Pandu Kesuma Dewangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pandu Kesuma Dewangsa
Pandu kesuma fix.png
Wakil Bupati Lampung Selatan ke-5
Mulai menjabat
26 Februari 2021
PresidenJoko Widodo
GubernurArinal Djunaidi
BupatiNanang Ermanto
PendahuluNanang Ermanto
Informasi pribadi
Lahir30 Juli 1988
Bandar Lampung, Lampung
KebangsaanIndonesia
Suami/istriNuri Maulida
Alma materUniversitas Padjadjaran

Pandu Kesuma Dewangsa, S.I.P. (Aksara Lampung: Pandu kesuma aksara.png ; lahir 30 Juli 1988) adalah Wakil Bupati Lampung Selatan periode 2021-2026 mewakili dari Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto. Beliau menghabiskan masa sekolahnya di Kota Bandar Lampung, Pandu kemudian melanjutkan pendidikan jenjang sarjana di Universitas Padjadjaran Bandung dengan disiplin Sarjana Ilmu Perpustakaan.[1]

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Menghabiskan masa sekolahnya di Kota Bandar Lampung, Pandu kemudian melanjutkan pendidikan jenjang sarjana di Universitas Padjadjaran Bandung dengan disiplin Sarjana Ilmu Perpustakaan.

Karier Politik[sunting | sunting sumber]

DPRD Kota Bandar Lampung[sunting | sunting sumber]

Setelah berhasil meraih titel sarjana, Pandu yang pada awalnya mengikuti jejak orang tua sebagai pengusaha memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Sang ayah yang juga menjadi Dewan Pakar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Lampung menjadi mentor politiknya. Melalui PPP Pandu kemudian terpilih menjadi anggota legislatif DPRD Kota Bandar Lampung selama dua periode, yakni sejak periode masa bakti 2014-2019 dan untuk periode masa bakti 2019-2020 (PAW). Selama aktif menjadi wakil rakyat Pandu semakin mengasah kemampuan politik juga pemahamannya tentang pemerintahan dan pengabdian kepada masyarakat.

Pilkada 2020[sunting | sunting sumber]

Tak heran jika pada pilkada serentak 2020, Pandu dipinang H. Nanang Ermanto, Bupati petahana Lampung Selatan saat itu, untuk maju bersama dalam kontestasi pemilihan pemimpin kabupaten yang memiliki julukan Khagom Mufakat ini. Pandu yang memang memiliki akar keturunan dari Keratuan Darah Putih (leluhur Radin Inten II, Pahlawan Nasional dari Lampung) terpanggil untuk melanjutkan pengabdian bagi masyarakat di kampung halamannya. Sejarah kemudian menuliskan tinta emasnya, pada perhelatan Pilkada 2020 pasangan H. Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa memenangkan kontestasi pilkada serentak 2020. Pasangan yang membawa visi untuk mewujudkan masyarakat Lampung Selatan yang berintegritas, maju dan sejahtera dengan semangat gotong royong mendapat amanat rakyat untuk meneruskan estafet kepimimpinan di Kabupaten Lampung Selatan. Suami dari Nuri Maulida, wanita yang dinikahinya pada 9 November 2014 lalu ini, dilantik menjadi Wakil Bupati Lampung Selatan pada Jum’at, 26 Februari 2021 oleh Gubernur Arinal Djunaidi di Balai Keratun bersama Bupati Lampung Selatan terpilih H. Nanang Ermanto. Kini, ayah dua orang putri dan satu orang putra ini akan bahu membahu mendukung H. Nanang Ermanto untuk merealisasikan program-program kerja unggulan untuk menjadikan Lampung Selatan sebagai daerah termaju di Provinsi Lampung.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil Wakil Bupati – Pemkab Lampung Selatan". www.lampungselatankab.go.id. Diakses tanggal 2021-03-10.