Pembicaraan:Kerusuhan Banjarmasin

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masih banyak informasi belum dituliskan. Dari informasi pribadi pada tahun 1997 waktu itu saya di Samarinda. Beberapa waktu sebelumnya sudah ada selebaran gelap yang mengindikasikan akan ada kerusuhan di Kalimantan, hanya tidak disebut lokasinya. Modus penjarah yang tewas di Mitra Plaza mirip dengan yang terjadi di Jakarta setahun kemudian. Informasi yang saya peroleh waktu itu, kronologisnya adalah adanya gerombolan orang berkaos Golkar yang meraung-raungkan mesin sepeda motornya melintas di masjid terbesar Banjarmasin ketika sedang berlangsung sholat Jumat. Massa yang marah kemudian membalas kepada para pendukung Golkar. Provokator juga dikhabarkan masuk kedalam pemukiman penduduk di sekeliling Mitra Plaza (gedung pusat belanja ini berdiri di tengah kepadatan penduduk pusat kota Banjarmasin) untuk memprovokasi penduduk agar masuk menjarah kedalam Mitra Plaza. Korban demikian banyak di Mitra Plaza karena setelah penjarah masuk dan banyak yang belum keluar, rolling door dikunci dari luar dan terjadi kebakaran. Korban terbanyak pada kerusuhan ini adalah korban terbakar di lantai 2 Mitra Plaza. Informasi ini masih saya cari referensinya untuk menjadi bagian dari tulisan/artikel. Sanko 12:59, 5 April 2011 (UTC)

Wah! Sudah dibikin Kerusuhan Banjarmasin Mei 1997, padahal saya sedang mempersiapkan dengan artikel panjangnya dan akan dirilis 23 Mei 2011 mendatang. --Ezagren 이야기 13:50, 5 April 2011 (UTC)

Diperkaya saja, nanti diangkat menjelang 23 Mei. Sepertinya ada benang merah antara kerusuhan di Banjarmasin dengan di beberapa kota di Indonesia Mei 1998. Waktu itu juga banyak kerusuhan kecil-kecil lainnya di banyak kota di Indonesia yang beritanya diredam. Sanko 14:04, 5 April 2011 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Kerusuhan Banjarmasin that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 3 Oktober 2023 22.21 (UTC)[balas]