Power inverter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Power inverter, atau inverter, Adalah merupakan konverter daya listrik yang mengubah arus searah (DC) menjadi alternating current (AC), AC dapat dikonversi pada setiap tegangan yang diperlukan dan frekuensi dengan penggunaan transformator, switching, dan kontrol sirkuit yang tepat. Inverter tidak memproduksi daya listrik sendiri, melainkan daya disediakan dari sumber arus searah (DC), yang merupakan input dari power inverter tersebut, dapat berupa batry atau akki. maupun dari sel Surya (solar Cell). Power inverter ini akan sangat bermanfaat, apabila di gunakan sebagai listrik cadangan, maupun sebagai listrik pada wilayah daerah, yg masih memiliki keterbatasan listrik AC. Karena dengan adanya power inverter ini, kita dapat menggunakan aki ataupun sel Surya, untuk menghidupkan peralatan pada keperluan rumah tangga, seperti Televisi, kipas angin, lampu, radio, kulkas, mesin cuci yang pada umumnya, masih selalu memerlukan sumber dari listrik AC, yang bertegangan 110 Volt AC ataupun 220 Volt AC.

BENTUK GELOMBANG YANG DI HASILKAN OLEH POWER INVERTER.

Bentuk gelombang yang dapat di hasilkan oleh power inverter ini.Adalah jenis gelombang persegi (square wave), gelombang sinus (sine wave), gelombang sinus yang di modifikasi (modified sine wave), dan gelombang modulasi pulsa lebar (Pulse width modulated wave). tergantung dari desain rangkaian power inverter tersebut. Namun pada saat ini, Power inverter dengan bentuk gelombang yang paling banyak di gunakan,ber bentuk gelombang sinus (sine wave) dan gelombang sinus yang di modifikasi(modified sine wave).

JENIS GELOMBANG YANG DI HASILKAN OLEH POWER INVERTER.

# Gelombang Square Sine Wave. Adalah jenis power inverter, gelombang sinyal yang berbentuk kotak.Sesuai namanya sinyal kotak ini, tidak cocok di gunakan untuk beban coil, serta tidak cocok untuk beban, trafo jenis tertentu. Inverter jenis ini juga disebut sebagai, power inverter jenis push-pull, dimana pada penggunaan untuk peralatan elektronika, seperti kulkas, power suply, tv, radio, kipas angin, cas hp. tidak di perkenankan, karena bisa merusak peralatan elektronika tersebut. Dan pada jenis power inverter, jenis gelombang kotak. Pada power inverter ini hanya, diperkenankan untuk penggunaan pada peralatan elektronika jenis lampu.

# Modified Sine Wave. adalah jenis power inverter, gelombang hasil dari modifikasi dari gelombang kotak (square Sine wave). Berbeda dengan jenis inverter sebelumnya, inverter ini memang bisa di pakai untuk beban coil. dan kekuranganya dari jenis power inverter ini kurang maksimal. Selain itu dari jenis gelombang yang di hasilkan pada inverter modifikasi, cenderung menyebabkan pemborosan daya pada skala yang lebih tinggi. Serta tidak di perkenankan pada penggunan peralatan elektronika seperti pada, audio power amplifier.

# Pure Sine Wave Inverter. Adalah jenis power inverter, yang terbaik dari jenis, yang lainnya pada power inverter. Karena dari jenis gelombang pure Sine wave ini. Bekerja maksimal pada semua peralatan elektronika, dimana dari gelombang pada power inverter ini gelombangnya murni, seperti yang di hasilkan oleh listrik PLN. Keunggulan jenis power inverter pure Sine wave ini, lebih efisiensi, dari daya yang dihasilkan. Serta lebih tinggi, karena daya yang di konsumsi lebih sedikit. Namun dari semua kelebihan, dari power inverter Puri Sine wave, Yang di tawarkan dipasaran, harganya yang masih relatif lebih mahal, dibanding, dari produk jenis power inverter yang lainnya, yang ada di pasaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • teknik elektronika.com