Narcissu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Narcissu
Pengembang Stage-nana
Penerbit Insani
Sekai Project
Perancang Tomo Kataoka
Penggerak NScripter (JP)
ONScripter (EN)
Platform Mac OS X, Linux, Microsoft Windows
Tanggal rilis

2005 (Jepang)

2010 (Inggris - Insani)

2014 (Inggris - Sekai Project)
Genre Visual novel
Mode Single player

Narcissu (ナルキッソス Narukissosu?) (ナルキッソス Narukissosu?) adalah game visual novel yang dibuat oleh kelompok dojin Stage-nana, menceritakan kisah seorang pemuda dan gadis yang tengah dirawat di sebuah rumah sakit karena menderita penyakit kronis. Game ini dibuat menggunakan engine NScripter.

Pada awalnya game ini dibuat dalam bahasa Jepang oleh Tomo Kataoka, namun oleh penggemar kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Cina, Perancis, Korea, Rusia dan Vietnam. Tidak seperti kebanyakan terjemahan penggemar yang ilegal, terjemahan game ini mendapat restu penuh oleh penciptanya, Tomo Kataoka itu sendiri. Baik versi Jepang maupun Inggrisnya dirilis secara gratis melalui unduhan internet. Game ini juga ada versi web-nya dengan kualitas grafis dan musik yang lebih rendah untuk menghemat bandwith.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seorang tokoh utama tanpa nama didiagnosis terkena kanker paru-paru tak lama setelah ulang tahunnya yang kedua puluh. Dia dirawat di ruang perawatan paliatif di lantai tujuh sebuah rumah sakit di Mito, Ibaraki. Di sana ia bertemu Setsumi, seorang gadis dua tahun lebih tua darinya yang juga sakit parah. Menolak untuk menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit ataupun di rumah keluarganya, mereka memutuskan untuk kabur bersama dengan mobil Honda Integra warna silver milik ayah tokoh utama.

Mereka berkendara menyusuri banyak jalan raya dan prefektur di Jepang bagian barat. Pada mulanya mereka tidak tahu kemana harus pergi, namun kemudian mereka memutuskan untuk mendatangi kebun bunga narsis di selatan Pulau Awaji.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama
Seorang pemuda berusia 20 tahun. Merupakan mahasiswa di sebuah institut teknik yang baru saja mendapatkan surat izin mengemudi. Hidup bersama keluarganya—orang tua yang tidak komunikatif dan adik perempuan yang hanya suka berkata kasar padanya. Dia tidak punya rasa muak akan kehidupannya, namun juga tidak punya ambisi apapun. Pada dua game aslinya, tokoh utama ini tidak bernama, namun pada karya pendukung diketahui bahwa namanya adalah Yuu Atou (阿東 優 Atou Yuu?).
Setsumi Sakura (佐倉 瀬津美 Sakura Setsumi?)
Disuarakan oleh: Rino Ayakawa
Seorang gadis muda berusia 22 tahun, memiliki tubuh layaknya anak-anak. Kepribadiannya kalem. Setsumi adalah penggemar mobil dan memiliki banyak pengetahuan seputar hal itu. Kepada tokoh utama ia mengungkapkan bahwa tidak ingin mati di lantai tujuh rumah sakit maupun rumahnya.

Himeko Shinohara, tokoh utama dari prekuel Side 2nd.

Yuka Akishima, gadis muda berusia 23 tahun yang merupakan sahabat Himeko.

Chihiro Shinohara, gadis muda berusia 21 tahun, adik dari Himeko. Chihiro adalah seorang Kristen yang taat.

Sejarah rilis[sunting | sunting sumber]

Versi asli berbahasa Jepang dirilis pada 2 Agustus 2005 menggunakan game engine NScripter untuk platform Windows PC. Tidak lama setelah itu versi bahasa Inggrisnya diterjemahkan dan dirilis oleh grup penerjemah Insani menggunakan engine open source ONScripter.

Prekuel berjudul Narcissu: Side 2nd dirilis pada 15 Mei 2007 di jepang. Pada 31 Maret 2010 versi terjemahan Inggrisnya dirilis oleh grup penerjemah Insani dan juga menyertakan game pertama di dalamnya.

Game ketiga dirilis pada 27 April 2009 dengan judul Narcissu 3 - Die Dritte Welt -. Pada 24 Juni 2010 Kadokawa Shoten mengembangkan port untuk platform PlayStation Portable berjudul Narcissu - if there was a tomorrow - (ナルキッソス~もしも明日があるなら~ Narcissu - moshimo ashita ga aru nara -?), merupakan kompilasi dari ketiga game tersebut dengan tambahan konten.

Pada tahun 2014, bekerjasama dengan Tomo Kataoka, perusahaan penerbit game Sekai Project merilis Narcissu 1st & 2nd di Steam. Versi yang dirilis di Steam ini merupakan yang sama dengan yang telah dirilis oleh grup Insani pada tahun 2010 dengan beberapa perubahan. Sekai Project kemudian merilis Narcissu 10th Anniversary Anthology Project pada 2016 yang merupakan game baru dengan 4 skenario yang dirilis secara bertahap melalui DLC.[1]

Adaptasi Cetak[sunting | sunting sumber]

Pada 25 juli 2008, MF Bunko J merilis adaptasi novel ringan dari Narcissu dan Narcissu -side-2nd, yang ditulis sendiri oleh Tomo Kataoka dengan ilustrasi oleh GotoP.[2] Novel ini juga telah diterjemahkan dan terbitkan di beberapa negara lain seperti di Cina oleh Tong Li Publishing,[3] korea oleh Haksan Culture Company,[4] dan Indonesia oleh penerbit buku Katalisku.

Selain itu juga ada adaptasi dalam bentuk Manga yang digambar oleh Pochi Edoya dan diserialisasikan di majalah Monthly Comic Alive pada 27 November 2008.[5] Manga tersebut kemudian diterbitkan dalam bentuk dua jilid volume oleh penerbit Media Factory di bawah label MF Comic.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sekai Project to Release Narcissu remake project". Anime News Network. July 4, 2015. Diakses tanggal July 5, 2015. 
  2. ^ "MF文庫J ナルキッソス" (dalam bahasa Japanese). MF Bunko J Official Website. Diakses tanggal 2010-03-21. 
  3. ^ 東立漫遊網 東立小說區 水仙花 (dalam bahasa Chinese). Tong Li Publishing Official Website. Diakses tanggal 2010-03-21. 
  4. ^ 만화가 꿈꾸는 세상! 학산문화사 : 소설 최신간 보기 (dalam bahasa Korean). Haksan Culture Company Official Website. Diakses tanggal 2010-08-31. 
  5. ^ コミックアライブ2009/1月号 (dalam bahasa Japanese). Monthly Comic Alive Official Website. Diakses tanggal 2010-03-21. 
  6. ^ アライブコミック ナルキッソス(2) (dalam bahasa Japanese). Monthly Comic Alive Official Website. Diakses tanggal 2010-03-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]