Pinacosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pinacosaurus
Periode Kapur Akhir, 80–75 jtl

P. mephistocephalus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoOrnithischia
FamiliAnkylosauridae
GenusPinacosaurus
Tata nama
Sinonim takson
  • Pinacosaurus ninghsiensis
    Young, 1935
  • Heishansaurus pachycephalus?
    Bohlin, 1953
  • Syrmosaurus viminocaudus
    Maleev, 1952
Spesies
  • P. grangeri Gilmore, 1933 (type)
  • P.? mephistocephalus Godefroit et al., 1999

Pinacosaurus ("kadal papan") adalah sebuah genus dinosaurus ankylosauria dari periode Kapur Akhir, dari wilayah yang sekarang menjadi Mongolia dan Tiongkok. Dinosaurus ini hidup 80 sampai 75 juta tahun lalu, dan pertamakali ditemukan pada 1923.[1]

Genus ini memiliki dua sampai lima lubang tambahan didekat masing-masing lubang hidungnya, yang fungsinya masih belum diketahui.

Hewan ini merupakan genus ankylosauria berukuran sedang, dengan panjang sekitar 5 meter, dan berat 2 ton. Tubuhnya datar dan terposisikan rendah.

Kepalanya dilindungi dengan "papan" lempengan tulang, yang menjadi alasan namanya. Leher, punggung dan ekornya dilindungi oleh osteoderm. Hewan ini juga secara aktif dengan godam ekornya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gilmore C.W. 1933. Two new dinosaurian reptiles from Mongolia with notes on some fragmentary specimens. American Museum Novitates 679: 1–20.
  2. ^ Hill R.V; Witmer L.W. & Norell M.A. 2003. A new specimen of Pinacosaurus grangeri (Dinosauria: Ornithischia) from the Late Cretaceous of Mongolia: ontogeny and phylogeny of Ankylosaurs. American Museum Novitates 3395: 1–29.