Pembicaraan:Produk dot

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Matematika (Dinilai kelas B, prioritas High)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Matematika, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Matematika di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 B  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas B pada skala kualitas proyek.
 Tinggi  Prioritas: Penting
 


Padanan istilah yang tepat[sunting sumber]

Permisi semuanya.

Saya penasaran apa padanan istilah "dot product" yang tepat. Dari pengamatan saya, ada beberapa istilah yang digunakan di Indonesia:

  • Pencarian di Google dengan teks pencarian intext:"hasil kali titik"[1] memberikan sekitar 9500 hasil. Sepertinya juga berkas-berkas di banyak universitas yang menggunakan istilah ini (dengan teks pencarian intext:"hasil kali titik" and site:ac.id [2]).
  • Pencarian di Google juga memberikan sekitar 6100 hasil untuk istilah "produk skalar" [3]. Ini terlihat juga sering dipakai universitas, walau tidak sebanyak "hasil kali titik" [4].
  • Istilah "produk dot" memberikan hasil yang lebih sedikit, walau masih dipakai oleh beberapa universitas [5]. Kasus yang sama juga didapatkan untuk istilah "hasil kali dot".
  • Glosarium Daring menggunakan istilah "darab bintik" [6]. Namun saya pribadi baru mengetahui istilah ini dipakai. Pencarian di Google [7] memperlihatkan beberapa/sebagian(?) hasil dari website berdomain Malaysia -- seperti ms:Hasil darab bintik.

Saya pribadi agak bias dengan poin pertama dan kedua, karena dua istilah tersebut sering saya lihat/dengar/gunakan. Apakah ada patokan sebagai dasar memilih padanan istilah "dot produk" yang tepat? keka.vigi (bicara) 26 Februari 2021 10.32 (UTC)[balas]