju tidak? Hayabusa future (bicara) 16:19, 11 Jun 2005 (UTC)

Sepertinya penulis sedang mencoba menjelaskan "Pandangan dan Pengetahuan yang Salah (sebab utama)". Roscoe x 17:11, 11 Jun 2005 (UTC)

Oh maksud saya kalimat-kalimat tersebut lebih kelihatan seperti kesimpulan yang ditarik dari pendapat pribadi. Hayabusa future (bicara) 17:30, 11 Jun 2005 (UTC)

Ya, sepertinya anda benar, sudah saya kurangi bagian yang tidak bersangkutan. Mungkin masih perlu diperbaiki lagi. Roscoe x 17:45, 11 Jun 2005 (UTC)

Begini. Sekedar informasi, semua komentar-komentar yang saya masukkan itu saya peroleh dari media-media (TV, koran, dsb.) yang setiap hari saya baca (media yang terbit di Indonesia dan ditulis oleh orang Indonesia). Jadi, kalau tidak netral, ya maklumlah, dan memang kelihatannya begitu (karena yang tertulis hanya sudut pandang Indonesia saja).

Begini saja, untuk membuat artikel ini jadi netral, bagaimana kalau Anda tuliskan juga sudut pandang bangsa Australia? (Anda sudah tinggal di Australia selama 3 tahun, dan setiap hari Anda tentunya juga membaca media-media di sana, bukan?) 61.94.148.154 03:17, 12 Jun 2005 (UTC)

Saya sudah menuliskan sudut pandang Australia sebelumnya (yang memulai artikel ini saya). Cuma sudah Anda intergrasikan bgn tsb ke dlm tanggapan dr indonesia. Sebenarnya tidak semua yang Anda tuliskan tidak tepat, ada yang memang benar, hanya saja ada sebagian yang bersifat seperti pendapat dari satu pihak saja (mungkin ini krn diambil dr sumber media massa) sehingga sudah mengarah ke tidak netral.
Beberapa hal yang memang benar2 terjadi di antaranya:
  • Liputan media yang berlebihan
  • Permintaan boikot (meski hanya sangat kecil jumlah org yg mendukungnya)
Hayabusa future (bicara) 03:40, 12 Jun 2005 (UTC)
Kalau rata-rata tanggapan media-media di Australia terhadap kasus ini sendiri bagaimana? (apakah juga tidak netral seperti media-media di Indonesia?)
Kok kelihatannya (setelah saya baca beberapa artikel situs berita Australia) tanggapan media Australia terhadap kasus ini kelihatannya kurang enak? 61.94.148.154 04:15, 12 Jun 2005 (UTC)
Tanggapan media massa di sini bervariasi. Umumnya stasiun2 televisi lebih membela Corby dan lebih membesar-besarkan hal ini karena mereka memang mencari rating yang tinggi dengan kelihatan bersimpati kepada dia. Persaingan antar stasiun TV di sini memang sangat ketat. Sedangkan untuk surat kabar, itu tergantung surat kabar jenis apa. Surat kabar yang pembacanya lebih serius berita2nya cukup netral sedangkan yang suka menerbitkan berita2 sensasi akan memasang berita2 yg membela Corby.
Sebenarnya rakyat di sini ya biasa2 saja ttg hal ini. Cuma krn liputannya yang luas sehingga seperti hal yang besar. Selain Corby, saat ini masih ada dua org Australia lainnya yang juga menghadapi pengadilan untuk kasus narkoba. Seorang di Singapura dan seorang lainnya di Vietnam. Yg di Singapura sudah hampir pasti dihukum gantung (soalnya hukum Singapura kayaknya ga bisa diganggu gugat) sedang yg di Vietnam dihukum penjara. Keduanya tidak mendapatkan porsi berita yang besar. Malah bisa dibilang sangat kecil dibandingkan Corby. Kesimpulannya semua respons yang ada saat ini akibat liputan media itu. Hayabusa future (bicara) 06:18, 12 Jun 2005 (UTC)
Hmmm. Kalau begitu mungkin saya salah yah. Saya kira, pendapat media-media Australia itu murni cerminan aspirasi rakyat Australia (jadi, hal-hal tidak enak yang tertulis di kebanyakan media Australia itu ya pendapat rakyat Australia secara umum). Ternyata bukan begitu keadaannya. Kalau keadaannya seperti ini, mungkin sebenarnya situasi di Indonesia dan Australia itu hampir sama (di sini banyak juga liputan seperti itu, ada juga aktivisme kelompok tertentu, tetapi sebagian besar rakyatnya tenang-tenang saja), tetapi mungkin yang terjadi di Australia sifatnya lebih besar daripada di Indonesia.
Kalau begitu, untuk sementara, artikel saya revert ke sebelum pengeditan saya, lalu keadaan rakyat Indonesia (paragraf terakhir) saya tambahkan saja. Nanti mungkin kedua tanggapan itu bisa digabung menjadi satu tanggapan saja (karena rakyat kedua negara itu sebenarnya hampir sama), serta ditambah paragraf baru tentang pengaruh media. Terima kasih. 61.94.148.117 07:21, 12 Jun 2005 (UTC)
Nanti saya akan coba menggabung beberapa bgn dr Anda. Jadi nantinya akan ada bagian "Tanggapan" yg kemudian dibagi kepada "Tanggapan yg umum di kedua pihak", "tanggapan indo" dan "tanggapan australia". Hayabusa future (bicara) 08:36, 12 Jun 2005 (UTC)

Hukum Indonesia vs hukum Australia[sunting sumber]

Selain itu, ada pula yang meragukan kemampuan sistem pengadilan di Indonesia yang berbeda dari Australia. Di Indonesia, terdakwa harus membuktikan bahwa dia tidak bersalah sedangkan di Australia, pihak penuntutlah yang harus membuktikan bahwa terdakwa bersalah. Sistem Indonesia ini merupakan warisan dari zaman Belanda dan karena itu, dianggap "ketinggalan zaman" dan "tidak adil".

Bukankah hal seperti ini terjadi di semua negara yg menganut hukum Roman law (hukum Romawi), sedangkan di Australia seperti di negara2 Anglo-Saxon lainnya, hukum common law yg digunakan? Jadi mungkin tidak ada hubungannya dengan hukum kolonial atau tidak. Meursault2004 11:27, 20 Juli 2005 (UTC)

Saya tidak tahu pasti ttg bgn hukum, tapi pendapat ini banyak dikemukakan media massa di Aust. Mungkin maksudnya adalah "hukum warisan Belanda" yang tidak diperbaharui sesuai zaman? Sewaktu org Aust. digantung di Singapura atau M'sia saya yakin tidak ada pendapat semacam ini. Anyway, biar jelas, kalimat ini bukan bermaksud menyatakan fakta, hanya pendapat dr media massanya saja. Hayabusa future (bicara) 05:25, 21 Juli 2005 (UTC)

Ya saya tahu. Saya cuma ingin sedikit mendiskusikan hal ini dan tanya lebih lanjut. Memang saya kira secara dasar hukum Singapura/Malaysia mirip dengan Australia. Tapi kelihatannya hukum Singapura/M'sia lebih 'kolonial', masih ada hukum gantung dan hukum cambuk segala. Skg di Aceh ada hukum cambuk juga, tapi itu hal lain. BTW common law itu bahasa Indonesianya apa ya? Meursault2004 09:40, 21 Juli 2005 (UTC)

Common law kira-kira artinya "hukum bersama" atau "hukum kebiasaan". --*drew 09:55, 21 Juli 2005 (UTC)

OK trims. Hmmm mungkin secara harafiah "hukum kebiasaan" lebih tepat. Meursault2004 13:45, 21 Juli 2005 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Schapelle Corby that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 15 Oktober 2023 12.34 (UTC)Balas

External links found that need fixing (Februari 2024)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Schapelle Corby that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 18 Februari 2024 03.03 (UTC)Balas