Lapangan Tiananmen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemandangan Lapangan Tiananmen

Lapangan Tian'anmen (Hanzi sederhana: 天安门广场; Hanzi tradisional: 天安門廣場; Pinyin: tian an men guang chang - "Lapangan Luas di Pintu Surga yang Damai") adalah lapangan yang berada di pusat kota Beijing, Tiongkok. Lapangan ini merupakan lapangan yang terluas di dunia saat ini.

Lapangan Tiananmen terletak di luar pintu selatan Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing, mendapat namanya karena pintu selatan istana bernama Tianan Menwai (天安門外).

Di sebelah utara lapangan ini ada tiang bendera dimana setiap harinya diadakan upacara penaikan dan penurunan bendera oleh tentara kehormatan. Di lapangan ini tidak boleh ada papan dan poster reklame, bahkan bus dan kendaraan yang melintasi jalan di depan lapangan juga tidak diperbolehkan memiliki reklame di badan bus maupun kendaraan.

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

Lapangan ini terletak pada koordinat 116°23′17″BT dan 39°54′27″LU. Dengan panjang 800 meter dari utara ke selatan serta lebar 500 meter dari barat ke timur, lapangan ini memiliki luas 440.000 m2.

Di sebelah selatan lapangan ini terdapat sebuah bangunan yang merupakan Mausoleum Ketua Mao. Di dalam bangunan ini, jenazah Ketua Mao Zedong yang diawetkan di dalam kotak kaca ditempatkan.

Peristiwa Penting[sunting | sunting sumber]

Beberapa peristiwa penting bersejarah yang terjadi di lapangan ini antara lain:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]