Pembicaraan:Jingjing batu

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pertanyaan: Kenapa guna spesies Burung, kerna sudah diguna bagi Spesies: H. hirundinaceus. Kenapa tidak digunakan kelas / class / kelompok burung. Yosri 12:42, 15 Januari 2007 (UTC)

Saya kurang mengerti pertanyaannya, tapi kalo tidak salah tangkap jawabannya karena Jingjing Batu Hemipus hirundinaceus adalah spesies burung (lebih tepat). Spesies Burung disini diartikan sebagai spesies di dalam/dari kelas burung (Aves). Kelompok burung adalah burung-burung Jingjing (Genus : Hemipus) atau kelas Aves itu sendiri. Sehingga penggunaan kelas/kelompok burung kurang tepat, karena kelas dan genus mencakup burung-burung lainnya selain burung Jingjing Batu. --Stavenn 17:00, 15 Januari 2007 (UTC)
Yosri's right, I think. Spesies berhubungan dengan klasifikasi ilmiah. Jadi kata spesies lebih tepat ditujukan untuk H. hirundinaceus. Kalaupun tetap mau digunakan, malah jadi pemborosan kata (sudah jelas kan kalau lu membuat tabel taksonomi hingga ke tingkat spesies berarti artikel ini membahas soal seekor spesies?). Gw ganti kalimatnya jadi: Jingjing Batu adalah burung yang....
anyway artikel ini one liner, maknanya ga mengena (banyak burung lain yang punya paruh, berbulu, dsb). Jadi tolong kembangin sampai isinya benar2 spesifik mengenai Jingjing batu.Hariadhi - Ngobrol 17:19, 15 Januari 2007 (UTC)

I think Yosri's wrong !! anyway seperti ditulis sebelumnya, "saya kurang mengerti pertanyaannya" kalo yg dimaksud penggunaan kata kelas/kelompok burung untuk spesies itu tidak tepat.
Spesies berhubungan dengan klasifikasi ilmiah, juga berhubungan dengan kata-kata umum biologi. Contoh: Harimau Sumatra adalah salah satu subspesies Harimau. Harimau adalah salah satu spesies di dalam genus kucing-besar Panthera, dsb. Kalo ditulis Panthera tigris sumatrae adalah salah satu subspesies Panthera tigris sebagian besar pembaca mungkin tidak tahu apaan tuh Panthera tigris. Setuju ttg pemborosan kata. Tapi kalo banyak yang masih tidak tahu/tidak awam ttg biologi/kotak taksonomi ngebedain spesies dan genus, deelel .. why not ? Anyway yang buat kalimat "boros" (spesies burung) penanya sendiri (mungkin cara penulisan di Malaysia seperti itu ?) & banyak artikel rintisan sdr. Yosri yg perlu dikembangin krn isinya hanya 1 baris (ciri2 burung secara umum). --Stavenn 01:12, 16 Januari 2007 (UTC)

Well, kalau gitu lu juga boleh kasih templat kembangkan untuk artikel2 Yosri. Ga sulit kan? Gitu aja kok repot?. Jangan dihapus dong templat kembangkannya, kan lu bisa ngisi data-data burung ini secara lebih detail... Sorry gw ga tau kalau REX yang apus.
Setuju ttg pemborosan kata. Tapi kalo banyak yang masih tidak tahu/tidak awam ttg biologi/kotak taksonomi ngebedain spesies dan genus, deelel .. why not?
Ya sutra lah... Tapi kelau memang maksudnya begitu lebih efektif kalau kalimatnya begini: Jingjing Batu adalah spesies dari burung.. (untuk mengurangi kemungkinan misleading bahwa burung bisa dikira sebagai salah satu spesies, bukan Jinjing Batunya)

Hariadhi - Ngobrol 15:52, 16 Januari 2007 (UTC)

ProyekWiki Biologi (Dinilai kelas Stub, Low)
Ikon ProyekWiki
Pengalihan ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biologi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biologi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Pengalihan ini tidak memerlukan nilai pada skala kualitas proyek.
 Rendah 
Kurang penting