Pembicaraan:Benda Terbang Aneh/Arsip

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahasa Indonesianya piring terbang bukan? Serenity 03:53, 22 Juni 2007 (UTC)


macam-macam bentuk Beterbedi[sunting sumber]

Beterbedi tidak mutlak berbentuk piring, untuk lebih jelasnya, lihat artikel di bawah ini:

Jenis-jenis bentuk UFO <--- di antara beberapa bentuk UFO, ada yang mengutip referensi dari Sastra Hindu, yaitu Ramayana.

beberapa contoh[sunting sumber]

Bentuk cerutu
Bentuk cerutu
Bentuk segitiga
Bentuk segitiga

Piring terbang[sunting sumber]

kalau tidak mau disingkat, alihbahsakan judulnya (Unidentified Flying Object = Benda terbang tak dikenal). kalau mau istilah yg lazim, pakai UFO.

memangnya UFO hanya berbentuk piring? Ada yg mendalami UFO (UFOLOG, UFOLOGI) dan nampaknya UFO tidak mutlak berbentuk piring/gepeng/oval. mungkin itulah sebabnya kenapa Wikipedia bahasa Inggris memberi nama artikel "UFO" yang merujuk kepada pengertian umum (benda terbang tak dikenal tersebut bisa saja berbentuk cerutu atau seperti zepellin, bulat maupun berbentuk cakram, dsb.) kita harus mendalami apa UFO itu sebenarnya, dan jika kita belum punya wawasan luas tentang hal itu, maka kita harus mengikuti apa kata ahlinya.

-- Made Adiputra (tulis pesan)-- 04:41, 22 Juni 2007 (UTC)

Madelogi, di Ms itu namanya piring terbang -- tidak hanya karena bentuknya piring, tapi fenomenanya dinamakan piring terbang. Dan kita menggunakan akar bahasa yang sama, dan tanya orang kampung manapun akan bilang piring terbang --> ini istilah umum yang digunakan di Indonesia. Mangkanya Wikipedia Inggris jangan dijadikan kitab pedoman satu-satunya. Mbok ya inget lagi ngisi wikipedia bahasa apa. Btw, kalau anda memang ahli dan mempunyai wawasan luas, memang piring terbang sudah pernah dibuktikan secara ilmiah yah? Ngga pernah ketemu kan cangkangnya (apapun bentuknya).
Btw, piring juga ada tuh yang berbentuk oval dan segi-empat Serenity 05:18, 22 Juni 2007 (UTC)
Ok, sudah di chek KBBI confirm: Piring terbang : pesawat terbang yang berbentuk mirip piring, benda asing yang diduga dari planet lain. Serenity 05:23, 22 Juni 2007 (UTC)
Yang ga ingin ilmunya luas silahkan, UFO di wikipedia en punya artikel sendiri & Piring terbang juga! di en UFO tetep UFO & Piring terbang punya artikel sendiri! Ingat B.inggris Piring mabur = Flying saucer/Flying disc! So jangan gabungin UFO dengan Piring terbang! NoiX180 04:14, 10 Januari 2008 (UTC)

Kategori[sunting sumber]

Hmmm... artikel ini sudah dipindah. kalau begitu, pindahkan saja kategorinya sekalian, biar pas. masa' artikel saja yang dipindah (maksudnya biar kategori nyambung sama artikel).

BTW, nampaknya kita mengikuti wikipedia melayu.

dan untuk Mbak Serenity, jangan panggil Madelogi!. (maksudnya apa sih?) pengennya saya mau copy artikel UFO di wikipedia bhs Ingris terus dibawa pulang untuk mendalami masalah UFO ini (BTW, saya bukan UFOLOG, saya ITIHASALOG atau MAHABHARATALOG, wawasan saya belum seberapa tentang UFO)

Menurut pranala wikipedia bahasa lain, rasanya lebih tepat artikel ini dinamai Benda terbang belum dikenal. wikipedia melayu yg menyebut piring terbang. akan saya selidiki masalah ini.

-- Made Adiputra (tulis pesan)-- 05:40, 22 Juni 2007 (UTC)

Saya sudah beri tanggapan di artikel UFO. Istilah Beterbedi yang diperkenalkan Marsekal Muda (purn.) J.Salatun sangat cocok dan bijaksana. Anda pernah bilang kalau kita tidak tahu Beterbedi itu seperti apa, tapi anda ganti "benda terbang tak dikenal (UFO)" menjadi "piring terbang" (tentunya sebagai fenomena aneh yang tidak mutlak). BTW, saya menulis kalimat "jika wawasan belum luas" untuk diri kita semua, jangan kira wawasan saya tentang Beterbedi itu luas! (ataukah anda tersinggung membacanya?) Well, saya sempat jelajahi Wikipedia Bahasa Inggris tentang masalah Benda terbang tak dikenal. Saya mengacu kepada Wikipedia bahasa Inggris karena yang menulis itu pakarnya, dan kita masih awam. Ada Wikipedia bahasa lain yang menamakan artikelnya UFO atau Unidentified Flying Object (tentu sudah diterjemahkan menurut bahasa sendiri-sendiri:

Objeto volador no identificado, Objet volant non identifié, Unbekend fleanend objekt, Neidentificēts lidojošs objekts, Neatpažintas skraidantis objektas, Uidentifisert flygende objekt, Obiect zburător neidentificat, Неопознанный летающий объект <alihaksara= Nyeopaznannyii lyetayushyii obyekt>, Непізнаний літаючий об'єкт <alihaksara= Nyepiznanii litayucii ob'yekt>).

Betaufo 15:56, 11 Juli 2007 (UTC) Nama saya Nur Agustinus, saya mempelajari secara serius fenomena UFO (piring terbang) sejak tahun 1981 dan mengelola kelompok pengamat UFO yang bernama BETA-UFO sejak tahun 1997. Istilah Beterbedi atau tepatnya adalah Betebedi tidak diperkenalkan oleh Marsekal Muda (purn.) J.Salatun. Pak Salatun memperkenalkan istilah BETA, yang merupakan singkatan dari Benda Terbang Aneh. Namun pak Salatun dalam bukunya pada tahun 1982 tidak lagi menggunakan istilah BETA namun UFO. Istilah Betebedi diperkenalkan oleh seorang akuntan publik dari Bandung yang bernama Bpk. CM Tanadi yang pada tahun 80-an banyak menerbitkan buku terjemahan dan majalah tentang piring terbang. Salah satu edisi majalahnya bernama Betebedi.


Apakah meniru Wikipedia bahasa Inggris?

satu hal lagi, jika sudah memindahkan artikel UFO ke Piring terbang kenapa anda tidak memperbaiki pengalihan ganda ke halaman tersebut?

termasuk ubah juga kategorinya, termasuk templat rintisannya.

Istilah UFO[sunting sumber]

saya punya referensi dari omongan pakarnya, EDWARD. J. RUPPELT (pemimpin pertama Proyek Buku Biru), yang ditulis di wikipedia bahasa Inggris:

terjemahan bebas:

- अकगचटतण (tulis pesan)-- 07:11, 22 Juni 2007 (UTC)

Made, Saya lihat tanggapan anda cuman tambah gambar. Inti dari argumentasinya tidak berkembang jauh. Masalah bentuk kan saya udah bilang, piring bentuknya ngga cuman bundar, bahkan piring teflon di supermarket udah ada tuh yang segitiga -- tapi saya ngga bakal lari kesana.

Argumentasi dasarnya masih, sesuai KBBI namanya piring terbang karena tidak ada UFO.

Salam buat J Salatun, tapi istilahnya dia tidak bisa dipakai di wikipedia karena tidak umum. Patokannya: yang tau mungkin cuman anda, orang AU, sama dia sendiri. Which is nice, but still can't be use.

Sekarang anda keluar dan tanya sama siapa saja: tanya "piring terbang" Kemungkinannya dua: 1. Anda dilempar piring 2. Mereka menunjuk ke angkasa

Terus coba lagi: "Beterbendi" Kemungkinannya dua 1. Anda dilempar piring 2. Mereka geleng-geleng

See my point?

Wikipedia bahasa Inggris tidak semuanya pakar, mungkin yang menulis juga anak lulusan SD seperti anda (atau kita -- saya juga lulusan SD -- atau anda tersinggung membacanya?), beberapa bahkan non-pakar tersebut malah dapat beasiswa untuk pertemuan. Wikipedia itu masyarakat informasi, jadi tidak ditentukan dari pendidikan dan umur -- yang menentukan adalah kesukaan dan hobi.

Satu hal lagi, jika sudah memindahkan artikel UFO ke Piring terbang kenapa anda tidak memperbaiki pengalihan ganda ke halaman tersebut?

Masalah peralihan ganda, templat rintisan itu urusannya jagawana atau borgx, mereka yang udah kenal saya tahu kalau saya ngutak-ngatik itu mereka bakal lebih pusing 7 keliling :D Kalau kategori, saya tidak terlalu memperhatikan tadi, tapi bagus kan anda sudah merubahnya... Serenity 09:54, 22 Juni 2007 (UTC)

1. Made saya tidak tertarik dengan Mahabrata, dan saya tidak perlu penjabaran panjang lebar ttg Mahabrata di halaman pembicaraan saya, jadi akan saya hapus atau saya pindahkan ke halaman pembicaraan tentang mahabrata (saya belum putuskan yang mana). Saya usul, lain kali bertanya dulu pada pengguna lain sebelum mengulas panjang lebar tentang hal yang dia tidak tertarik. Jangan salah, kalau anda suka ya bagus saya mendukung silahkan, su:mangga... tapi saya tidak suka tuh jadi percuma saja, kalau dalam percakapan langsung pasti saya sudah pergi atau mendengarkan MP3...
2.

Saya mengulang apa yang anda bicarakan, karena anda mengulang apa yang saya bicarakan. Jadi daripada berputar putar seperti piring, lebih baik disudahi saja.

Istilah J.Salatun tidak digunakan karena belum diserap oleh masyarakat. Saya belum pernah dengar, dan saya mengalihkan judul ke piring terbang karena istilah tersebut lebih umum dan argumentasi saya di back-up oleh KBBI. Istilah "you foe" mungkin diserap oleh AU Amerika namun tidak diserap oleh masyarakat Indonesia dan tidak diserap oleh KBBI. Bukan berarti istilah UFO tidak diakui, coba anda cari di kotak pencarian UFO --> toh mengalihkannya ke piring terbang, kalau mau ditambah dalam artikel bahwa ada istilah lain seberti bertebendi dll... silahkan.
Pengalihan istilah UFO ke piring terbang sama kasusnya dengan pengalihan Paradisaea guilielmi menjadi cendrawasih kaisar. Jadi sudah benar.
Bila suatu hari nanti istilah UFO atau bertebendi atau BTA lebih populer daripada istilah piring terbang (siapa tau besok ada yang mendarat di atas monas dan seluruh media menggunakan UFO dibandingkan piring terbang) ya silahkan halamannya dialihkan lagi ke UFO dan pengalihan gandanya dimatikan.

Pegel ih.

1. Acuan saya KBBI
2. Memang ufologi dipelajari di universitas mana di Indonesia? Benar namanya UFOLOGI menurut Bahasa Indonesia? -- INGAT sendang menulis dimana
3. Referensi:
Penulisan resmi oleh KOMPAS adalah piring terbang dan bukan UFO link: http://kompas.com/ver1/Iptek/0701/03/071022.htm
Penulisan di mailing list dalam bahasa Indonesia juga mereferensikan piring terbang dan bukan UFO. link: http://www.mail-archive.com/mayapadaprana@yahoogroups.com/msg00993.html
UFO hanya digunakan di film-film holiwut dan buku-buku terjemahan jelek.
Penulisan oleh blogger dalam bahasa indonesia yang notabene tertarik akan hal-hal seperti ini juga menyebutkan piring terbang lalu ufo sebagai pilihan kedua.

http://misteridigital.wordpress.com/2007/06/30/misteri-mahluk-dasar-laut/#more-33

Penulisan di majalah angkasa hanya menggunakan UFO untuk judul kala fenomena tersebut mereferensikan kejadian di Amerika, dimana resminya hanya di Amerika benda tersebut disebut UFO (dan mungkin Inggris dan negara lain yang Bahasanya sama)
Bingung gue, UFO itu diterima dari sebelah mananya coba dalam istilah resmi, wong itu tuh singkatan dari bahasa inggris. Semua bahasa yang YOU paste and copy kesini juga menyerap artikel ini dengan bahasa mereka masing masing. Why should it be different with us because u said so?

Serenity 04:14, 3 Juli 2007 (UTC)

Catatan penyuntingan[sunting sumber]

1. Tidak semua UFO diganti dengan piring terbang, pada saat hal itu diceritakan di Amerika dimana istilah resmi disana adalah UFO maka bahasa di artikel mengikuti. Pada saat pengamatan resmi UFO dimana bahasa yang digunakan di tempat asalnya adalah UFO maka UFO tetap digunakan.

2. Ditemukan beberapa ketidak-konsistenan (inconsistency) pada saat literatur menyebutkan piring terbang lalu UFO, maka selanjutnya disebut UFO. Padahal seharusnya yang umum ditulis lebih dahulu yang diberlakukan umum.

3. Ditemukan kesalahan tulis yang dipaksakan. Alien adalah mahluk asing, bukan alien. Referensi: kamus Inggris- Indonesia (...tsk ABCD - cape dee)

4. Semua pranala langsung ke Inggris wikipedia dimatikan (dihapus) berdasarkan kebijakan dari halaman pembicaraan: http://id.wikipedia.org/wiki/Pembicaraan:Eutanasia (lihat: teknis)

5. Dalam referensi isi artikel banyak menggunakan buku yang sama yaitu " misteri UFO " (saking banyaknya gue jadi takut copy vio sebenarnya sih) dimana kebenarannya tidak bisa dipastikan, karena itu referensi yang buruk (kalo ngga salah ada di pedoman penulisan untuk tidak mengambil referensi yang buruk) -- pendapat pribadi saya sih, sebaiknya tidak ditulis di wikipedia karena akan menyesatkan, karena penulisan ditulis dalam bentuk sedemikian rupa seakan-akan hal itu benar.

Masih tentang refernsi, ada bagian yang saya sembunyikan yang mengambil pranala langsung dari en dengan referensi film Man In Black? Film fiksi tidak bisa dijadikan referensi artikel ensiklopedis kecuali dalam kaitannya artikel film itu sendiri.

sekian Serenity 05:35, 3 Juli 2007 (UTC)

Piring terbang -- kata majemuk[sunting sumber]

Maaf jika telat ikutan. Saya pikir piring terbang itu sudah kata majemuk, walaupun tidak semua benda dalam batasan istilah piring terbang berbentuk piring. Analogi misalnya kamar kecil, tidak semuanya kecil kan? Ada juga kamar kecil yang mewah dan besar ukurannya. Juga kereta api (apa harus diganti jadi kereta listrik), rumah makan (g ada kan tenda makan), atau kotak hitam (padahal warnanya g harus hitam). CMIIW -- peace! --N/A(bicara) 11:34, 9 Juli 2007 (UTC)

Nein, you are correct. Ini kutipannya Revo di halaman pembicaraannya Made,

Tapi ini anak bandel. Untuk sementara gue tag judul asing. (pasang muka bandel) entar kalo ada waktu gue beresin di word :D Serenity 03:20, 16 Juli 2007 (UTC)

Referensi ini meragukan[sunting sumber]

[pranala mati Geocities]. Di websitenya sendiri sudah ditulis di awal paragraf :

These following notes are of my own personal opinion. If you feel offended by some radical religious thoughts , Please Do Not Continue

Kok opini pribadi bisa dipakai jadi referensi sampai berkali-kali? Hariadhi - Ngobrol 01:48, 16 Juli 2007 (UTC)

Setuju, semua referensi dari Geocities harus dihapus. Wikipedia:Reliable sources: "For that reason, self-published books, personal websites, and blogs are largely not acceptable as sources." dragunovadiscuss 03:24, 28 Agustus 2007 (UTC)

Deleting all information based on the above reference Serenity 17:57, 23 Januari 2008 (UTC)

Lihat sendiri[sunting sumber]

gue pernah liat UFO lho..beneran..sumpah..subuh2 gw liat benda bulat bersinar diam tidak bergerak, dari lingkaran cahayanya itu ada segaris sinar tebal yang mengarah ke permukaan tanah..setelah kira2 15 deetik, sinar yg ke permukaan tanah itu manghilang dan sinar bulat yang tadinya terang meredup dan membentuk piring terbang..kemudian piring terbang tsb melayang di atas kapala gw sampai manghilang..gw ga ngeliat sendirian..ada temen & adik gw yg waktu itu ngeliat..kejadiannya di ciganjur jakarta selatan kira2 bulan Mei tahun 1994... – komentar tanpa tanda tangan oleh 202.137.26.107 (bk).

Wajib mengacu KBBI?[sunting sumber]

Betul, istilah yang dipakai di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan umumnya artikel di Indonesia adalah "Piring Terbang". Namun sayangnya, istilah ini sendiri merupakan terjemahan dari istilah asing "Flying Saucer" yang di negara asalnya sendiri sudah tidak dipakai lagi untuk wacana-wacana formal.

Istilah "Flying Saucer" muncul di AS setelah pers mewawancara Kenneth Arnold dalam kasus penampakan UFO perdana di era modern AS (1947? cmiiw). Kenneth menyatakan (kurang lebih) "pesawat yang saya lihat bergerak seperti piring yang dilemparkan di permukaan air" (naik turun). Sayangnya keyword "piring" inilah yang kemudian diangkat oleh pers, padahal Kenneth Arnold sama sekali tidak mengatakan kalau benda terbang yang ia lihat berbentuk piringan.

Istilah ini sendiri kemudian diperbarui oleh AU AS menjadi "UFO" alias "Unidentified Flying Object"; istilah yang lebih tepat dan netral (walaupun belum 100% tepat). Istilah yang lebih baru lagi adalah "Unexplained Aerial Phenomena", tapi istilah ini mencakup pada lingkup yang lebih luas, biasanya dipakai pada saat suatu fenomena belum bisa dikonfirmasikan sebagai penampakan UFO, namun juga tidak memiliki penjelasan ilmiah yang memuaskan.

Pertanyaannya, akankah kita berpedoman pada istilah KBBI yang bersumber dari standar yang sudah ketinggalan jaman? Sementara penelitian kontemporer sudah meninggalkan istilah tersebut?

"Beterbedi" (Benda Terbang Belum Dikenal) kelihatannya merupakan terjemahan yang paling cocok untuk istilah asing "UFO". Memang tidak ada di KBBI, memang tidak lazim digunakan juga (apalagi untuk kalangan bukan pemerhati serius UFO). Tapi istilah ini pernah muncul, dan dipopulerkan oleh orang Indonesia. Kenapa nggak pake ini saja? Sekalian Wikipedia bantu meluruskan dari pemakaian istilah yang kurang tepat, begitu.

--Ufosiana 15:49, 21 September 2007 (UTC)


Hmm... mungkin pendapat di atas benar. Istilah "Beterbedi" sangat jarang digunakan, atau bahkan mungkin tidak diketahui, dan sayangnya istilah "Piring terbang" sudah lama "meracuni" pikiran orang awam. Padahal istilah "BETA" atau "Beterbedi" terasa netral dan cocok.

-- Adiputra बिचर -- 11:52, 28 September 2007 (UTC)

Ufosiana, soal wajib mengacu ke KBBI jawabannya adalah hampir, lebih tepatnya kita wajib menggunakan Bahasa Indonesia karena ini adalah Wikipedia Bahasa Indonesia dan wajib mengacu pada sumber lain sebagai rujukan, untuk kali ini kebetulan adalah KBBI. Waktu itu pernah didiskusikan bahwa keberatan saya menggunakan Beterbedi adalah karena istilah ini "kurang dikenal" dan Wikipedia kan tugasnya bukan mempopulerkan istilah tidak dikenal. Tapi argumen saya ini patah oleh Mersault karena Wikipedia tugasnya adalah menggunakan Bahasa Indonesia dengan kaidah yang benar, dan selama bisa menunjukkan referensinya maka hal itu dapat diterima.

Soal UFOnya sendiri saya tetap berkeberatan, karena merupakan singkatan dari kalimat asing. Contoh mudahnya adalah SMS, judulnya tetap Layanan Pesan Singkat walaupun istilah lebih populernya adalah SMS. Untuk yang diatas , saya lupa namanya, yang ngga bisa bikin proposal. Soal Flying Saucer atau UFO itu cuman beda tipis, dalam UFO ada bentuk lain selain piring. Hal ini mudah diatasi dengan pernyataan definisi yang diperluas (walaupun mungkin sedikit maksa), dan ini juga bukan masalah baru karena kita menggunakan udang dengan interwiki ke dua sumber yaitu en:shrimp dan en:prawn (kalo ngga salah).

Made, Beterbedi OK. Serenity 13:05, 12 Januari 2008 (UTC)

Ada yang bisa memberikan rujukan BETA atau Beterbedi? Misalkan sebuah terbitan buku yang dianggap luas diterima (mainstream) dan bukan fringe literature? Maaf pakai istilah Inggris. Meursault2004ngobrol 13:32, 12 Januari 2008 (UTC)
Yg diatas namanya NoiX180 (terserah mo nyebut apa)! Oke, aq ganti pendapat. UFO memang terkenal, tp td saya liat di en:UFO judulnya bukan UFO tp Unidentified Flying Object (klo ga salah)! N, mungkin di Indo judulnya bisa Objek Terbang Ga Dikenal or sejenisnya! Trus untuk julukan, terserah mo apa, Beterbedi (sy baru tw)! Yg penting judulnya b.indo dulu aja cz sy rasa yg itu lbh terkenal di Indo!Mbak sere kok sregep sih klo ada kontes pendapat di wikipedia! Anda sibuk di Wikisource ya? By NoiX180 13:40, 12 Januari 2008 (UTC)

Semua yang anda sebutkan sudah pernah dibahas dan sampai pada kesimpulan terakhir ini. Kontes pedapat? *LoL* Memang ada yang menang? Hadiahnya apa? Wikipedia itu berbasis orang, tidak hanya tulisan, beberapa memang perlu diluruskan. Kalau yang banyak tau (taruhlah ilmunya lebih tinggi atau lebih tua - walaupun tidak selalu) kalah hanya karena ada sekumpulan lain yang memaksakan kehendak, maka ilmu pengetahuannya sendiri akan kalah. Dan kalau itu terjadi saya lebih baik memusatkan diri ditempat lain. Ya memang lebih enak di wikisource, sunyi dan bisa merenung *LoL* Serenity 14:29, 12 Januari 2008 (UTC)

Klo memang sudah dibahas, kenapa masih UFO ya mbak! Ooo, mungkin mata saya agak belekan dikit NoiX180 01:04, 13 Januari 2008 (UTC)
Mbak sere kok sregep sih klo ada kontes pendapat di wikipedia!
Ya nggak papa toh mau sregep (=bahasa Indonesia "rajin") berpendapat wong di Wikipedia kan ada kebebasan berpendapat :-) Berarti dengan kata lain ada yang memperhatikan artikel-artikel yang bersangkutan. Meursault2004ngobrol 14:11, 13 Januari 2008 (UTC)
Ada nih rujukannya. Kompas, Minggu 20 Januari 2008 hal.23. Bagian hobi dan komunitas.
Berkas:RJ Salatun Lapan BETA.jpg
Tulisan di Kompas
Dikompas bahkan komunitasnya sendiri menyebut dirinya sebagai BETA-UFO Indonesia, lihat mana yang didahulukan. Karena wikipedia adalah komunitas bahasa dan bukan komunitas BETA apalagi sebuah ensiklopedia, maka sebaiknya memang yang digunakan BETA. Serenity 13:18, 22 Januari 2008 (UTC)
Berkas:Benda Terbang Yang Aneh - KOMPAS.jpg
Cap komunitas