Paramore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paramore
(Ki–Ka): Zac Farro, Hayley Williams, anggota tur Joey Howard, dan Taylor York tampil pada tahun 2017
(Ki–Ka): Zac Farro, Hayley Williams, anggota tur Joey Howard, dan Taylor York tampil pada tahun 2017
Informasi latar belakang
AsalFranklin, Tennessee, AS
GenreEmo[1]
Rock alternatif[1]
Power pop[2]
Pop punk[3]
Tahun aktif2004–sekarang
LabelFueled by Ramen, Atlantic
Artis terkaitNovel American, Farro
Situs webParamore.net
AnggotaHayley Williams
Taylor York
Zac Farro
Mantan anggotaJason Bynum
John Hembree
Hunter Lamb
Josh Farro
Jeremy Davis

Paramore merupakan sebuah grup musik asal Amerika Serikat yang dibentuk pada tahun 2004. Grup musik ini bermarkas di Franklin, Tennessee. Saat ini mereka beranggotakan 3 orang yaitu vokalis Hayley Williams, gitaris Taylor York dan drummer Zac Farro.

Band ini merilis album debutnya, All We Know Is Falling, pada tahun 2005, dengan album tersebut menempati peringkat empat di UK Rock Chart album inggris pada tahun 2009 dan nomor tiga puluh di Billboard's Heatseekers Chart Amerika pada tahun 2006.

Album kedua band ini, Riot!, dirilis pada tahun 2007. Berkat kesuksesan single "Misery Business", "Crushcrushcrush", dan "That's What You Get", Riot! sukses besar dan mendapat sertifikasi 3x Platinum di Amerika Serikat. Paramore kemudian menerima nominasi sebagai Artis Pendatang Baru Terbaik di Penghargaan Grammy pada 2008. Album selanjutnya, Brand New Eyes (2009), adalah album dengan peringkat tertinggi kedua mereka hingga saat ini, menempati peringkat #2 di Billboard 200 Amerika dengan 175.000 penjualan pada minggu pertama dan telah dianugerahi sertifikasi pelatinum disana. Ini menghasilkan single yang masuk Top 40 "The Only Exception" dan mendapat sertifikasi platinum di Irlandia dan Inggris, serta emas di AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Setelah kepergian Josh dan Zac Farro pada 2010, band ini merilis album keempat self-titled, Paramore, pada 2013. Ini merupakan album pertama mereka di Billboard 200 AS dan juga album nomor satu di Inggris Raya, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Brasil, Argentina, dan Meksiko. Album ini melahirkan hit single "Still Into You" dan "Ain't It Fun", dengan yang terakhir berhasil memenangkan Penghargaan Grammy Award untuk Best Rock Song untuk Williams dan York sebagai penulis lagu, menjadikannya kemenangan Grammy Award pertama Paramore. Formasi band berubah sekali lagi setelah siklus album ini, dengan bassis Jeremy Davis meninggalkan band menjelang akhir tahun 2015 dan mantan drummer Zac Farro bergabung kembali dengan band pada tahun 2017. Album studio kelima mereka, After Laughter, dirilis akhir tahun itu dan mendapat pujian kritis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paramore dibentuk pada tahun 2004 di Franklin, Tennessee, Amerika Serikat oleh vokalis Hayley Williams, gitaris Josh Farro dan drummer Zac Farro, serta bassist Jason Clarke. Namun pada saat mereka akan masuk ke dunia major label, pihak label kurang setuju dengan keberadaan Taylor York dan Jason Clarke. Kemudian Hayley membawa bassist Jeremy Davis dan gitaris Jason Bynum untuk menggantikan mereka, dan pihak label pun setuju. Paramore lalu menandatangani kontrak dengan Fueled by Ramen pada April 2005.[4][5] Nama Paramore sendiri dikabarkan diambil dari nama ibu dari bassist pertama mereka.[6]

2005–2006: All We Know Is Falling[sunting | sunting sumber]

Album pertama mereka berjudul All We Know Is Falling dan dirilis pada Juli 2005. Dari album ini mereka merilis 3 single, yaitu: Pressure, Emergency, dan All We Know. Meskipun begitu, album ini dibuat tanpa kehadiran bassist Jeremy Davis. Hal tersebut dikarenakan tepat sebelum proses rekaman, Jeremy memutuskan untuk keluar dari band. Oleh karena itu, album ini dirilis dengan hanya 4 personel yang dikreditkan. Sebenarnya kepergian Jeremy memberikan dampak yang besar pada Paramore saat itu, dan hal tersebut menginspirasi Hayley untuk menulis lagu All We Know, di mana di dalam lagu tersebut berisi baris "All We Know Is Falling".[5] Di album ini juga terdapat lagu Conspiracy, yang merupakan lagu pertama yang ditulis bersama oleh semua personel. Pada lagu "My Heart" terdapat satu-satunya scream dari Josh Farro sebagai backing vocal.

Selama tour AWKIF, Paramore merekrut John Hembree sebagai bassist untuk tour.[7] Walapun begitu, tidak lama kemudian Jeremy kembali bergabung dengan Paramore sebagai bassist tentunya.[8] Ketika Paramore merilis Emergency sebagai single kedua dari album ini, Jason Bynum sudah tidak lagi berada di Paramore dan digantikan oleh Hunter Lamb.[9] Pada tahun 2007, Hunter Lamb juga memutuskan untuk keluar dari band untuk menikah.[9]

2007–2008: Riot! dan proyek lain[sunting | sunting sumber]

Dengan beranggotakan 4 orang, Paramore merilis album kedua mereka yaitu Riot! pada Juni 2007, menempati peringkat #15 di Amerika dan #24 Inggris, menjadi album tersukses mereka dimana berhasil mendapatkan sertifkasi dibeberapa negara seperti 3x platinum di Amerika dan Platinum di Inggris. Dari album ini mereka merilis 4 single: Misery Business, Hallelujah, Crushcrushcrush, dan That's What You Get. Single pertama mereka, Missery Business, menerima kritik positif dan menjadi hits secara instant, membuat nama Paramore semakin melejit.

Selama tour Riot!, mereka merekrut teman lama mereka, Taylor York, sebagai gitaris tambahan untuk tour.[10] Pada Februari 2008, Paramore membatalkan 6 konser mereka di Eropa untuk menyelesaikan permasalahan internal yang menyelimuti band. Dibawah semua tekanan itu mereka merilis single That's What You Get pada Maret 2008. Namun, setelah sepertinya menyelesaikan permasalahan internal band, pada Mei 2008 Hayley menyatakan bahwa Paramore akan berada pada tour The Final Riot!. Di tour ini, mereka merekam konser mereka untuk membuat sebuah album live bernama "The Final Riot!" yang dirilis pada November 2008.

Pada Oktober 2008 Paramore merilis sebuah single berjudul Decode yang diambil dari OST. film Twilight Saga. Mereka berkontribusi memberikan 2 lagu pada OST tersebut yaitu Decode dan I Caught Myself.[11] Pada bulan November, video klip dari Decode memulai pemutaran perdana. "Decode" dibawah nama film Twilight membawa Paramore semakin terkenal, terutama di kalangan remaja putri penggemar film drama. "Decode" menjadi nominasi di MTV movie awards untuk kategori "Best Soundtrack".

2009–2010: Brand New Eyes dan keluarnya Farro bersaudara[sunting | sunting sumber]

Paramore saat di Soundwave Perth 2010

Pada tahun 2009, Paramore merilis album ketiga mereka yang berjudul "Brand New Eyes" pada tanggal 29 September yang bertepatan pada ulang tahun gitaris mereka, Josh Farro. Pada album ini, Taylor York telah menjadi anggota tetap Paramore, sehingga kali ini mereka merilis album dengan personel 5 orang. Paramore menyatakan bahwa album ini telah mempererat hubungan mereka sebagai band, setelah sebelumnya sempat terjadi keretakan. Untuk itulah mereka memberi nama album ini "Brand New Eyes" yang menggambarkan sudut pandang baru dari setiap personel. Dengan dukungan dari 5 single: Ignorance, Brick By Boring Brick, The Only Exception, Careful, dan Playing God[12][13][14][15], album ini berhasil menempati peringkat #2 di Bilboard Amerika dan menjadi album pertama mereka yang meraih peringkat #1 di Inggris, serta berhasil mendapatkan sertifikasi platinum di Amerika, Inggris, dan Australia.

Paramore kemudian memainkan 15 konser di Eropa bersama dengan You Me At Six, Paper Route, dan Now Now Every Children. Tur konser mereka berakhir di London, Inggris, di Arena Wembley yang dihadiri 12,500 fans. Mereka kemudian tampil di Festival Soundwave Australia pada 2010 bersama dengan Faith No More, Placebo (band), You Me at Six, All Time Low, Jimmy Eat World and Taking Back Sunday. Band ini, kembali menggelar tur di Amerika pada akhir April. Lalu mereka tampil sebagai band pendukung bagi Green Day pada tur mereka di beberapa stadium, in Irlandia and Paris (prancis).

Pada 18 Desember 2010, melalui situs resmi Paramore, mereka menyatakan bahwa kakak-beradik Josh Farro dan Zac Farro resmi keluar dari Paramore.[16] Hayley mengatakan bahwa belakangan ini mereka sudah merasa tidak bahagia di Paramore. Namun dengan jumlah personel 3 orang, Hayley Williams, Jeremy Davis, dan Taylor York menyatakan untuk tetap melanjutkan apa yang telah mereka jalani selama ini.[17][18] Pada 22 Desember, Josh, melalui sebuah blog kontroversial Diarsipkan 2016-01-07 di Wayback Machine., menceritakan versinya sendiri tentang alasan dia dan adiknya keluar dari Paramore.[19]

2011–2016: Album self-tittle (Paramore) dan keluarnya Jeremy Davis[sunting | sunting sumber]

Paramore tampil di Garuda Wisnu Kencana, Bali pada tanggal 17 Agustus 2011

Pada tanggal 10 Januari 2011, dalam sebuah wawancara dengan MTV, Hayley Williams mengatakan bahwa meskipun band kehilangan dua dari anggota pendiri, mereka akan merilis musik baru pada 2011, meskipun belum diketahui apakah mereka akan berhasil merekam full album untuk rilis tahun ini, atau hanya rilis beberapa lagu. Mereka juga mengaku bahwa gaya Paramore adalah mungkin untuk mengubah dengan lineup baru, tetapi menjelaskan bahwa band masih akan mempertahankan suara mereka.[20]

Pada tanggal 2 Februari, 2011, Josh Farro dikonfirmasi nama band barunya, Novel American.[21][22][23] Zac juga telah menegaskan band barunya, Half Noise.

Pada tanggal 21 Maret 2011, Paramore menyatakan pada berbagai laporan mereka di jejaring sosial bahwa mereka memasuki sebuah studio di Los Angeles dengan produser Rob Cavallo untuk merekam album mereka berikutnya.[24][25] Pada tanggal 7 Juni 2011, Paramore merilis singel "Monster", masuk dialbum Transformers: Dark of the Moon – The Album. Ini adalah lagu pertama yang driilis band tanpa Farro bersaudara.[26] Paramore sempat konser di Bali dan Jakarta pada tanggal 17 dan 19 Agustus 2011 dengan membawakan 18 lagu.[27]

Pada tanggal 9 Juni 2011, Hayley Williams mengumumkan bahwa band mulai menulis album keempat mereka, yang mereka berharap untuk mulai merekam pada akhir tahun, berharap untuk rilis di awal 2012.[28] Paramore akhirnya merilis secara resmi album baru mereka berjudul Paramore pada 5 April 2013 dan untuk pertama kalinya mampu meraih urutan #1 di album chart Billboard 200 Amerika Serikat. Single untuk album ini yang berjudul "now", Still Into You, Daydreaming, dan Ain't It Fun yang mana menempati #10 dan menjadi single tertinggi mereka di tangga lagu Amerika serta berhasil memenangkan Penghargaan Grammy Award untuk Best Rock Song untuk pertama kalinya.

Pada 14 Desember 2015, pemain bass Paramore Jeremy Davis memutuskan untuk keluar dari Paramore,[29] pengumuman itu publikasikan melalui Facebook Fanpage Paramore. Pada Maret 2016, Jeremy Davis menuntut secara hukum Paramore bahwa ia juga memiliki hak untuk menikmati keuntungan dari kerja sama bisnis dengan Hayley Williams sebagai co-owner band tetapi ia kalah dalam gugatan ini, kemudian Davis kembali mengajukan gugatan kepada Hayley Williams dan Taylor York karena melanggar kontrak kepemilikan dan hak cipta terhadap lagu di album Paramore termasuk lagu berjudul "Ain't It Fun". Kasus ini akhirnya berakhir dengan damai setelah Paramore dan Davis meraih kesepakatan bersama pada April 2017.[30]

2016–2020: Rujuk dengan Zac Farro's dan Album After Laughter[sunting | sunting sumber]

Pada 19 Januari 2016, Hayley Williams mengumumkan via Twitter bahwa Paramore sedang dalam proses menulis album baru, pengumuman ini kemudian disertai berbagai publikasi via sosial media mengenai proses pembuatan album, dalam publikasinya juga terdapat sejumlah gambar yang memuat sosok mantan drumer Paramore Zac Farro dan produser musik Justin Meldal-Johnsen.[31] Pada 2 Februari 2017, Paramore resmi mengumumkan kembalinya Zac Farro ke band.[32]

Pada 19 April 2017, Paramore meluncurkan single pertama berjudul "Hard Times" dan single kedua "Told You So" pada 3 Mei 2017. Albumnya sendiri After Laughter secara resmi meluncur pada 12 Mei 2017.[33] Pada 2019, anggota band Paramore mengumumkan akan beristirahat sejenak dari Paramore dan menikmati waktu untuk menikmati hubungan persahabatan sesama anggota di luar kegiatan band, pengumuman tersebut dipublikasikan lewat media media sosial.[34]

2020–sekarang: Album keenam[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Mei 2021, melalui akun Twitternya, Hayley Williams mengumumkan akan memulai kembali untuk memproduksi album baru setelah sempat mengumumkan untuk beristirahat sejenak pada 2019[34]. Pada 11 Januari 2022, melalui wawancara tertulis via surel dengan Rolling Stone, Hayley mengumumkan bahwa dirinya, Zac Farro, dan Taylor York sedang memulai proses perekaman album baru di Nashville[35].

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota tetap
Anggota tour
  • Justin York – gitar lead, backing vokal (2010-sekarang)
  • Joey Howard - bass (2016-sekarang)
  • Logan MacKenzie - gitar, synthesizer (2017-sekarang)
  • Joey Mullen - bongos (2017-sekarang)
Mantan anggota
Mantan anggota tour
  • Josh Freese – drum (2010–2011)
  • Jason Pierce – drum (2011–2012)
  • Hayden Scott – drum (2012)
  • Ilan Rubin – drum (2012-2013)
  • Aaron Gilespie – drum (2013-2016)
Catatan: Taylor York telah menjadi anggota tour sejak tahun 2007 sebelum menjadi anggota tetap pada Juni 2009.[36]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Phoenix New Times Paramore Review". phoenixnewtimes.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-13. Diakses tanggal 2008-08-12. 
  2. ^ "Reviews". Rhapsody.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-21. Diakses tanggal 2007-09-29. 
  3. ^ "Paramore Bio". MTV.com. 
  4. ^ "Interview With Steve Robertson". HitQuarters. 9 Nov 2009. Diakses tanggal 17 May 2010. 
  5. ^ a b Hayley Williams; Josh Farro (2005-08-08). "Interview: Hayley Williams and Josh Farro of Paramore" (Wawancara). Wawancara dengan Tony Pascarella. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-13. Diakses tanggal 2007-08-16. 
  6. ^ Paramore. "Hello My Name is…" (Wawancara). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-09. Diakses tanggal 2009-06-11. 
  7. ^ Hayley Williams (2005-07-14). "Paramore Interview" (Wawancara). Wawancara dengan Jason Schleweis of Crush Music Mag. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-19. Diakses tanggal 2007-10-12. 
  8. ^ "Paramore Kerrang! Article". Kerrang!. 2006-11-05. Diakses tanggal 2007-10-13. 
  9. ^ a b "Biography". All Music. Diakses tanggal 2007-08-16. 
  10. ^ "Paramore". mtv.com. Diakses tanggal 2007-08-18. 
  11. ^ "Twilight Soundtrack To Include Muse, Linkin Park And, Of Course, Robert Pattinson". mtv.com. October 6, 2008. Diakses tanggal 2008-12-30. 
  12. ^ "Paramore's 'Brick By Boring Brick' Video Is No Happily Ever After". MTV.com. 2009-11-24. Diakses tanggal 2010-08-18. 
  13. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-09. Diakses tanggal 2011-08-20. 
  14. ^ Praxis Media. "Radio1 Rodos Greece ::: UK Forthcoming Singles ::: You'd Better Careful". Radio1.gr. Diakses tanggal 2010-08-18. 
  15. ^ "Playing God released as single". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-20. Diakses tanggal 2011-08-20. 
  16. ^ http://www.paramore.net/blog/announcement/?e=toc
  17. ^ "ANNOUNCEMENT – Blog Detail –". Paramore.net. 2010-12-18. Diakses tanggal 2011-08-12. 
  18. ^ "Paramore Confirm Farro Brothers Have Left Band – MTV". MTV. 2010-12-18. Diakses tanggal 2011-08-12. 
  19. ^ "Paramore Split Gets Nasty: Josh Farro Calls Former Band 'A Manufactured Product'". VH1.com. 2010-12-22. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-04. Diakses tanggal 2011-08-12. 
  20. ^ "Paramore To Release New Music This Year". Ultimate-guitar.com. Diakses tanggal 2011-08-12. 
  21. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-06. Diakses tanggal 2011-10-01. 
  22. ^ "News | Ex-Paramore guitarist Josh Farro starts new band Novel American". Alt Press. 2011-02-02. Diakses tanggal 2011-08-12. 
  23. ^ "Josh's New Band! – Discussion Detail –". Paramore.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-24. Diakses tanggal 2011-08-12. 
  24. ^ http://twitter.com/#!/yelyahwilliams/status/49935092436582400
  25. ^ "Paramore In Studio For New Album | News at Ultimate-Guitare.Com". Ultimate-guitar.com. Diakses tanggal 2011-08-12. 
  26. ^ "'Monster' World Premiere! - Blog Detail". Paramore.net. 2011-06-03. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-12. Diakses tanggal 2011-07-06. 
  27. ^ "Paramore Puas Konser di Indonesia". Okezone.com. Diakses tanggal 2011-08-25. 
  28. ^ "Paramore to release new album in early 2012 | News". Nme.Com. 2011-06-09. Diakses tanggal 2011-07-06. 
  29. ^ AltPress (14 Desember 2015). "Paramore Part Ways with Bassist Jeremy Davis". Alternative Press. Diakses tanggal 23 Februari 2021. 
  30. ^ Rettig, James (12 Mei 2017). "Paramore Settle Legal Dispute With Former Bassist Jeremy Davis". Spin. Diakses tanggal 23 Februari 2021. 
  31. ^ Paramore. "Instagram Paramore". Instagram. Diakses tanggal 23 Februari 2021. 
  32. ^ Payne, Chris (2 Februari 2017). "Rejoice, Paramore Fans: Drummer Zac Farro Is Back in the Band". Billboard. Diakses tanggal 23 Februari 2021. 
  33. ^ "Paramore Announce New Album 'After Laughter', Premiere Video For New Single 'Hard Times'!". JustJared. 19 April 2017. Diakses tanggal 23 Februari 2021. 
  34. ^ a b Prance, Sam (17 Februari 2021). "Hayley Williams confirms Paramore hiatus is over and new music is coming". PopBuzz. Diakses tanggal 23 Februari 2021. 
  35. ^ Blistein, Jon (11 Januari 2022). "Paramore Are Back in the Studio for Their First Album in Five Years". Rolling Stone. Diakses tanggal 16 Januari 2022. 
  36. ^ [[1]] (16 Juni 2009). "Special Announcement!!!" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2011/10/23.  Periksa nilai |author-link1= (bantuan);