Narsis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini bukan mengenai judul lagu dari penyanyi Saykoji.
?Narcissus
Daffodills (Narcissus) - 25.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Narcissus
L.
Subgenera, Species, Subspecies

Lihat tulisan.

Narsis atau dafodil (Narcissus) adalah tumbuhan dengan bunga atraktif yang hidup di daerah beriklim sedang dan subtropis. Karena keindahan bunganya, beberapa jenisnya dikembangkan menjadi tanaman hias yang berbunga pada musim semi. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia. Terdapat juga beberapa spesies narsis yang berbunga pada musim gugur. Meskipun Hortus Third [1] menyebut 26 spesies liar, namun Daffodils for North American Gardens[2] menyebut antara 50 dan 100, tidak termasuk varian-varian spesies dan hibrida liar. Melalui penyelidikan taksonomi dan genetika, diperkirakan bahwa jumlah spesies ini akan terus berubah.[3]

Salah satu jenis narsis, N. pseudonarcissus, menjadi sumber salah satu gen yang dipakai untuk merakit 'Golden Rice' ("beras emas"), suatu kultivar padi hasil rekayasa genetika yang populer.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hortus Third, Staff of The L.H. Bailey Hortorium, Cornell University, 1976, pp. 754-756. (Macmillan Publishing Company, NY, NY; ISBN 0-02-505470-8)
  2. ^ Daffodils For North American Gardens, Brent and Becky Heath, 2001, (Bright Sky Press, Albany, TX; NY, NY; ISBN 0-9704729-7-8)
  3. ^ http://www.gardenopus.com GardenOpus