Arab News

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Arab News
Arab news Logo L Apr 2018.png
Tipekoran harian
FormatLembar lebar
PemilikTurki bin Salman Al Saud
PendiriSaudi Research and Marketing Group (SRMG)
PenerbitSaudi Research and Publishing Company
RedaksiMohammed Fahad Al Harthi
Didirikan20 April 1975; 44 tahun lalu (1975-04-20)
BahasaInggris
PusatJeddah, Arab Saudi
Sirkulasi surat kabar51,481[1]
Surat kabar saudariAl Eqtisadiah[2]
Asharq al Awsat[3]
ISSN0254-833X
Nomor OCLC4574467
Situs webArab News
Old Logo up to 31. March 2018

Arab News adalah koran harian berbahasa Inggris yang di terbitkan di Arab Saudi. Diterbitkan secara bersamaan di Jeddah, Riyadh, dan Dammam.[4] Target dari berita yang diterbitkan dalam lembar lebar adalah pengusaha, eksekutif dan diplomat .[5][6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Arab News didirikan di Jeddah pada 20 April 1975 oleh Hisham Hafiz dan saudaranya Mohammad Hafiz.[7][8][9] Ini adalah koran harian pertama berbahasa Inggris yang diterbitkan di Arab Saudi.[10] Arab News juga publikasi pertama dari SRPC.[11] Koran harian ini dinamai bersama-sama oleh Kamal Adham, Hisham Hafiz dan Turki bin Faisal.[12]

Koran ini adalah salah satu dari dua puluh sembilan publikasi yang diterbitkan oleh Saudi Research and Publishing Company (SRPC), anak perusahaan dari Saudi Research and Marketing Group (SRMG).[13] Maka dari itu SRMG dan Arab News dipimpin oleh Turki bin Salman Al Saud.[14]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Meskipun koran dimiliki oleh SMRG yang dekat dengan pemerintah Saudi, ada beberapa insiden di mana wartawan koran diberhentikan oleh pemerintah. Pada Maret 1992, pemimpin redaksi dari Arab News, Khalid Almeena sempat dipecat karena mencetak ulang wawancara dengan pemimpin Muslim Mesir Sheikh Omar Abdul-Rahman yang telah diterbitkan dalam Harian AS.[15]

Insiden kontroversial lainnya terjadi pada bulan April 2007, ketika wartawan Fawaz Turki dipecat karena menerbitkan kolom pada kekejaman Indonesia selama Pendudukan Timor Timur 1975-1999.[16] Ia juga melaporkan bahwa Turki sebelumnya telah diperingatkan oleh pemerintah Saudi terkait untuk menghentikan kritik mengenai Presiden Mesir, Hosni Mubarak.[17]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saudi Arabia". Press References. Diakses tanggal 16 May 2012. 
  2. ^ "Al Fayez Appointed Al Eqtisadiah Editor". Arab News. 19 July 2003. Diakses tanggal 10 May 2012. 
  3. ^ "The Saudi Press: Profiles of Individual Papers". Wikileaks. Diakses tanggal 8 April 2012. 
  4. ^ "Arab Media Review: Anti-semitism and other trends" (PDF). Anti-Defamation League (ADL). July–December 2010. Diakses tanggal 16 May 2012.  (Archive)
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama sppc
  6. ^ "Khashoggi, Jamal". Biographical Encyclopedia of the Modern Middle East and North Africa. 1 January 2008. Diakses tanggal 15 October 2013.  – via Questia (perlu berlangganan)
  7. ^ "Biography". Hisham Ali Hafiz. Diakses tanggal 22 May 2012. 
  8. ^ "Arab News Website". Numu Multimedia. Diakses tanggal 5 June 2012. 
  9. ^ Alterman, Jon B. (1998). "New Media New Politics?" (PDF). The Washington Institute. 48. Diakses tanggal 7 April 2013.  (Archive)
  10. ^ Ramnarayan, L. (22 April 2005). "Phases, faces and paces". Arab News. Diakses tanggal 12 May 2012. 
  11. ^ "Publications". Saudi Research and Publishing Company. Diakses tanggal 1 May 2012. 
  12. ^ Al Faisal, Turki (20 April 2010). "'Arab News: Mother of all SRMG publications'". Arab News. Diakses tanggal 7 April 2013. 
  13. ^ Rajasingham, K.T. (10 October 2011). "Khaled A. Almaeena – The bastion of modern Saudi Arabia". Asian Tribune. Diakses tanggal 11 May 2012. 
  14. ^ "Saudi Research and Marketing Group appoints new chairman". Al Arabiya. 10 February 2013. Diakses tanggal 12 February 2013. 
  15. ^ Affendi, Abdelwahab (Summer 1993). "Eclipse of Reason: The Media in the Muslim World". Journal of International Affairs. 47 (1). Diakses tanggal 29 September 2013.  – via Questia (perlu berlangganan)
  16. ^ Karin Deutsch Karlekar; Eleanor Marchant (2008). Freedom of the Press 2007: A Global Survey of Media Independence. Rowman & Littlefield. hlm. 263. ISBN 978-0-7425-5582-2. Diakses tanggal 26 January 2014. 
  17. ^ "2007 Annual Report. Middle East and North Africa" (PDF). Reporters without borders. 2007. Diakses tanggal 19 May 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]