Pasukan Seragam Bordir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasukan Seragam Bordir
锦衣卫
Sebuah tablet salah seorang Pasukan Seragam Bordir yang bertuliskan: Komandan Jinyiwei Ma Shun.
Informasi polisi rahasia
Dibentuk1368 - 1644
JenisBadan intelijen
Wilayah hukumTiongkok Dinasti Ming
Kantor pusatKota Terlarang
Pegawai14.000 (pada masa puncaknya)

Pasukan Seragam Bordir (Hanzi tradisional: 錦衣衞; Hanzi sederhana: 锦衣卫; Pinyin: Jǐnyīwèi; harfiah: 'penjaga berbaju brokat') adalah polisi rahasia yang melayani kaisar dinasti Ming di Tiongkok.[1][2] Badan ini didirikan oleh Kaisar Hongwu pada tahun 1368 yang ditujukan menjadi pengawal pribadinya. Pada tahun 1369, mereka menjadi badan militer kekaisaran. Pasukan ini diberi kewenangan untuk melompati proses peradilan dalam penuntutan dengan otonomi penuh dalam menangkap, menginterogasi dan menghukum siapa pun, termasuk bangsawan dan kerabat kaisar.

Pasukan Seragam Bordir bertugas mengumpulkan intelijen militer tentang musuh dan berpartisipasi dalam pertempuran. Para prajuritnya mengenakan seragam khas kuning keemasan, dengan tablet yang dikenakan di badannya, dan membawa pedang yang dikenal sebagai pisau pegas bersulam (Hanzi: 绣春刀; Pinyin: Xiù chūn dāo).[butuh rujukan] Markas besar mereka berada di sebelah barat Lapangan Tian'anmen, di mana Balai Agung Rakyat berdiri saat ini.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tsai, Shih-shan Henry (1996). The Eunuchs in the Ming Dynasty. SUNY Press. hlm. 98–100. ISBN 0791426874. 
  2. ^ Xie Baocheng (2013). Brief History of the Official System in China. Paths International Ltd. hlm. 24. ISBN 978-1844641536.