Orang keturunan India di Pulau Pinang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Warga Malaysia keturunan India di Penang
Malaysians of Indian descent in Penang
பினாங்கு இந்தியர்கள்
Kaum India di Pulau Pinang
Chulias
Sekelompok wanita Tamil di Provinsi Wellesley (sekarang dikenal sebagai Seberang Perai), Penang, 1907.
Jumlah populasi
166,000
10,0% dari total populasi Penang (2015)[1]
Daerah dengan populasi signifikan
 Malaysia (Georgetown dan Seberang Perai)
Bahasa
Tamil (Bahasa Tamil Malaysia) mayoritas/dominan, Hokkien,[2] Melayu Penang and English (Tanglish dan Manglish)
Bahasa India lainnya: Telugu, Punjabi, Malayalam
Agama
Hindu (terutama), Christianity, Sikhism, Islam, Buddhism, Baháʼí Faith, Jainism
Kelompok etnik terkait
Orang India Malaysia lain, Chetty, Chindia, Tamil Malaysia, Malayari Malaysias, Telugu Malaysia

Orang India Pulau Pinang (Tamil: பினாங்கு இந்தியர்கள்; Melayu: Kaum India di Pulau Pinang), juga dikenal sebagai Chulias, adalah warga Malaysia yang tinggal di Pulau Pinang dan berketurunan India . Banyak dari mereka adalah keturunan orang yang merantau dari India pada masa penjajahan Inggris di Malaya. Namun sumber sejarah membuktikan bahwa orang India tiba di Penang sejak masa Dinasti Chola. Suku ini terkenal karena pengaruhnya terhadap budaya masyarakat Penang.Selain itu, orang India di Penang termasuk kelompok etnis paling sukses di Malaysia. Hal ini dibuktikan dengan diangkatnya Prof. Dr. P. Ramasamy sebagai wakil menteri utama Penang[3] .Suku India Pulau Pinang membentuk sebagian besar komunitas profesional di negara bagian ini seperti bisnis, hukum,kedokteran dan politik. Juga, Sekolah Vernakular Tamil Pertama di Malaysia didirikan di Penang[4][5]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Komunitas tersebut juga dikenal dengan sebutan Chulia atau Chulier. Istilah 'Chulia' merupakan perubahan dari 'Chulier', yang pernah digunakan untuk menyebut orang India yang berasal dari daerah pesisir Tamil Nadu di India(Juga dikenali sebagai Cholamandalam). Wilayah tersebut dulunya adalah bagian dari Kerajaan Chola, oleh karena itu dinamakan 'Chulier'.[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Foto Pendeta Habb berkhotbah kepada orang India di Penang, diambil oleh Kristen Feilberg dan dipamerkan di Pameran Paris tahun 1867.

Sudah pada tahun 1790-an, Francis Light menyebut Chulias (yaitu orang-orang dari Pesisir Koromandel, India) sebagai pemilik toko dan buruh tani di Penang. Light memperkirakan sekitar dua ribu orang datang bekerja dengan cara ini setiap tahunnya. Namun, berbeda dengan orang Tionghoa, para buruh ini tidak menetap secara permanen di Penang. Mereka lebih memilih bekerja cukup lama untuk menghemat uang dan kemudian kembali ke keluarga mereka di India selatan. Kelompok migran ini terdiri dari ‘Adi Dravida’, sekelompok buruh miskin yang berasal dari daerah pedalaman di Tamil Nadu dan Andhra Desa yang menghadapi kekurangan pekerjaan di tanah air mereka, pergi ke luar negeri untuk bertahan hidup.

Suku Malabar, juga dikenal sebagai Malabaris, yang mayoritas beragama Islam dibawa ke Penang sebagai narapidana buruh. Mereka diketahui membangun jalan dan gedung pemerintahan di Penang. Migrasi suku Malabar ke Penang menyebabkan adanya tempat-tempat seperti Kampung Kaka dan Kampung Malabar di Penang.

Kelompok migran India lainnya adalah kelompok orang yang berasal dari daerah Delta Kaveri (dari Distrik Sivaganga di Madras) yang dikenal sebagai ‘Nattukottai Chettiars’ yang bekerja sebagai pemberi pinjaman uang.Kehadiran mereka di Penang membantu para pedagang, penambang, dan pekebun, karena para Chettiar ini mendapatkan modal kerja yang dibutuhkan karena tidak adanya bank yang efektif. Light juga mendorong migrasi komunitas Chettiar sebagai bagian dari rencananya untuk menciptakan ekonomi tunai di Penang.

Berbeda dengan migran Tamil, migran Telugu dari Pantai Coromandel bagian utara datang ke Penang bersama keluarganya. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang tidak bermigrasi kembali ke India setelah masa kerja mereka berakhir, namun tetap bekerja di perkebunan atau menjadi pedagang. Lebih dari 1.500.000 orang India selatan yang bekerja di perkebunan Malaya, lebih dari tiga perempatnya kembali ke India, hampir semuanya orang Tamil.

Selama pendudukan Jepang di Malaysia, Jepang membunuh sekitar 150.000+ warga Tamil India di Malaysia dan Burma di Burma setelah mereka dipaksa menjadi pekerja paksa dalam pembangunan Jalur kereta api Burma[7]

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa utama yang digunakan oleh orang India di Penang adalah dialek Tamil Malaysia, selain bahasa resmi negara dan bahasa nasional Malaysia (Bahasa Inggris juga digunakan dan dipahami secara luas). Telugu Malayalam dan Punjabi juga dituturkan oleh komunitas etnis Telugu, Malayalam dan Punjabi. Bahasa Urdu juga dituturkan oleh sejumlah kecil komunitas Muslim India. Etnis Jawi Peranakan, kelompok etnis kreol Muslim keturunan campuran India, Melayu, dan Arab yang sebagian besar berasal dari India, menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pertama mereka.Kelompok Muslim India lainnya yang dikenal sebagai Mamak menggunakan varian bahasa Melayu Penang (Pelat Utara) sebagai bahasa pertama.

Enklave atau daerah kantong[sunting | sunting sumber]

India Kecil[sunting | sunting sumber]

Penang Little India di kota George Town adalah daerah kantong India yang terkenal di Malaysia. Meliputi area sekitar Lebuh Queen, Lebuh Chulia dan Market Street. Lokasinya yang berada di pusat Penang Heritage Zone dan dekat dengan pusat keuangan utama Penang, Beach Street menjadikannya salah satu tempat belanja dan wisata paling terkenal di Penang di kalangan wisatawan lokal dan internasional.

Dhoby Ghaut[sunting | sunting sumber]

Dhoby Gaut terletak di kota George Town. Tempat ini juga dikenal sebagai Vannan Thora Tedal ('distrik binatu') di kalangan komunitas India setempat[8][9]. Letaknya di pertemuan Sungai Air Itam dan Sungai Air Terjun, tempat munculnya Sungai Pinang. Beberapa laundry masih beroperasi di sana. Banyak orang yang tinggal di sana bekerja di penyedia layanan binatu tradisional India yang telah beroperasi di sana dari generasi ke generasi.

Kampung Buah Pala[sunting | sunting sumber]

Kampung Buah Pala (dijuluki High Chaparral) adalah sebuah desa kecil di Penang, Malaysia yang sebagian besar dihuni oleh orang India di Gelugor. Desa berusia 200 tahun ini secara kontroversial dihancurkan pada tahun 2009 di bawah pemerintahan Lim Guan Eng.Penduduk tanah tersebut sebagian besar berasal dari India, yang merupakan buruh di perkebunan Brown, diberikan Lisensi Pendudukan Sementara (TOL) dengan membayar sewa tahunan atas tanah tersebut. Penduduknya menggembalakan ternak di lahan tersebut/\.[10]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Kulinari[sunting | sunting sumber]

Masakan India di Penang merupakan sebuah fenomena dalam masakan Malaysia. Hidangan seperti Nasi Kandar dan Roti Canai bukan hanya hidangan paling populer di Penang, tapi di seluruh Malaysia. Makanan India di Penang sangat dipengaruhi oleh masakan Chitty.

Festival[sunting | sunting sumber]

Salah satu festival terbesar di Penang adalah festival keagamaan Hindu yang disebut Thaipusam. Kuil Balathandayuthapani adalah titik fokus utama festival Hindu Thaipusam di Pulau Pinang dan Malaysia.[11]. Deepavali, lebih dikenal sebagai 'Festival Cahaya', adalah salah satu festival besar yang dirayakan di Pulau Pinang.Pemerintah negara bagian akan mengadakan open house dan jalan-jalan terutama di dekat India Kecil akan diterangi dengan lampu dekorasi selama festival ini.

Theppa Thiruvizha adalah festival pedati (Rata) terapung Hindu . Masi Magam Theppa Thiruvizha diadakann setiap tahun di Kuil Sri Singamuga Kaliamman.[12]

Orang Tamil merayakan festival panen Pongal.Perayaan serupa, yang dikenal sebagai Makar Sankranti, dirayakan oleh sebagian besar komunitas India lainnya dan orang Punjab menyebutnya sebagai Lohri. Suku india yang beragama Kristiani merayakan Hari Natal. Muslim India, Peranakan Jawi, dan Mamak merayakan Idul Fitri dan Idul Adha bersama dengan kelompok Muslim lainnya di negara tersebut

Literatur[sunting | sunting sumber]

Majalah Tamil pertama di Malaysia yang dikenal bernama Thangai Nesan diterbitkan pada tahun 1876. Dua majalah lainnya Ulaka Nesan dan Hindu Nesan diterbitkan masing-masing pada tahun 1887 dan 1888. Pada tahun 1887 sebuah buku berjudul Sathiya Vedha Sarithira Saaram (Esensi Alkitab) karya Palavendhiram Rayappan diterbitkan di Pulau Pinang. Pada tahun 1890, Pathaanandha Maalai (Karangan Bunga Pujian) diterbitkan oleh Mohamed Sultan Maraikkayar.Banyak dari buku dan majalah ini diproduksi oleh imigran India dan sebagian besar hasil sastranya berbentuk puisi dan beberapa penyair terkenal adalah Swami Ramadasar, Panaikkulam M. Abdul Majid dan N.Karim.

Pada awal tahun lima puluhan Tamil Murasu, sebuah harian Tamil Singapura, memulai suplemen pelajar yang disebut Maanavar Manimandra Malar. Ini berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi penulis pemula dalam bahasa Tamil di Pulau Pinang.

Beberapa asosiasi dibentuk di Penang untuk mempromosikan dan memupuk tulisan Tamil. Diantaranya adalah Klub Lonceng Pemuda Tamil, Perkumpulan Debat Valluvar, Perkumpulan Debat Bharathi, Senthamizh Kala Nilayam dan Asosiasi Penulis Tamil Malaya Utara.

Kontribusi signifikan dari Penang terhadap sastra Tamil Malaysia mencakup tulisan K. Sonaimuthu dengan beberapa biografi dan esainya, serta R. Karthigesu dengan novel-novelnya. Meskipun penulis seperti Karthigesu dan Seeni Naina Mohamed datang ke Penang dari negara bagian lain, Penang juga kehilangan beberapa penulis terkenalnya seperti M. Asan Gani, M. Sultan dan Karaikizhaar ke negara bagian lain.

Filem Bahasa Tamil dari Penang[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekolah bahasa Tamil pertama di Malaya (sekarang Malaysia) didirikan di Penang berdasarkan Undang-undang Perburuhan. Pada tahun 2014, pemerintah Penang mengajukan mosi untuk membuka sekolah menengah berbahasa Tamil pertama di Malaysia di Penang. Namun karena alasan politik usulan ini ditolak oleh pemerintah pusat.[13] Orang India Malaysia juga merupakan sebagian besar guru bahasa Inggris di Penang. Hukum dan kedokteran secara tradisional menjadi pilihan karier yang disukai oleh keluarga-keluarga India meskipun generasi muda India kini merambah ke bidang lain seperti teknik, keuangan, dan kewirausahaan.

Daftar sekolah bahasa Tamil di Penang[sunting | sunting sumber]

Konten yang diperluas

♦ SJK (Tamil) Ladang Jawi

♦ SJK (Tamil) Ladang Alma

♦ SJK (Tamil) Ladang Juru

♦ SJK (Tamil) Ladang Malakoff

♦ SJK (Tamil) Ladang Mayfield

♦ SJK (Tamil) Ladang Prye

♦ SJK (Tamil) Ramakrishna

♦ SJK (Tamil) Sungai Ara

♦ SJK (Tamil) Ladang Valdor

♦ SJK (Tamil) Sungai Bakap

♦ SJK (Tamil) Azad

♦ SJK (Tamil) Bayan Lepas

♦ SJK (Tamil) Bukit Mertajam

♦ SJK (Tamil) Ladang Byram

♦ SJK (Tamil) Nibong Tebal

♦ SJK (Tamil) Ladang Changkat

♦ SJK (Tamil) Ladang Sempah

♦ SJK (Tamil) Ladang Krian

♦ SJK (Tamil) Ladang Transkrian

♦ SJK (Tamil) Permatang Tinggi

♦ SJK (Tamil) Palaniandy

♦ SJK (Tamil) Mak Mandin

♦ SJK (Tamil) Perai

♦ SJK (Tamil) Jalan Sungai

♦ SJK (Tamil) Tasik Permai

♦ SJK (Tamil) Ladang Batu Kawan

♦ SJK(Tamil) Perak Sangeetha Sabah, Ipoh

♦ SJK (Tamil) Kerajaan, Jalan Sungai Pari, Ipoh

♦ SJK (Tamil) Ladang Yam Seng, Semanggol

♦ SJK (Tamil) Ladang Changkat Salak, Salak Utara

♦ SJK (Tamil) Ladang Selaba, Teluk Intan

♦ SJK (Tamil) Ladang Jendarata 1, Teluk Intan

♦ SJK (Tamil) Ladang Jendarata 2

♦ SJK (Tamil) Ladang Jendarata 3

♦ SJK (Tamil) Ladang Getah Taiping

♦ SJK (Tamil) Pangkor

♦ SJK (Tamil) Taman Desa Pinji

♦ SJK (Tamil) Kampung Tun Sambanthan, Ayer Tawar

♦ SJK (Tamil) Ladang Ayer Tawar

♦ SJK (Tamil) Ladang Cluny

♦ SJK (Tamil) Ladang Banopdane

♦ SJK (Tamil) Kampung Baru Matang

♦ SJK (Tamil) Ladang Sogomana

♦ SJK (Tamil) Kampong Colombia, Ayer Tawar

♦ SJK (Tamil) Flemington

♦ SJK (Tamil) Bandar Behrang

♦ SJK (Tamil) Batak Rabit

♦ SJK (Tamil) Jebong Lama

♦ SJK (Tamil) Ladang Kota Bahroe

♦ SJK (Tamil) Methodist Malim Nawar

♦ SJK (Tamil) Ladang Gapis

♦ SJK (Tamil) Nova Scotia 2

♦ SJK (Tamil) Ayer Tawar

♦ SJK (Tamil) Tapah

♦ SJK (Tamil) Khir Johari

♦ SJK (Tamil) Tun Sambanthan

♦ SJK (Tamil) Bharathy

♦ SJK (Tamil) Sungkai

♦ SJK (Tamil) Slim River

♦ SJK (Tamil) Slim Village

♦ SJK (Tamil) Tan Sri Dato' Manickavasagam

♦ SJK (Tamil) Tong Wah

♦ SJK (Tamil) Ladang Bidor Tahan

♦ SJK (Tamil) Bikam

♦ SJK (Tamil) Sungai Kruit

♦ SJK (Tamil) Ladang Sunkai

♦ SJK (Tamil) Trolak

♦ SJK (Tamil) Kelapa Bali

♦ SJK (Tamil) Ladang Behrang River

♦ SJK (Tamil) Ladang Katoyang

♦ SJK (Tamil) Ladang Cashwood

♦ SJK (Tamil) Maha Ganesa Viddyasalai

♦ SJK (Tamil) Chettiars

♦ SJK (Tamil) Pengkalan Baru

♦ SJK (Tamil) Ladang Huntly

♦ SJK (Tamil) Ladang Walbrook

♦ SJK (Tamil) Ladang Sungai Wangi 2

♦ SJK (Tamil) Mukim Pundut

♦ SJK (Tamil) Kampung Kayan

♦ SJK (Tamil) Beruas

♦ SJK (Tamil) Tanjong Rambutan

♦ SJK (Tamil) St. Philomena Convent

♦ SJK (Tamil) Perak Sangeetha Sabah

♦ SJK (Tamil) Kampung Simee

♦ SJK (Tamil) Gunong Rapat

♦ SJK (Tamil) Menglembu

♦ SJK (Tamil) Cangkat

♦ SJK (Tamil) Tronoh

♦ SJK (Tamil) Gopeng

♦ SJK (Tamil) Methodist, Buntong Ipoh

♦ SJK (Tamil) Ladang Chemor

♦ SJK (Tamil) Ladang Changkat Kiding

♦ SJK (Tamil) Klebang

♦ SJK (Tamil) Ladang Strathisla

♦ SJK (Tamil) Ladang Kinta Vally

♦ SJK (Tamil) Mambang Diawan

♦ SJK (Tamil) Kampar

♦ SJK (Tamil) Ladang Kampar

♦ SJK (Tamil) Ladang Selinsing

♦ SJK (Tamil) Kuala Kurau

♦ SJK (Tamil) Simpang Lima

♦ SJK (Tamil) Bagan Serai

♦ SJK (Tamil) Saint Mary's

♦ SJK (Tamil) Ladang Sungai Bogak

♦ SJK (Tamil) Ladang Gula

♦ SJK (Tamil) Ladang Chersonese

♦ SJK (Tamil) Ladang Jin Seng

♦ SJK (Tamil) Ladang Soon Lee

♦ SJK (Tamil) Arumugam Pillai

♦ SJK (Tamil) Ladang Kelumpong

♦ SJK (Tamil) Ladang Gedong

♦ SJK (Tamil) Ladang Sungai Biong

♦ SJK (Tamil) Mahathma Gandi Kalasalai

♦ SJK (Tamil) Gandhi Memorial

♦ SJK (Tamil) Ladang Kati

♦ SJK (Tamil) Ladang Gapis

♦ SJK (Tamil) Ladang Perak River Valley

♦ SJK (Tamil) Enggor

♦ SJK (Tamil) Ladang Elphil

♦ SJK (Tamil) Ladang Sungai Reyla

♦ SJK (Tamil) Ladang Dovenby

♦ SJK (Tamil) Thiruvalluvar

♦ SJK (Tamil) Sithambaram Pillay

♦ SJK (Tamil) Ladang Sussex

♦ SJK (Tamil) Netesa Pillay

♦ SJK (Tamil) Ladang Sungai Timah

♦ SJK (Tamil) Ladang Sabrang

♦ SJK (Tamil) Ladang Nova Scotia 1

♦ SJK (Tamil) Ladang Rubana 1

♦ SJK (Tamil) Ladang Teluk Buloh

♦ SJK (Tamil) Ladang Jendarata Bahagian Alpha Bernam

♦ SJK (Tamil) Ladang Flemington

♦ SJK (Tamil) Ladang Teluk Bharu

♦ SJK (Tamil) Ladang Kuala Bernam

♦ SJK (Tamil) Bagan Datoh

♦ SJK (Tamil) Ladang Strathmashie

♦ SJK (Tamil) Ladang New Coconut

♦ SJK (Tamil) Ladang Ulu Bernam 2

♦ SJK (Tamil) ladang Sungai Samak

♦ SJK (Tamil) Ladang Kamatchy

♦ SJK (Tamil) Kamunting

♦ SJK (Tamil) YMHA

♦ SJK (Tamil) St Teresa's Convent

♦ SJK (Tamil) Ulu Sepetang

♦ SJK (Tamil) Selama

♦ SJK (Tamil) Pondok Tanjung

♦ SJK (Tamil) Ladang Holyrood

♦ SJK (Tamil) Ladang Malaya

♦ SJK (Tamil) Ladang Sin Wah

♦ SJK (Tamil) Ladang Lauderdale

♦ SJK (Tamil) Ladang Matang

♦ SJK (Tamil) Kampong Baru

♦ SJK (Tamil) Ladang Allagar

♦ SJK (Tamil) Ladang Temerloh

♦ SJK (Tamil) Ladang Stoughton

♦ SJK (Tamil) Pengkalan Hulu

♦ SJK (Tamil) Gerik

♦ SJK (Tamil) Ladang Kota Lima

♦ SJK (Tamil) Ladang Glenealy

♦ SJK (Tamil) Ladang Serapoh

♦ SJK (Tamil) Ladang Buloh Akar

Daftar tokoh India Malaysia yang berasal dari Pulau Pinang[sunting | sunting sumber]

  • Abdul Malik Mydin, Perenang jarak jauh solo Malaysia. Ia terkenal sebagai orang Malaysia dan Asia Tenggara pertama yang berenang melintasi Selat Inggris pada 3 Agustus 2003.
  • Bishan Singh Ram Singh (1944–2006), aktivis sosial dan pemerhati lingkungan Malaysia.
  • Cecil Rajendra (1941–), penyair dan pengacara Malaysia
  • David Arumugam, anggota pendiri band Alleycats
  • Deborah Priya Henry (1985–), Miss Malaysia 2007
  • Faezah Elai (1982–), Pameran Malaysia
  • Gobind Singh Deo (1973–), pengacara dan politikus Malaysia terkemuka dan Anggota Parlemen Puchong, Selangor.
  • Jagdeep Singh Deo (1971–), Wakil Ketua Menteri Penang II, pengacara dan anggota dewan Partai Aksi Demokratik (Malaysia) untuk Dato Keramat, Penang.
  • Karpal Singh,pengacara dan politikus Malaysia terkemuka
  • Ambigapati Kishva (1990–), Ketua Dewan Pemuda Persemakmuran & Pembawa Gada Kerajaan Ulang Tahun ke-90 Ratu Elizabeth II
  • Krishnamurthi Muniandy (1980–), pemain kriket Malaysia
  • Loganathan Arumugam (1952–2007), anggota pendiri band Alleycats.
  • M. Manogaran (1959–), politikus Malaysia
  • Nicol David (1983–), pemain squash no.1 dunia
  • G. Palanivel,politikus Malaysia
  • Peter Pragas (1926–2014), komposer dan musisi Malaysia
  • D. S. Ramanathan, walikota pertama kota George Town dan pendiri Partai Buruh Malaya
  • Ramkarpal Singh,pengacara dan politikus Malaysia terkemuka
  • Syed Thajudeen (1943–), pelukis terkenal Malaysia
  • Vanessa Raj, pemain squash profesional
  • Vanida Imran, Pameran dan pembawa acara televisi
  • S. Veenod (1988–), pesepakbola Malaysia.
  • Vijay Eswaran (1960–), pengusaha Malaysia

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Population by States and Ethnic Group". Department of Information, Ministry of Communications and Multimedia, Malaysia. 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 February 2016. Diakses tanggal 12 February 2015. 
  2. ^ "Saving the Penang Hokkien language, one word at a time - Malay Mail". 
  3. ^ Kuppusamy, Baradan (20 March 2008). "Dr P. Ramasamy – from critic to Penang No. 2". The Star. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 June 2011. Diakses tanggal 21 December 2009. 
  4. ^ "Tamil Schools |". Mynadi.wordpress.com. 24 July 2009. Diakses tanggal 2016-09-30. 
  5. ^ "Tamil Schools: The Cinderella of Malaysian Education". Aliran.com. Diakses tanggal 2016-09-30. 
  6. ^ "The Chulias of Penang". NST. Diakses tanggal 2023-11-24. 
  7. ^ "The real Kwai killed over 1.50 lakh Tamils". The Hindu. 27 August 2016. Diakses tanggal 30 January 2017.  Retrieved 30 January 2017
  8. ^ "08 June 2010 - Curtain to fall on the dhobi men of Penang's Lebuh Ghaut - Features - My Sinchew". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2016-02-22. 
  9. ^ Khoo, Salma Nasution (2007). Streets of George Town, Penang. ISBN 9789839886009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-14. Diakses tanggal 2021-01-23. 
  10. ^ Dermawan, Audrey (21 March 2016). "Save Penang's traditional villages". New Straits Times. Diakses tanggal 19 July 2022. 
  11. ^ Administrator II. "Thaipusam 2013 at the Arulmigu Balathandayuthapani Temple - The Largest Lord Murugan Temple outside of India". visitpenang.gov.my. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 August 2014. Diakses tanggal 30 July 2014. 
  12. ^ Dermawan, Audrey (21 March 2016). [https:https://www.thestar.com.my/news/nation/2023/03/08/floating-chariot-festival--returns--after-two-years "Save Penang's traditional villages"]. Star Online. Diakses tanggal 19 July 2022. 
  13. ^ "Putrajaya shoots down Tamil secondary school proposal in Penang - the Malaysian Insider". www.themalaysianinsider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 March 2014. Diakses tanggal 17 January 2022.