Osilator elektronik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Osilator elektronik adalah rangkaian elektronik yang menghasilkan sinyal elektronik periodik yang berosilasi, sering kali berupa gelombang sinus atau gelombang persegi.[1][2] Osilator mengubah arus searah (DC) dari catu daya ke sinyal arus bolak-balik (AC). Mereka banyak digunakan di banyak perangkat elektronik mulai dari generator jam paling sederhana hingga instrumen digital (seperti kalkulator) dan komputer dan periferal kompleks dll.[3] Contoh umum dari sinyal yang dihasilkan oleh osilator termasuk sinyal yang disiarkan oleh pemancar radio dan televisi, sinyal jam yang mengatur komputer dan jam, dan suara yang dihasilkan oleh penyeranta elektronik dan video game.

Osilator sering ditandai oleh frekuensi sinyal keluarannya:

  • Osilator frekuensi rendah (LFO) adalah osilator elektronik yang menghasilkan frekuensi di bawah sekitar 20 Hz. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang synthesizer audio, untuk membedakannya dari osilator frekuensi audio.
  • Osilator audio menghasilkan frekuensi dalam rentang audio, sekitar 16 Hz hingga 20 kHz.
  • Osilator RF menghasilkan sinyal dalam rentang frekuensi radio (FR) sekitar 100 kHz hingga 100 GHz.

Osilator yang dirancang untuk menghasilkan output arus bolak-balik daya tinggi dari pasokan arus searah biasanya disebut inverter.

Ada dua jenis utama osilator elektronik - osilator linier atau harmonik dan osilator relaksasi.[4][5]

Osilator kristal ada di mana-mana dalam elektronika modern dan menghasilkan frekuensi dari 32 kHz hingga lebih dari 150 MHz, dengan 32 kHz kristal yang biasa digunakan untuk menjaga waktu dan frekuensi yang lebih tinggi yang biasa dalam pembuatan jam dan aplikasi RF.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Snelgrove, Martin (2011). "Oscillator". McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 10th Ed., Science Access online service. McGraw-Hill. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 19, 2013. Diakses tanggal March 1, 2012. 
  2. ^ Chattopadhyay, D. (2006). Electronics (fundamentals And Applications). New Age International. hlm. 224–225. ISBN 978-81-224-1780-7. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Chattopadhyay2
  5. ^ Garg, Rakesh Kumar; Ashish Dixit; Pavan Yadav (2008). Basic Electronics. Firewall Media. hlm. 280. ISBN 978-8131803028.