Pandansari, Poncokusumo, Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pandansari
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenMalang
KecamatanPoncokusumo
Kodepos65157
Luas951 Ha
Jumlah penduduk± 7000 jiwa
Balai Desa Pandansari.

Pandansari adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Desa Pandansari merupakan tempat yang berhawa dingin karena letaknya berda di lereng gunung semeru tepatnya berada di sebelah barat

Demografi[sunting | sunting sumber]

Warga desanya kebanyakan berprofesi sebagai petani. Dan mayoritas penduduk Desa Pandansari bergama Islam. Mayoritas masyarakat Pandansari bertutur kata menggunakan dialek Tengger dari bahasa Jawa dikarenakan desa Pandansari merupakan ujung penyebaran suku Tengger. Di desa Pandansari, Da'i yang terakhir melakukan penyebaran agama Islam adalah K.H. Adja'ib bin Rosul al-Hajj as-Sundany dan beliau pula yang mampu menebang Pohon Pedanyangan sisa-sisa kepercayaan animisme dan dinamisme.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Organisasi NU sudah ada di Desa Pandansari sejak lama. Desa Pandasari adalah wilayah kedua yang menerima NU di daerah Malang setelah Desa Singosari. Akibatnya, kantor NU di desa tersebut terdapat berdampingan dengan kantor kepala desa. Selain NU, juga terdapat Yayasan al-Ma'arif Pandansari yang didirikan dan digerakkan oleh anak cucu Rosul as-Sundany al-Jawy al-Hajj dan bergerak di bidang pendidikan mulai dari Paud hingga Madrasah Aliyah.