Pedendang Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pedendang Afrika
Podica senegalensis
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22692177
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoGruiformes
FamiliHeliornithidae
GenusPodica
SpesiesPodica senegalensis
Vieillot, 1817
Tata nama
Sinonim taksonHeliornis senegalensis Viellot, 1817

Pedendang Afrika ( Podica senegalensis ) adalah burung air dari keluarga Heliornithidae (pedendang dan titihan matahari ). Spesies ini hidup di sungai dan danau di Afrika bagian barat, tengah, dan selatan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Pedendang Afrika adalah unggas spesialis bawah air dengan leher panjang, paruh tajam yang mencolok, dan kaki berlobus berwarna merah cerah. Bulunya bervariasi menurut ras, umumnya pucat di bagian bawah dan lebih gelap di bagian atas. Jantan biasanya lebih gelap daripada betina.

Kebiasaan dan jangkauan[sunting | sunting sumber]

Pedendang Afrika dapat ditemukan di berbagai habitat di seluruh Afrika, di daerah yang terdapat sungai, sungai kecil, dan danau dengan tutupan yang baik di tepiannya. Kisaran ini mencakup hutan, sabana berhutan, hutan banjir, dan bahkan rawa bakau .

Pedendang memakan invertebrata air, termasuk lalat capung dewasa dan larva, capung, krustasea, juga siput, ikan, dan amfibi. Mereka dianggap sangat oportunistik dan mengambil sebagian mangsanya langsung dari permukaan air. Mereka mahir keluar dari air dan juga akan mencari makan di tepian sungai, tidak seperti titihan, yang mirip tetapi tidak berkerabat.

Pedendang biasanya terlihat sendiri-sendiri atau berpasangan. Mereka sangat tertutup. Bahkan ahli ornitologi berpengalaman sangat jarang melihatnya, menjadikannya penampakan yang berharga bagi para penghobi burung lomba dan penghobi burung kicau Karena mereka sangat sulit ditangkap, tidak diketahui apakah mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di air, tempat mereka hampir selalu terlihat, atau di darat.

Waktu berkembang biaknya berbeda-beda di setiap daerah, biasanya bertepatan dengan musim hujan . Mereka membangun sarang, tidak lebih dari tumpukan ranting dan alang-alang, di atas pohon tumbang di atas air. Dua telur diletakkan dan diinkubasi sendiri oleh betina. Anaknya meninggalkan sarangnya beberapa hari setelah menetas.

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Pedendang Afrika termasuk dalam famili Heliornithidae, yang anggota lainnya hanyalah pedendang topeng dan titihan matahari . Hubungan mereka antara keluarga ini dan burung lain kurang dipahami.

Status dan konservasi[sunting | sunting sumber]

Status konservasi pedendang afrika sulit ditentukan, mengingat sifatnya yang sulit dipahami. Hewan ini tidak dianggap terancam, karena tidak dianiaya atau menjadi sasaran pemburu, dan meskipun langka, namun penyebarannya sangat luas. Namun, ada kekhawatiran bahwa hal ini akan terancam karena lahan basah ditebangi dan aliran air diubah serta tercemar . Ia juga dianggap hanya menoleransi gangguan minimal. Hal ini dan meningkatnya fragmentasi habitat berarti bahwa spesies tersebut perlu dipantau untuk menjaganya. Saat ini tidak ada pedendang Afrika di penangkaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Podica senegalensis". 2016: e.T22692177A93339914. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22692177A93339914.en.