Pembicaraan:Hamengkubuwana VIII

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Biografi  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

Tampaknya, perlu dicek lagi... Setahu saya, HB IX bukan anak dari HB VIII, tetapi adik kandung-nya. HB VIII memiliki 13 anak dari permaisuri dan anak bungsunya adalah laki-laki bernama Adi Martono. Tetapi, Adi Martono tidak berniat untuk menerima tahta dari sang ayah, beliau melanjutkan sekolah ke Belanda dan pada saat sang ayah meninggal, tidak berada di Kota Yogyakarta.

Sedangkan HB X adalah benar anak dari HB IX.

– komentar tanpa tanda tangan oleh Erik Renaldo (bk) pada pada 05:48, 8 April 2007.

Menanggapi pertanyaan di atas, berdasarkan pengalaman saya membaca buku, baik itu tulisan Purwadi, ataupun M.C. Riklefs, Hamengkubuwana IX adalah benar putra dari Hamengkubuwana VIII. Pada tahun 1939 HB VIII sakit keras dan memanggil RM. Dorojatun yaitu putranya yang sedang kuliah di Belanda, supaya segera pulang. RM Dorojatun pun bergegas pulang dan dijemput HB VIII di Batavia. Dalam perjalanan pulang, HB VIII menderita koma dan akhirnya wafat. Dorojatun kemudian bergelar HB IX. Jadi, hubungan antara HB VIII dan HB IX adalah benar ayah dan anak, sedangkan hubungan kakak dan adik terjadi pada HB V dan HB VI. Antapurwa 06:51, 16 April 2008 (UTC)

KRA, BRA?  Azmi   Bicara  13:19, 1 Agustus 2008 (UTC)