Pembicaraan:Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    ProyekWiki Indonesia (Dinilai kelas B, Top)
    Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Indonesia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Indonesia dan topik yang berkaitan dengan Indonesia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
     B  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas B pada skala kualitas proyek.
     Sangat tinggi 
    Sangat penting
     

    Penanggalan[sunting sumber]

    Kenapa kok penanggalan Hijriah dicantumkan di paragraf intro sementara penanggalan Jepang tidak? Meursault2004ngobrol 21:33, 1 Juli 2007 (UTC)

    Sayang ya, gambar teks proklamasi yang ditulis tangan Soekarno-nya tidak ada.Donald Duck 15:16, 23 November 2007 (UTC)

    Mohon dilindungi[sunting sumber]

    Sudah terlalu sering divandal. вёӣйүӀіп 23.23, 31 Oktober 2011 (WIB)

    Peringatan 17 Agustus 1945[sunting sumber]

    Terutama bagian:

       Panjat pinang
       Balap bakiak
       Tarik tambang
       Sepeda lambat
       Makan kerupuk
       Balap karung
       Perang bantal
       Pemecahan balon
       Pengambilan koin dalam terigu
       Lari Kelereng
    

    menurut saya kurang layak dijadikan satu dengan artikel. Sebaiknya fokus di sejarahnya saja. Peringatannya ditulis terpisah, dan di artikel ini disingkat saja. ‑Bennylin rembuk 00.00, 23 Januari 2013 (WIB)

    Koreksi[sunting sumber]

    Mohon maaf. Tampaknya ada yang tidak sesuai pada penjabaran peristiwa sejarah ini. Misalnya kutipan : Pada tahun 2005, Belanda menyatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk menerima secara de facto tanggal 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.[4] Namun, pada tanggal 14 September 2011, pengadilan Belanda memutuskan dalam kasus pembantaian Rawagede bahwa Belanda bertanggung jawab karena memiliki tugas untuk mempertahankan penduduknya, yang juga mengindikasikan bahwa daerah tersebut adalah bagian dari Hindia Timur Belanda, bertentangan dengan klaim Indonesia atas 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaannya. Terima kasih... NinaNaina (bicara) 19 Februari 2020 17.42 (UTC)Balas[balas]