Pedendang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pedendang
Heliornithidae

African finfoot (adult male)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoGruiformes
FamiliHeliornithidae
G. R. Gray, 1840
Genera and species

Heliornithidae adalah keluarga kecil burung tropis dengan lobus berselaput di kakinya seperti titihan dan mandar-air . Keluarga secara keseluruhan dikenal sebagai pedendang, meskipun satu spesies dikenal sebagai titihan matahari. Keluarga ini terdiri dari tiga spesies dalam tiga genera .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung pedendang sekilas menyerupai burung mandar ; mereka memiliki leher panjang, tubuh ramping, ekor lebar, dan paruh tajam dan runcing. Mereka mempunyai suara yang beragam, tetapi jarang sekali bersuara. Tungkai dan kakinya berwarna cerah dan, tidak seperti titihan, mereka mampu berjalan dengan baik dan bahkan bergerak cepat di darat. [1]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Pedendang ditemukan di berbagai habitat di daerah tropis selama masih ada air dan tempat berlindung. Tidak jelas mengapa perlindungan sangat penting bagi pedendang, namun mereka sangat tertutup dan sering diabaikan. Wilayah jelajahnya terbentang dari anak sungai pesisir hingga sungai pegunungan yang berarus cepat, paling sering ditemukan di perairan besar yang berarus lambat. Mereka juga memanfaatkan rawa, alang-alang, hutan bakau, dan hutan. Pedendang bersifat teritorial, mungkin hampir sepanjang tahun dan tentunya saat berkembang biak. Mereka diperkirakan tidak melakukan migrasi rutin, namun beberapa burung memang menyebar secara teratur dan mereka dengan cepat menjajah kawasan baru yang habitatnya sesuai.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Makanan[sunting | sunting sumber]

Pedendang memakan berbagai macam makanan, berbagai jenis serangga menjadi komponen makanan mereka yang paling sering diamati. Sedikit informasi kuantitatif mengenai pola makan pedendang, tetapi mereka juga tercatat memakan moluska, krustasea, laba-laba, katak, ikan, serta beberapa daun dan biji-bijian. Berbeda dengan titihan, mereka tidak menyelam untuk mendapatkan makanan, melainkan mengambil mangsa dari permukaan air atau mencari makan di pantai.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Ketiga spesies tersebut cenderung berkembang biak setelah musim hujan, yang waktu pastinya bergantung pada iklim setempat. Perilaku perkembangbiakan pedendang topeng hampir seluruhnya tidak diketahui. Ketiga spesies tersebut menunjukkan beberapa perubahan penampilan sebelum berkembang biak – pedendang topeng mengembangkan tonjolan berdaging di atas paruhnya, sedangkan pedendang Afrika jantan dan titihan matahari betina juga berubah. Ada banyak variasi pada pedendang dalam beberapa aspek perkembangbiakan; pada titihan matahari, tugas pembuatan sarang dan inkubasi dibagi antara kedua jenis kelamin, sedangkan di sirip Afrika, betinanya sendiri yang mengerami. Sarang semua pedendang berupa mangkuk-mangkuk kayu, ranting, dan alang-alang yang tidak rapi, tergantung pada tumbuh-tumbuhan di atas air. [2]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Ada tiga spesies. Pedendang Afrika ditemukan di Afrika tropis di sungai di hutan. Pedendang topeng mempunyai distribusi yang tersebar dari India Timur hingga Asia Tenggara hingga Garis Wallace . Titihan matahari ditemukan di daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Pedendang sangat tertutup dan banyak aspek biologi mereka tidak diketahui sains.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Archibald, George W. (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 99–100. ISBN 1-85391-186-0. 
  2. ^ Archibald, George W. (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 99–100. ISBN 1-85391-186-0.