Perawatan paliatif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Perawatan paliatif adalah pelayanan kepada pasien yang penyakitnya sudah tidak bereaksi terhadap pengobatan kuratif, atau tidak dapat disembuhkan secara medis (stadium akhir). Tujuan perawatan paliatif adalah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dalam menghadapi setiap penyakit yang diderita dan mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan tenang dan nyaman tanpa merasa tertekan atas penyakit yang diderita, baik secara fisik (nyeri, mual, muntah) maupun psikis yang berbasis spiritual.[1]

Perawatan paliatif di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Perawatan paliatif merupakan pelayanan sosial sehingga tidak mendatangkan banyak keuntungan. Di Indonesia, pelayanan paliatif belum optimal,[2] hanya ada beberapa pelayanan paliatif dengan metode HHC (Hospice Home Care) atau dengan mengunjungi rumah pasien yang kebanyakan dikhususkan untuk penderita kanker, stroke, dan alzheimer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mengenal Lebih Jauh Perawatan Paliatif". cnnindonesia.com. Diakses tanggal 7 Februari 2016. 
  2. ^ "Universitas Gadjah Mada: Perawatan Paliatif di Indonesia Belum Optimal". ugm.ac.id. Diakses tanggal 7 Februari 2016. Perawatan paliatif terhadap pasien yang berada pada kondisi ‘terminal’ seperti kanker, alzheimer, dan stroke di Indonesia belum optimal.