Pasir-pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasir-pasir
Ilex aquifolium
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Aquifoliaceae
Genera

lihat teks

Aquifoliaceae atau di Indonesia dikenal dengan nama pohon pasir-pasir, mensirah, bengkulat, atau kambasira (bahasa Inggris : holly) adalah salah satu famili anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk dalam ordo Aquifoliales. Dalam Sistem Cronquist suku ini masuk dalam Celastrales. Spesies ini adalah pohon yang selalu hijau atau meranggas, semak, dan tanaman merambat dari daerah tropis hingga daerah beriklim sedang di seluruh dunia. Jenis spesiesnya adalah Ilex aquifolium, pasir-pasir eropa yang umum digunakan dalam dekorasi dan kartu Natal. Di Indonesia, salah satu spesies pasir-pasir, pasir-pasir melayu (Ilex cymosa) dimanfaatkan buahnya sebagai obat.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Genus ini tersebar luas di seluruh wilayah beriklim sedang dan subtropis di dunia. Ini mencakup spesies pohon, semak, dan pemanjat, dengan dedaunan yang selalu hijau atau gugur dan bunga yang tidak mencolok. Jangkauannya lebih luas pada periode Tersier dan banyak spesies beradaptasi dengan habitat hutan dafnah . Ia tumbuh dari permukaan laut hingga ketinggian lebih dari 2.000 m (6.600 kaki) dengan spesies pegunungan tinggi. Ini adalah genus pohon kecil yang selalu hijau dengan cabang-cabang halus, gundul, atau puber . Tanaman ini umumnya tumbuh lambat dengan beberapa spesies tumbuh setinggi 25 m (82 kaki). Jenis spesiesnya adalah pasir-pasir Eropa, Ilex aquifolium yang dideskripsikan oleh Linnaeus. Tumbuhan dalam genus ini memiliki daun mengkilap yang sederhana dan berselang-seling, seringkali dengan tepi daun berduri. Bunga yang tidak mencolok berwarna putih kehijauan, dengan empat kelopak. Mereka umumnya dwirumah , dengan bunga jantan dan betina pada tanaman berbeda.

Buah pasir-pasir berukuran kecil, meskipun sering disebut sebagai buah beri , secara teknis adalah buah berbiji . Warnanya bervariasi dari merah, coklat, hingga hitam, dan jarang berwarna hijau atau kuning. "Tulangan" masing-masing berisi hingga sepuluh biji . Beberapa spesies menghasilkan buah secara partenogenetik , seperti kultivar 'Nellie R. Stevens'. Buah-buahan matang di musim dingin dan dengan demikian memberikan kontras warna musim dingin antara buah-buahan yang berwarna merah cerah dan daun hijau yang selalu hijau mengkilap. Oleh karena itu potongan dahan, khususnya I. aquifolium , banyak digunakan dalam dekorasi Natal. Buah ini umumnya sedikit beracun bagi manusia, dan dapat menyebabkan muntah dan diare jika tertelan. Namun, mereka merupakan sumber makanan bagi burung tertentu dan hewan lain, yang membantu menyebarkan benih. Sayangnya hal ini juga dapat menimbulkan dampak negatif. Di sepanjang pantai barat Amerika Utara, dari California hingga British Columbia , Pasir-pasir Inggris ( Ilex aquifolium ), yang ditanam secara komersial, dengan cepat menyebar ke habitat hutan asli, tempat ia tumbuh subur di tempat teduh dan menyingkirkan spesies asli. Tanaman ini telah ditempatkan dalam daftar monitor Dewan Pengendalian Gulma Beracun Negara Bagian Washington, dan merupakan tanaman invasif Kelas C di Portland.