Pembicaraan:Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martapura

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mantan AP Artikel ini adalah mantan calon artikel pilihan. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.

Kutai adalah nama kerajaan pada abad ke-4 M. Kalau kesultanan kutai, saya tidak tahu. Tapi masak isinya tentang Kabupaten Kutai?!

Kelihatannya ada kesalahan waktu mengupdate teksnya. Awalnya artikel ini adalah ttg kesultanan kutai (hanya ada satu kalimat sih...), namun waktu borgx membuat artikel ttg kabupaten kutai kertanegara, mungkin ia tidak memperhatikan isi artikel ini dan mengubahnya menjadi artikel ttg kabupaten. Trims buat koreksinya. Hayabusa future 08:47, 21 Januari 2006 (UTC)

Kutai adalah nama sebuah kerajaan Islam atau kesultanan. Memang prasasti2 Kutai disebut demikian karena tidak ada nama lain. Meursault2004 10:10, 21 Januari 2006 (UTC)

Mengapa nama Kesultanan ini menggunakan tatabahasa Jawa? Meursault2004 13:00, 28 Januari 2006 (UTC)

tolong bedakan istilah kerajaan dan kesultanan.... selain itu tolong lebih dikritisi lagi......penetapan nama kerajaan kutai sebab di dalam 7 buah yupa tidak pernah disebutkan nama kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-4 istilah kutai martadipura atau kutai kertanegara baru muncul istilahnya 10 abad kemudian......

mari sama-sama kita jujur dengan data yang ada......(Sadurengas)

Kutai dan bugis

Kesultanan Kutai sendiri asalnya dari Kerajaan Hindu Kutai yang berdiri kurang lebih tahun 400 Masehi, dengan raja pertama bernama Kudungga (belum ada pengaruh Hindu) dan raja ketiga bernama Mulawarman (sudah terdapat pengaruh Hindu). 
Pada masa bersamaan dengan kalahnya Kerajaan Gowa di Sulawesi (Sultan Hasanuddin waktu itu) terhadap Kerajaan Bone yang dibantu VOC, maka pejuang-2 Gowa yang kalah, pindah ke Kerajaan Kutai, waktu itu sudah menjadi kesultanan, salah satunya adalah Daeng Mangkona dan Karaeng Galesong. Mereka diterima oleh Sultan Kutai, dan mereka ditempatkan di suatu daerah yang bernama Kampung Baqa (menjadi cikal bakal Kota Samarinda), sebagai pertahanan terhadap ibu kota yang baru pindah dari Kutai Lama ke Tenggarong atau Kota Raja.
Mungkin nanti bisa ditempatkan dalam suatu artikel khusus mengenai sejarah kerajaan-kerajaan nusantara. Aday 20:00, 16 Juni 2006 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martapura that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 3 Oktober 2023 23.21 (UTC)[balas]