Ngoro, Jombang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
NGORO
Kecamatan
centerhttp://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Ngoro,_Jombang&action=edit#
Peta lokasi Kecamatan NGORO
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenJombang
Luas49,86 km²
Kepadatan1.315 jiwa/km²
Desa/kelurahan13

Ngoro adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia. Terletak di bagian selatan Kabupaten Jombang, berbatasan pula dengan wilayah Kabupaten Kediri. Ngoro merupakan persimpangan jalur dari Jombang menuju Malang dan Kediri. Dahulu Ngoro juga merupakan pusat kawedanan, yang merupakan perkumpulan kecamatan dari kecamatan: Ngoro, Bareng, Mojowarno, dan Wonosalam. Saat ini merupakan pusat Sub Satuan Pengembangan Wilayah (SSWP) Ngoro.

Ngoro juga dikenal karena industri makanan ringan dan minumannya. Selain itu terdapat sentra pembuatan tas wanita yang sangat terkenal sampai ke mancanegara.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan di Ngoro sudah baik, bahkan paling berprestasi di Kabupaten Jombang. Pendidikan dari TK, Playgroup, SD, SDI, MI, SMP, SMPI, MTs., SMA, SMAI, SMK swasta sudah banyak di wilayah Ngoro.

Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • SDN Badang 1, Jl. Penanggungan 104, Badang, Ngoro, Jombang
  • SMP Negeri 1 Ngoro Jombang: tahun pelajaran 2009 / 2010 kemarin pada Ujian Nasional mendapat peringkat 1 di Kabupaten Jombang dan pada tahun pelajaran 2013/2014 mendapat peringkat 1 dan 2 di kabupaten Jombang.
  • SMA Negeri Ngoro adalah salah satu SMA yang terdapat program bahasanya dan memiliki kolam renang sendiri di Kabupaten Jombang

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Komunitas di Ngoro Jombang cukup banyak, mulai dari karang taruna, komunitas barista, komunitas barang antik dan sebagainya. Komunitas yang cukup terkenal yakni:

Liswas[sunting | sunting sumber]

Di Ngoro banyak para seniman lukis, penyair, pemusik, sutradara film maker, dan esais. Komunitas ini diwadahi dalam kelompok Lingkar Studi Warung Sastra (Liswas) yang berdiri sudah sejak tahun 2008. Liswas sendiri diketuai oleh Aditya Ardi N Penyair (Guru SD Kristen Mojowarno), pemuda terpelajar tinggal di Gresikan dan diwakili oleh Vico Taufikul Huda (Guru SMK Muhammadiyah Ngoro). Setiap satu bulan sekali Liswas membuat program diskusi bertajuk Ngopi Sastra, isu yang dimunculkan bermacam-macam tema; seputar sastra, film, musik, seni pahat, seni lukis, cultur studies, dan budaya tradisi lain. Kelompok Liswas sendiri kebanyakan dari latar belakang anak-anak SMP, SMA, Mahasiswa/wi, dan pemuda kampung.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ngoro memiliki berbagai fasilitas seperti pasar Ngoro yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat setempat. Berbagai swalayan seperti Indomart, Alfamart sudah tersedia di Ngoro dan sarana prasarana transportasi sudah menjadi penunjang kehidupan bagi masyarakat Ngoro.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Aditya Ardi N (Penyair Indonesia), tinggal dan berkarya di Gresikan. Sudah lebih dari 7 judul buku yang sudah diterbitkan
  • Vico Taufiqul Huda (Cerpenis Nasional), tinggal di Desa Badang sekaligus Guru SMK Muhammadiyah Ngoro