Pedoman Umum Misale Romawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pedoman Umum Misale Romawi (PUMR)—dalam bahasa asli Latin, Institutio Generalis Missalis Romani (IGMR)—adalah dokumen terperinci yang mengatur perayaan Misa dari Ritus Romawi dalam apa sejak tahun 1969 adalah bentuk normalnya. Awalnya diterbitkan pada tahun 1969 sebagai dokumen terpisah, dokumen ini dicetak pada awal edisi Misale Romawi sejak tahun 1970.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Kode Rubrik tahun 1960 menggantikan Rubricae Generales Missalis, yang telah ada dalam Misa Romawi Tridentina sejak edisi pertamanya pada tahun 1570 dan telah diperkuat dan direvisi oleh Paus Klemens VIII pada tahun 1604. Sejak edisi tahun 1920, ini telah dilengkapi dengan Additiones et Variationes in Rubricis Missalis ad normam Bullae "Divino afflatu" et nextium S.R.C. decretorum (Penambahan dan Variasi pada Rubrik Misa sesuai dengan Bulla Divino afflatu dan dekrit berikutnya dari Kongregasi Ritus Suci), yang menunjukkan perubahan dalam Misa Romawi setelah reformasi Brevir Romawi oleh Paus Pius X.

Dalam edisi 1962, Paus Yohanes XXIII telah membuat beberapa perubahan pada dokumen di awal Misa Romawi yang disebut Ritus servandus in celebritye Missarum ('Ritus yang harus dilaksanakan dalam perayaan Misa').[1]

Status[sunting | sunting sumber]

Dalam nasihat apostoliknya Sacramentum caritatis, Paus Benediktus XVI menekankan pentingnya pengetahuan yang benar tentang Pedoman Umum tidak hanya bagi para imam tetapi juga bagi umat awam:[2]

Perayaan Ekaristi ditingkatkan ketika para imam dan pemimpin liturgi berkomitmen untuk memperkenalkan teks-teks dan norma-norma liturgi saat ini, dengan menyediakan kekayaan besar yang terdapat dalam Petunjuk Umum Misa Romawi dan Ordo Misale Romawi Bacaan untuk Misa. Mungkin kita menganggap remeh bahwa komunitas gerejawi kita sudah mengetahui dan menghargai sumber daya ini, namun hal ini tidak selalu terjadi. Teks-teks ini berisi kekayaan yang telah melestarikan dan mengungkapkan iman dan pengalaman Umat Allah selama dua ribu tahun sejarahnya.

Peraturan bagi massa yang tidak menggunakan GIRM[sunting | sunting sumber]

Dalam keadaan yang disebutkan dalam motu proprio Traditionis custodes tahun 2021, Gereja Katolik masih mengizinkan perayaan Misa sesuai dengan edisi 1962 Misa Romawi. Perayaan semacam itu tidak diatur oleh Instruksi Umum, melainkan oleh Kode Rubrik tahun 1960, khususnya bagian Rubricae generales Missalis Romani (Rubrik Umum Misa Romawi), dan oleh Ritus servandus dalam perayaan Missae (Ritus yang harus dilaksanakan dalam perayaan Misa).

Struktur[sunting | sunting sumber]

Petunjuk Umum ini disusun dalam sembilan bab, didahului dengan pembukaan. Judul babnya adalah:

  1. Pentingnya dan Martabat Perayaan Ekaristi
  2. Struktur Massa, Unsur-Unsurnya dan Bagian-Bagiannya
  3. Tugas dan Pelayanan dalam Misa
  4. Berbagai Bentuk Perayaan Misa
  5. Penataan dan Perabotan Gereja untuk Perayaan Ekaristi
  6. Syarat-syarat Perayaan Misa
  7. Pilihan Misa dan Bagian-Bagiannya
  8. Misa dan Doa Berbagai Keadaan dan Misa untuk Orang Meninggal
  9. Adaptasi dalam Kompetensi Uskup dan Konferensi Waligereja

Versi[sunting | sunting sumber]

Versi asli Latin dapat dilihat di sejumlah situs. Yang paling mudah terbaca di layar komputer mungkin adalah Salesians of Don Bosco (Salesians Jerman).[3]

Terjemahan dalam bahasa Inggris, namun dengan adaptasi untuk Amerika Serikat, dapat dilihat di halaman web Komite Ibadat Ilahi Konferensi Waligereja Katolik Amerika Serikat.[4] Terjemahan yang sama, namun dengan adaptasi untuk Inggris dan Wales, dapat ditemukan di situs web England & Wales Kantor Liturgi.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bandingkan teks di Misa Romawi 1962 dengan teks di /resources/missale-romanum-pdf.html edisi 1920 .html Diarsipkan 2020-03-01 di Wayback Machine.
  2. ^ "§40 Menghormati buku-buku liturgi dan kekayaan tanda". Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). 
  3. ^ "Institutio Generalis Missalis Romani". Salesianer.de. Diarsipkan dari .de/liturgie/igmr2002.htm versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2007-08-23. 
  4. ^ [http: //www.usccb.org/prayer-and-worship/the-mass/general-instruction-of-the-roman-missal/index.cfm "Petunjuk Umum Misa Romawi"] Periksa nilai |url= (bantuan). Washington, D.C.: Konferensi Katolik Amerika Serikat Bishops. 2010. 
  5. ^ Konferensi Waligereja Inggris dan Wales. Petunjuk Umum Misa Romawi (PDF). Catholic Truth Society dan Kolokium. ISBN 1-86082-288-6.