Nazo no Kanojo X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mysterious Girlfriend X)
Nazo no Kanojo X
Gambar sampul manga volume pertama
謎の彼女X
(Nazo no Kanojo Ekkusu)
GenreKomedi romantis[1]
Manga
PengarangRiichi Ueshiba
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahMonthly Afternoon
DemografiSeinen
TerbitMei 2006[2]25 September 2014
Volume12 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraAyumu Watanabe
SkenarioDeko Akao
MusikTomoki Hasegawa
StudioHoods Entertainment
Pelisensi
Hanabee
Saluran
asli
Tokyo MX, AT-X
Saluran bahasa InggrisAnime Network
Tayang 7 April 2012 30 Juni 2012
Episode13 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
SutradaraAyumu Watanabe
SkenarioDeko Akao
StudioHoods Entertainment
Pelisensi
Hanabee
Tayang23 Agustus 2012
Durasi26 menit
 Portal anime dan manga

Nazo no Kanojo X (Jepang: 謎の彼女X, Hepburn: Nazo no Kanojo Ekkusu) adalah manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Riichi Ueshiba. Awalnya manga ini di publikasikan sebagai one-shot pada tahun 2004 sebelum akhirnya diserialisasi oleh majalah Kodansa Afternoon pada tahun 2006. Manga Nazo no Kanojo X telah di publikasi dalam bahasa Inggris dengan judul Mysterious Girlfriend X oleh Vertical Inc. s+Selain itu juga dipublikasi secara digital oleh Crunchyroll. Anime Nazo no Kanojo X diadaptasi oleh Hoods Entertainment yang tayang di Jepang dari tanggal 7 April 2012 sampai 30 Juni 2012 dalam bentuk Original Video Animation (OVA) yang dirilis pada tanggal 23 Agustus 2012.

Plot[sunting | sunting sumber]

Anime ini bercerita tentang hubungan antara Akira Tsubaki dan Mikoto Urabe. Urabe adalah murid pindahan yang baru saja pindah ke sekolah Tsubaki. Setelah beberapa kejadian aneh, Tsubaki menemukan dirinya ketagihan air liur Urabe. Setelah Urabe mengatakan ketagihan tersebut adalah penyakit cinta, hubungan dan ikatan mereka berdua mulai terbentuk. Dari sini banyak hal yang mereka alami, dan semuanya berputar antara Akira, dan air liur Urabe.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Mikoto Urabe (卜部 美琴, Urabe Mikoto)
Pengisi suara: Ayako Yoshitani (Jepang); Genevieve Simmons (Inggris)[3][4]
Urabe adalah pacar misterius di seri ini. Tidak banyak hal yang diketahui tentang dia, bahkan ketika Tsubaki berkunjung sesekali ke rumah Urabe, tidak pernah terlihat orang tua atau saudaranya sedang ada di rumah. Awalnya saat dia pindah sekolah dia menolak untuk bergaul dengan teman sekelasnya, menolak untuk makan siang bersama dan hanya ingin tidur di jam istirahat. Suatu hari, ia tertawa terbahak-bahak di dalam kelas sampai dia terjatuh ke lantai. Hal ini membuatnya di cap sebagai orang aneh di kelasnya. Ia mengungkapkan kepada Tsubaki bahwa saat itu dia mendengar suara yang mengatakan bahwa Tsubaki akan menjadi orang yang pertama kali berhubungan intim dengannya.
Urabe memiliki banyak pengetahuan tentang ikatan antar dirinya dan Tsubaki melalui air liur. Dia bisa memahami perasaan Tsubaki lewat air liur, melihat mimpi Tsubaki dengan menjilat air liurnya, bahkan menyebabkan Tsubaki bermimpi tentang dirinya dengan menggunakan Air liur Urabe. Meskipun dia terlihat tenang dan tidak banyak bicara tentang kehidupan pribadinya, dia sudah terbukti mencintai pacarnya Tsubaki dengan sangat tulus.
Di antara banyak kebiasaan lain, yang paling menonjol adalah kemampuannya menggunakan gunting. Gunting tersebut selalu diletakan terselip di celana dalamnya, dan dapat digunakan untuk memotong benda dengan kecepatan yang tinggi, seperti membuat pagar kertas berbentuk orang atau hal lainnya. Terkadang Gunting tersebut digunakan sebagai ancaman, menunjukkan kemarahan, dan sebagai alat pertahanan diri pada Tsubaki.
Satu-satunya karakter selain Tsubaki yang dekat dengan Urabe hanya seorang gadis yang bernama Oka Ayuko, Awalnya Urabe menolak untuk berbicara dengan orang-orang sampai akhirnya Oka memberanikan diri untuk datang dan mengajak Urabe makan bersama. Walaupun awalnya Oka ditolak pada akhirnya mereka berdua menjadi cukup dekat.
Akira Tsubaki (椿 明, Tsubaki Akira)
Pengisi suara: Miyu Irino (Jepang); Josh Grelle (Inggris)[4]
Akira Tsubaki (椿明 Tsubaki Akira) adalah karakter utama laki-laki di anime ini, dan dia adalah pacar dari Urabe Mikoto sang gadis misterius. Tsubaki adalah pemuda biasa, dia hidup dengan kakaknya dan ayahnya. Ibunya meninggal ketika dia masih kecil, ini membuat sang kakak harus membesarkan Tsubaki.
Saat Urabe pindah sekolah, Urabe duduk tepat disebelah Tsubaki, hal ini menyebabkan Tsubaki yang lebih memperhatikan Urabe daripada orang lainnya, pada suatu hari saat semua orang sudah pulang sekolah Tsubaki kembali lagi ke kelas karna ketinggalan kotak makan siang nya, tidak ada lagi orang yang tersisa di dalam kelas kecuali Urabe, karena bingung Tsubaki membangunkan Urabe yang saat itu tengah tertidur dan memintanya untuk segera pulang karena hari sudah sore.
Saat itu Tsubaki melihat air liur Urabe yang tersisa di meja bekas Urabe tidur, dan secara spontan mencolek air liur tersebut dan menjilatnya, Tsubaki terkejut karena rasanya yang manis, karena dia menjilat air liur Urabe dia jatuh sakit, setelah Urabe berkunjung dan menjelaskan bahwa sakit yang Tsubaki derita adalah penyakit cinta, dari sini awal cerita antara ikatan dua orang ini mulai terbentuk.
Tsubaki memiliki sifat yang tidak terlalu agresif dalam hubungannya denga Urabe, namun kadang berpikir sedikit mesum dan ingin berpacaran seperti orang lainnya, dia selalu berpikir bahwa pacarnya itu misterius, Tsubaki juga ternyata memiliki sifat yang agak cemburuan, hal ini terbukti ketika Urabe di salah satu episode gaya rambutnya berubah dan menjadi perhatian semua laki-laki di kelas dan menjadi kesal. tapi walaupun demikian dia adalah orang yang baik.
Sebelum jatuh cinta dengan Urabe, saat SMP dia pernah jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Aika Hayakawa, saat menyatakan cintanya pada Urabe dia menunjukkan foto gadis ini dan merobeknya di depan Urabe.
Ayuko Oka (丘 歩子, Oka Ayuko)
Pengisi suara: Ryō Hirohashi (Jepang); Brittney Karbowski (Inggris)[4]
Ayuko Oka adalah pacar dari sahabat Tsubaki yang bernama Kouhei dan satu-satunya teman Urabe di sekolah. Dia pertama kali masuk ke dalam cerita ketika Tsubaki berjalan masuk ke kelasnya setelah sekolah berakhir dan melihatnya berciuman dengan Kouhei. Ayuko tidak terlalu tinggi sekitar 143 cm dan memiliki tubuh yang bagus. Pada suatu hari Ayuko Oka tidak sengaja melihat Urabe dan Tsubaki bertukar liur, dari sini dia penasaran dengan hubungan mereka berdua dan memberanikan diri untuk berteman dengan Urabe. pada awalnya dia ditolak Urabe namun akhirnya dia menjadi satu-satunya teman Urabe di sekolah.
Ayuko Oka memiliki kepribadian yang fleksibel dan agak periang. Dia suka menggoda Urabe ketika mereka berdua makan siang bersama.
Kouhei Ueno (上野 公平, Ueno Kōhei)
Pengisi suara: Yūki Kaji (Jepang); Greg Ayres (Inggris)[4]
Kouhei adalah teman Tsubaki dan juga pacar Ayuko. Ketika Tsubaki melihat Kouhei dan Ayuko berciuman, dia meminta Tsubaki untuk merahasiakan hubungannya dengan sedikit malu-malu. Dia membantu Tsubaki dengan cara memberikan beberapa saran tentang bagaimana cara untuk memulai sebuah hubungan. Sama seperti Tsubaki dia juga cemburuan terhadap Ayuko karena Ayuko memiliki tubuh yang bagus dan sering jadi perhatian para pria di kelasnya.
Youko Tsubaki (椿 陽子, Tsubaki Yōko)
Pengisi suara: Misato Fukuen (Jepang); Carli Mosier (Inggris)[4]
Merupakan kakak perempuan Tsubaki. Dia menggantikan tugas ibunya untuk menjaga Tsubaki, karena ibu Tsubaki yang meninggal sejak kecil, dia menolak untuk menikah sampai Tsubaki Akira lulus kuliah dan memiliki pekerjaan. Dia menghabiskan waktunya dengan menjuga rumah. Di anime Nazo no Kanojo X, Youko pernah bertemu dengan Urabe 3 kali, 2 kali saat Urabe berpura-pura mengantarkan pekerjaan rumah kepada Tsubaki, dan sekali saat Urabe pulang sekolah dan kebetulan bertemu dengan Youko.
Aika Hayakawa (早川 愛香, Hayakawa Aika)
Pengisi suara: Yū Shimamura (Jepang); Cynthia Martinez (Inggris)
Aika Hayakawa adalah seorang gadis yang disukai Tsubaki saat SMP, dia tahu bahwa Tsubaki menyukai dirinya tapi tidak pernah mengungkitnya ssat SMP. Saat ini dia bersekolah di SMA yang berbeda dengan Tsubaki. Karakter Aika Hayakawa masuk ke cerita utama di episode 10 dan 11 dimana dia berusaha untuk ikut campur dalam hubungan Urabe dan Tsubaki dan mencoba untuk memecah belah mereka.
Ogata (緒方, Ogata)
Pengisi suara: Takahiro Mizushima (Jepang); Chris Patton (Inggris)
Ogata adalah teman sekelas Tsubaki, dia adalah seorang pria yang agak Populer karena merupakan member utama dari tim sepak bola. Dia tertarik pada Urabe dan mencoba untuk mengajak Urabe berpacaran tapi Urabe menolaknya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga ini tersedia dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari layanan berlangganan hanya-baca/hanya-unduh dari Crunchyroll dan Kodansha.[5] Penerbit Vertical telah melisensikan seri tersebut untuk dirilis di wilayah Amerika Utara, serta merilis manga dalam enam volume omnibus sejak musim semi 2016[6] hingga musim panas 2017.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Hoods Entertainment ditayangkan di Jepang antara tanggal 7 April 2012 hingga 30 Juni 2012 dan disiarkan secara simulcast oleh Crunchyroll. Sebuah episode animasi video orisinal dirilis bersama volume kesembilan manga pada tanggal 23 Agustus 2012.[7] Seri anime tersebut telah dilisensikan di Amerika Utara oleh Sentai Filmworks dan mulai ditayangkan secara streaming di saluran The Anime Network dan Hulu 31 hari setelah tanggal tayangnya.[8][9] Sentai Filmworks merilis satu set kotak berisi seluruh 13 episode seri televisi dalam bentuk Blu-ray dan DVD pada tanggal 11 Juni 2013.[10] Lagu tema pembukanya berjudul "Orchestra of Love" (恋のオーケストラ, Koi no Ōkesutora) dibawakan oleh Ayako Yoshitani, sedangkan lagu penutupnya berjudul "Afterschool Promise" (放課後の約束, Hōkago no Yakusoku) yang dibawakan oleh Yoshitani. Sebuah sulih suara dalam bahasa Inggris dirilis di Australia oleh Hanabee Entertainment pada tanggal 5 Juni 2013.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loo, Egan (23 Januari 2012). "Nazo no Kanojo X TV Anime's Staff, Date Listed". Anime News Network. Diakses tanggal 30 November 2018. 
  2. ^ 06年5月号のアフタヌーン. afternoon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Februari 2007. Diakses tanggal 25 Juni 2020. 
  3. ^ Martin, Theron (21 Mei 2012). "Mysterious Girlfriend X episodes 1-6 streaming". Anime News Network. 
  4. ^ a b c d e Smith, G. B. (14 Juni 2013). "A Breath Of Fresh Ayres: 'Mysterious Girlfriend X' & 'Dusk Maiden of Amnesia' Anime Dub Reviews". Fandom Post. 
  5. ^ "Mysterious Girlfriend X". www.crunchyroll.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Oktober 2015. Diakses tanggal 14 November 2015. 
  6. ^ "Vertical Adds Mysterious Girlfriend X, The Gods Lie, Devil's Line Manga". Anime News Network. 24 Juli 2015. Diakses tanggal 30 September 2015. 
  7. ^ "Release". www.starchild.co.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Mei 2015. Diakses tanggal 14 November 2015. 
  8. ^ "Sentai Filmworks Adds Kids on the Slope, Mysterious Girlfriend X". Anime News Network. 2012-04-07. 
  9. ^ "Sentai Filmworks Licenses Mysterious Girlfriend X". www.sentai-filmworks.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Oktober 2013. Diakses tanggal 14 November 2015. 
  10. ^ "Mysterious Girlfriend X DVD Complete Collection (Hyb)". Rightstuf.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Oktober 2013. Diakses tanggal 14 November 2015. 
  11. ^ "Mysterious Girlfriend X". www.hanabee.com.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Agustus 2013. Diakses tanggal 14 November 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]