SMA Negeri 3 Bandar Lampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 3 Bandar Lampung
Informasi
Didirikan1977
AkreditasiA[1]
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX, XI, dan XII IPA dan IPS
KurikulumKurikulum 2013
Jumlah siswa894
Alamat
LokasiJl. Chairil Anwar No.1, Durian Payung, Kec. Tj. Karang Pusat, Bandar Lampung, Lampung
Moto

SMA Negeri 3 Bandar Lampung, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Lampung, Indonesia. Terletak di kota Bandar Lampung tepatnya di kawasan Durian Payung. Sekolah unggulan ini sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Bandar Lampung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Yang terbagi atas jurusan IPA dan IPS. Setiap tahunnya sekolah ini selalu meluluskan 100% siswanya saat Ujian Nasional dan memiliki kualitas lulusan yang sangat baik.

Pada tahun 2013, sekolah ini menggunakan Kurikulum 2013 sebelumnya dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 3 Bandar Lampung untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 3 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler. Dari beberapa kegiatan ekstrakurikuler tersebut terdapat beberapa event yang diadakan seperti:

1) Festival Palapa, Merupakan event pelajar besar tingkat Provinsi Lampung yang diadakan setiap dua tahun oleh OSIS/MPK SMA Negeri 3 Bandar Lampung, terdiri atas beberapa kegiatan seperti festival musik & band yang turut mengundang bintang tamu band papan atas nasional, perlombaan seni dan edukasi.

2) Dwi Lomba PMR Triad Infantri, Merupakan kegiatan yang diadakan oleh PMR SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Kegiatan PMR ini berskala nasional dengan cakupan SMA se Sumatra dan Jawa dan sudah diadakan sejak tahun 1990. Acara dua tahunan ini juga memperebutkan Trophy bergilir dari Menteri Pendidikan Nasional RI.

3) PIKIR (Pekan Ilmiah Karya Ilmiah Remaja), Merupakan kegiatan yang diadakan oleh KIR SMA Negeri 3 Bandar Lampung . Kegiatan kompetisi Ilmiah tingkat pelajar SMA se Provinsi ini adalah salah satu yang terbesar di Lampung .

4) PALAPA Cup, Merupakan kegiatan kompetisi Softball/Baseball pelajar SMA yang diadakan oleh kegiatan ekstakurikuler Softball/Baseball SMA Negeri 3 Bandar Lampung .

Dan kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di SMA Negeri 3 Bandar Lampung, di antaranya:

Ekstrakulikuler yang diunggulkan di SMAN 3 Bandarlampung ini adalah Merpati Putih

Alumni[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]