Nodosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Nodosaurus
Periode Kapur Akhir, 99.7–86.3 jtyl

Vertebra dan zirah dari spesimen holotipe

Nodosaurus (berarti "kadal menonjol") adalah genus dari dinosaurus ankylosauria nodosauridae herbivor yang hidup pada periode Kapur Akhir. Fosilnya secara eksklusif hanya ditemukan di Formasi Frontier, Wyoming.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pelvis dari spesimen holotipe
Skat dari spesimen holotipre

Nodosaurus dapat tumbuh hingga panjang 4 hingga 6 meter. Nodosaurus merupakan dinosaurus ornithischia dengan plat dermal bertulang yang menutupi punggunggnya, dengan kemungkinan adanya duri di sisinya. Plat dermal ini tersusun dalam pola pita disekujur tubuhnya, dengan pita ramping diatas iga berselang-seling dengan plat yang lebih lebar. Plat lebar tersebut ditutupi oleh susunan tonjolan bertulang, yang memberi hewan ini nama ilmiahnya.[1] Pada 2010, Gregory Scott Paul mengestimasikan panjang dari dinosaurus ini yaitu 6 meter, dengan beart 3.5 ton.[2]

Hewan ini memiliki empat kaki pendek dengan lima jari, leher yang pendek, dan ekor yang panjang, kaku yang tak bergada. Kepalanya ramping dengan moncong yang lancip, rahang yang kuar, dan gigi yang kecil.[1] Nodosaurus kemungkinan memakan tumbuhan halus, dan tidak bisa menguyah materi tumbuhan yang lebih berserat, atau mereka memproses hal tersebut dengan bantuan gastrolit dan sistem pencernaannya yang besar.

It had four short legs, five-toed feet, a short neck, and a long, stiff, clubless tail. The head was narrow, with a pointed snout, powerful jaws, and small teeth. It perhaps ate soft plants, as it would have been unable to chew tough, fibrous ones; or alternatively it may have processed the latter with gastroliths and its enormous intestinal apparatus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Palmer, D., ed. (1999). The Marshall Illustrated Encyclopedia of Dinosaurs and Prehistoric Animals. London: Marshall Editions. hlm. 158–159. ISBN 1-84028-152-9. 
  2. ^ Paul, Gregory S. (2010). The Princeton Field Guide to Dinosaurs. New Jersey: Princeton University Press. hlm. 236.