One Day in the Haram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


One Day in the Haram
SutradaraAbrar Hussain
ProduserAbdululeh Al Ahmary
Ditulis olehAbrar Hussain
Penata musikAbdullah Rolle
SinematograferAbrar Hussain
PenyuntingAbdullah Alharazy
Perusahaan
produksi
Arabia Pictures
Tanggal rilis
September 2017[1]
Durasi85 Menit
NegaraArab Saudi
BahasaArab
Anggaran$266,652[2]

One Day in the Haram adalah film dokumenter panjang tahun 2017 tentang Masjidil Haram di Makkah. Film ini diproduksi sebagai kolaborasi antara Arabia Pictures dan Al Reasah Haramin.[3] Untuk pertama kalinya dalam sejarah, saksikan cara kerja Masjidil Haram, seperti yang terlihat melalui mata para pekerja,[2] selama periode sehari penuh. Direktur Abrar Hussain menghabiskan lebih dari setahun untuk meneliti berbagai aspek Haram,[3] tempat yang begitu dihormati sehingga non-Muslim bahkan dilarang menginjakkan kaki di dalamnya, untuk memberikan gambaran lengkap tentang cara kerja Haram.[4]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara dengan Twasul,[5] Produser Eksekutif Abdululeh Al Ahmary mengatakan bahwa karya tersebut datang atas "inisiatif Penjaga Dua Masjid Suci, khususnya oleh Presidennya, Dr. Abdul Rahman Al-Sudais, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat modern. Haram, dan untuk menyebarkan citra sejati umat Islam, budaya mereka, dan definisi tempat tersuci di Bumi".[3] Al Ahamary melanjutkan, "Tujuan dari karya ini juga untuk menunjukkan dedikasi dan keimanan, selain untuk menanamkan kedamaian di hati para penonton film."[3]

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Abrar Hussain, seorang produser film Inggris. Sebelumnya menjadi Produser Serial di Islam Channel, Hussain menyutradarai dan memproduksi acara TV populer Model Mosque (2007) dan Faith Off (2008). Hussain mempresentasikan final Model Masjid di acara Global Peace and Unity (GPU) pada tahun 2007, di depan 30.000 penonton langsung. Juri pada acara Masjid Model termasuk Salma Yaqoob dan Iqbal Saccranie. Model Mosque dan Faith Off diterima secara positif oleh media arus utama, bersama BBC One,[6] The Guardian[7] dan ABC News Australia.[8] melaporkan secara positif acara itu.

Hussain memulai pra-produksi One Day in the Haram pada Juni 2015. Penelitian awal termasuk bekerja sama dengan departemen media Haram Al-Reasah Haramain. Dalam sebuah wawancara dengan Arab News, Hussain mengatakan dia "ingin menunjukkan seberapa sukses masjid dijalankan, seberapa terorganisir departemennya, dan seberapa serius para pekerjanya menjalankan pekerjaan mereka".[2] Sebagai bagian dari penelitian, Hussain melakukan analisis terperinci terhadap 60 departemen berbeda di dalam Masjidil Haram, dan mewawancarai banyak karyawan dari departemen ini, untuk memastikan departemen dan karyawan mana yang paling cocok untuk film tersebut.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

One Day in the Haram adalah film tentang Haram, diceritakan dari sudut pandang para pekerja.[2] Para pekerja mewakili wajah manusia dari Haram, dan film tersebut mengeksplorasi pekerjaan yang mereka lakukan serta motivasi spiritual para karyawan. Hussain menyelenggarakan film tersebut di seluruh sholat lima waktu (Subuh, Duhur, Ashar, Maghrib & Isya) berfokus pada pekerjaan yang dilakukan oleh berbagai departemen Masjidil Haram dalam kerangka waktu ini.

Adegan kunci termasuk fokus pada media sosial haram, departemen kebersihan, Imam, air ZamZam, urusan agama, pemeliharaan, departemen IT, dan kain Kiswah.

Film ini diperkenalkan oleh Presiden Penjaga Dua Masjid Suci, Dr. Abdul Rahman Al-Sudais.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sutradara, Abrar Hussain, memfilmkan film dokumenter One Day in the Haram dari sebuah helikopter. Masjid al-Haram dalam tampilan penuh.
Sutradara, Abrar Hussain

Kru produksi One Day in the Haram terdiri dari dua unit kamera dan 25 anggota kru secara keseluruhan. Film ini dibuat dengan Arri Alexa Mini dan campuran lensa zoom Fujinon dan lensa prima Zeiss CP2. Film ini diambil pada resolusi 4K, dengan banyak urutan yang difilmkan dalam gerakan lambat pada 200 FPS.

Selain syuting darat, produksi memperoleh izin untuk empat penerbangan helikopter atas wilayah udara Makkah.[4] Film ini juga menampilkan pembuatan film drone terbang rendah, menggunakan DJI Matrice 600 dan DJI Inspire.

Penggunaan di media[sunting | sunting sumber]

Cuplikan Film ini juga ditampilkan dalam Transisi Video Azan Subuh & Maghrib di SCTV saat Bulan ramadan 2018.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "One Day in the Haram - Official Trailer | فيلم يوم في الحرم - تشويقة". YouTube. Diakses tanggal 9 August 2017. 
  2. ^ a b c d "'One Day in the Haram' documentary to debut soon". Arab News (dalam bahasa Inggris). 2017-08-11. Diakses tanggal 2017-08-16. 
  3. ^ a b c d ""تواصل" تكشف تفاصيل أضخم عمل سينمائي "يوم في الحَرَم" | صحيفة تواصل الالكترونية" [“Tawasul”| mengungkap detail karya sinematik terbesar “A Day in the Haram | surat kabar elektronik Tawasul]. twasul.info (dalam bahasa Arab). Diakses tanggal 2017-08-08. 
  4. ^ a b KhalidZaheer.com. "Khalid Zaheer: Non-muslims not allowed in Mecca/Madina". www.khalidzaheer.com. Diakses tanggal 2017-08-08. 
  5. ^ Twasul
  6. ^ BBC. "Model Mosque" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-08. 
  7. ^ Butt, Riazat; correspondent, religious affairs (2007-10-06). "Faith meets reality TV in contest to find the best mosque in Britain". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2017-08-08. 
  8. ^ "Muslim mosques get the 'Idol' treatment" (dalam bahasa Inggris). ABC News. 2007-11-30. Diakses tanggal 2017-08-08. 
  9. ^ Adzan Maghrib SCTV (2018) HD di YouTube

Pranala luar[sunting | sunting sumber]