ABC News (Australia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ABC News
Divisi dari Australian Broadcasting Corporation
IndustriMedia penyiaran
Didirikan1 Juni 1947; 76 tahun lalu (1947-06-01)
Kantor
pusat
ABC Ultimo Centre
700 Harris Street, Sydney, New South Wales, Australia
Wilayah operasi
Australia, Seluruh dunia
Tokoh
kunci
  • Justin Stevens
  • (Direktur Berita, Analisis & Investigasi)
  • Craig McMurtrie
  • (Direktur Redaksi)
JasaTelevisi, radio, media online
IndukAustralian Broadcasting Corporation
Situs webwww.abc.net.au/news/

ABC News, atau ABC News and Current Affairs, adalah layanan berita publik yang diproduksi oleh Australian Broadcasting Corporation. Disiarkan di Australia dan seluruh dunia, layanan ini mencakup berita baik itu lokal maupun dunia. Divisi organisasinya, yakni ABC News, Analysis and Investigations. Bertanggung jawab atas semua pengumpulan dan peliputan berita di berbagai platform televisi, radio, dan media online milik Australian Broadcasting Corporation. Beberapa layanan yang termasuk dalam naungan divisi ini adalah ABC News TV channel (sebelumnya bernama ABC News 24); program berita radio yang sudah berjalan lama, AM, The World Today, dan PM; ABC NewsRadio, sebuah saluran radio berita yang tayang selama 24 jam secara berkesinambungan; serta buletin berita radio dan program-program di ABC Local Radio, ABC Radio National, ABC Classic FM, dan Triple J.

ABC News Online memiliki kehadiran online yang luas yang mencakup berbagai laporan berita tertulis dan video yang tersedia melalui ABC Online, aplikasi seluler ABC News (ABC Listen), podcast, dan sebagai tambahan, semua program televisi berita ABC yang tersedia melalui platform video-on-demand, ABC iview.

Hingga tahun 2021, situs web ABC News mencakup ABC Sport, ABC Health, ABC Science, ABC Arts & Culture, ABC Fact Check, ABC Environment, dan berita dalam bahasa lain.

Justin Stevens ditunjuk sebagai direktur divisi ini pada tanggal 31 Maret 2022.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak pendiriannya pada tahun 1932, radio ABC mendapatkan berita dari berbagai sumber, termasuk berita kabel dari London,[1] kantor biro yang dimilikinya di Eropa, Timur Tengah, Yunani, hingga Asia Pasifik.

Penyensoran marak terjadi selama perang, terutama setelah AS memasuki konflik pada 7 Desember 1941. Setelah Jenderal Douglas MacArthur mendirikan markas besarnya di Australia, ia memegang kekuasaan yang sangat besar, terutama dalam hal penyensoran. Antaranya, ia menyatakan bahwa setiap stasiun radio Australia hanya akan menyiarkan tiga buletin berita per hari dan akan disiarkan secara simultan di semua stasiun (ABC dan komersial) pada pukul 7.45 pagi, tengah hari, dan 7.00 malam.[2] Prakiraan cuaca dilarang karena dirasa dapat memberikan informasi yang dapat membantu musuh.[3]

Buletin pukul 7.45 pagi adalah satu-satunya buletin yang tidak dimulai pada jam atau setengah jam. Hebatnya, buletin 7.45 ini terus terdengar di stasiun ABC Local Radio hingga tanggal 19 September 2020. Oleh karena itu, wajar jika dikatakan bahwa efek penyensoran pada masa perang masih terasa di Australia hingga tahun 2020.[4][5][6]

Pemberitahuan[7] dikeluarkan untuk melarang stasiun radio menyiarkan beberapa peristiwa besar di masa perang, akan tetapi karena pemerintah federal tidak memiliki kekuasaan yang besar terhadap media cetak seperti halnya terhadap radio, maka surat kabar biasanya memberitakan peristiwa-peristiwa yang tidak boleh diberitakan oleh radio.[3][8]

ABC meluncurkan buletin berita independen pertamanya pada tanggal 1 Juni 1947 setelah bertahun-tahun bernegosiasi dengan Pemerintah Australia.[9]

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Divisi ini bertanggung jawab atas semua pengumpulan berita dan produksi berita untuk ABC television, ABC network of radio stations, dan layanan online-nya. Pada tahun 2018, diperkirakan bahwa berita dan berita terkini ABC online menjangkau sekitar 4,8 juta pengguna di Australia setiap bulannya.[10] Hingga 2021, situs web ABC News mencakup ABC Sport, ABC Health, ABC Science, ABC Arts & Culture, ABC Fact Check, ABC Environment dan berita dalam bahasa-bahasa lain.[11]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ABC History | About the ABC". ABC News. Diakses tanggal 15 Maret 2023. 
  2. ^ Walker, R.R., The Magic Spark - 50 Years of Radio in Australia, 1973, The Hawthorn Press, Melbourne
  3. ^ a b McLaughlin, Bill, From Wireless to Radio: The 3DB Story, The Herald and Weekly Times Limited Melbourne, 1985
  4. ^ "That was the news: A sad farewell to the ABC's 7:45am bulletin". 
  5. ^ "ABC to cut 250 jobs, dump 7.45am radio news bulletin and axe ABC Life brand". TheGuardian.com. 24 Juni 2020. 
  6. ^ "RIP ABC 0745 News bulletin". 23 Juni 2020. 
  7. ^ ini adalah D-Notice dalam segala hal kecuali nama, meskipun nama tersebut telah digunakan di Britania Raya sejak tahun 1912. Istilah ini pertama kali digunakan di Australia pada tahun 1952.
  8. ^ Griffen-Foley, Bridget, Changing Stations - The Story of Australian Commercial Radio, UNSW Press, 2009, Sydney
  9. ^ Staff reporter (2020-05-31). "From the Archives, 1947: ABC launches independent news service". The Sydney Morning Herald (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-08. 
  10. ^ Australian Broadcasting Corporation (2018). Yours Now & Into the Future: Annual Report 2018 (PDF) (Laporan). hlm. 8,49. 
  11. ^ "ABC News website". ABC (Australian Broadcasting Corporation). Australian Broadcasting Corporation. 25 Juni 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Juni 2021. Diakses tanggal 15 Maret 2023. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]