Nederlandsche Cocaïnefabriek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Detail rencana arsitek untuk perluasan pabrik tahun 1902
Pekerja di Jawa mengolah daun koka

Nederlandsche Cocaïnefabriek (pelafalan dalam bahasa Belanda: [ˈneːdərlɑntsə koːkaːˈinəfaːˌbrik]; bahasa Indonesia: Pabrik Kokain Belanda) atau NCF adalah perusahaan yang berbasis di Amsterdam yang memproduksi kokain untuk keperluan medis pada abad ke-20. Itu mengimpor bahan bakunya terutama dari Hindia Belanda dan menjual produknya ke seluruh Eropa, menghasilkan keuntungan besar terutama di tahun-tahun awal Perang Dunia I. NCF juga memproduksi morfin, heroin, dan efedrin.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1875, tanaman koka pertama dipindahkan dari Brasil ke kebun raya kolonial "'s Lands Plantentuin te Buitenzorg" di Jawa.[1] Tak lama setelah itu, produksi komersial dimulai di Jawa, Madura dan Sumatera. Daun koka diekspor, terutama ke Jerman, melalui Koloniale Bank di Amsterdam. Pedagang hasil pertanian ini memindahkan antara 34 dan 81 ton daun setiap tahun dari tahun 1892 hingga 1900. Karena meningkatnya permintaan dan pasokan yang stabil, Koloniale Bank memutuskan untuk memulai produksi kokain di Amsterdam dan mendirikan Nederlandsche Cocaïnefabriek pada 12 Maret 1900. Produksi dimulai di gedung yang dirancang oleh Herman Hendrik Baanders. Bangunan tersebut diperluas pada tahun 1902, namun pada tahun 1909 pabrik dipindahkan ke lokasi lain. Kokain dijual sebagai obat untuk berbagai penyakit dada dan paru-paru, tetapi juga digunakan sebagai obat rekreasional. NCF segera menjadi salah satu produsen kokain utama di Eropa.[1]

Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, NCF mengambil keuntungan dari Perang Dunia I dengan mengambil alih pasar yang didirikan oleh pemimpin pasar Jerman Merck, yang terkena larangan ekspor.[2] Larangan Belanda untuk menjual pasokan medis kepada pihak yang bertikai diberlakukan, tetapi NCF mendapat pengecualian. NCF telah menjual sebagian kokainnya ke Burroughs Wellcome & Co, yang menggunakannya dalam Forced March, sebuah produk yang diiklankan dengan: "Menghilangkan rasa lapar dan memperpanjang daya tahan". Kokain dan opium dengan mudah tersedia untuk tentara misalnya di distrik kehidupan malam London West End, sampai mereka dilarang dan dibawa di bawah Defense of the Realm Act pada tahun 1916.[3] Pada tahun 1917 perang kapal selam tak terbatas membuat impor luar negeri hampir terhenti, mempengaruhi NCF serta yang lainnya.

Zat yang dikendalikan[sunting | sunting sumber]

Konferensi di Shanghai (1909) dan Den Haag (1912) meletakkan dasar untuk pengendalian narkotika. Dalam Hukum Opium Belanda tahun 1919 kokain menjadi zat yang dikendalikan. Untuk NCF ini berarti harus mendapatkan izin untuk memproduksi dan menjual - dan memang demikian. Pada awal 1920-an NCF memproduksi 20% kokain dunia. Di Konvensi Jenewa tahun 1925, sebuah sistem sertifikat diputuskan, untuk mengatur ekspor hanya kokain medis dan ilmiah saja. Di Belanda, pembatasan hukum lebih lanjut diberlakukan pada tahun 1928 untuk membatasi penjualan kokain untuk penggunaan medis. Ini juga mempengaruhi NCF, tetapi karena tidak semua negara sekitarnya meratifikasi keputusan Konvensi (segera), beberapa penjualan kokain bebas terus berlanjut. Namun pada tahun 1930, kokain telah menjadi produk marjinal dan NCF beralih ke produk lain.[2]

Tahun-tahun berikutnya[sunting | sunting sumber]

Pada awal 1930-an NCF mulai memproduksi opiat seperti morfin dan kodein untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh pasar kokain yang menghilang. Namun, situasi pasar untuk produk-produk ini tidak positif, dan marginnya kecil.[4] Saat pecahnya Perang Dunia II, NCF melihat peningkatan keuntungan dari opiatnya, karena kekurangan pasar. Di bawah pendudukan Jerman, NCF memproduksi efedrina, tetapi kekurangan bahan mentah segera mempengaruhi perusahaan.

Setelah perang, produksi meningkat lagi, dengan jerami opium diimpor dari Turki dan Yugoslavia untuk memproduksi morfin dan opiat lainnya. Pada tahun 1962 saham perusahaan diakuisisi oleh KZO.[5] Segera setelah KZO dapat membeli VPF pesaing utama Belanda, NCF juga. KZO mengatur ulang dan menggabungkan produksi keduanya, menutup fasilitas Amsterdam. Pada tahun 1975 Nederlandsche Cocaïnefabriek berganti nama menjadi NCF Holding BV, sebuah perusahaan yang dipegang oleh AkzoNobel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Roersch van der Hoogte, A. and Pieters, T. (2013); From Javanese Coca to Java Coca: An Exemplary Product of Dutch Colonial Agro-Industrialism, 1880-1920, published on-line through muse.jhu.edu
  2. ^ a b Bosman, p. 129.
  3. ^ (dalam bahasa Belanda) Wils, E.R.J. (2009); Nederlandse cocaïne aan het oorlogsfront; published on-line through www.wereldoorlog1418.nl.
  4. ^ Bosman, p. 195.
  5. ^ Bosman, p. 227.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]