Mustika Jaya, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mustika Jaya
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kota Bekasi
Desa/kelurahan 4

Mustika Jaya adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Kelurahan-kelurahan di kecamatan ini adalah:

  • Kelurahan Mustikajaya Kelurahan ini bersebelahan dengan Desa Lambang Sari, wilayah Kabupaten Bekasi, tempat komplek Perumahan Elite Kota Legenda berada. Di komplek Kota Legenda yang berjajar di sepanjang Jalan Raya Lambang Sari - Mustika Jaya, beberapa perumahan yang termasuk kelompok Kota Legenda, adalah komplek Dukuh Zamrud, Dukuh Bima, dan komplek Grand Wisata yang mempunyai akses gerbang tol tersendiri ke Jalan Tol Jakarta - Cikampek.

Komplek Perumahan lain yang ada di Kelurahan ini adalah Graha Harapan, Bumiyagara, dan Mutiara Gading Timur. Perumahan Mutiara Gading Timur adalah Perumahan terluas dan terbaru di wilayah ini, mulai dibangun tahun 2003, dengan dibangunnya perumahan ini membuka akses jalan baru yang dapat mengakses dari dukuh Zamrud sampai ke Jati Mulya dan menembus ke Pintu Gerbang Tol Timur Bekasi. Bila Perumahan Mutiara Gading sudah padat akan layak lagi untuk dibentuk sebagai sebuah kelurahan tersendiri mengingat luas wilayah dan jumlah penduduk yang akan menghuni akan lebih dari 4000 jiwa.

Pemekaran Kelurahan Mustika Jaya Menjadi sebuah Kecamatan tidak lama setelah pembangunan Perumahan Mutiara Gading karena diperkirakan Jumlah penduduk yang telah layak untuk dijadikan sebagai kecamatan tersendiri.

Ormas yang ada di Mustika Jaya antara lain Nahdhatul Ulama, Muhammadiyyah, Persatuan Islam, dan Kelompok Majlis Ta'lim yang tersebar di perkampungan seperti di Ciketing Asem. Jarak terdekat ke wilayah Jakarta adalah 21 kilometer.

  • Kelurahan Pedurenan
  • Kelurahan Mustikasari
  • Kelurahan Cimuning, Komplek Perumahan di kelurahan ini diantaranya Permata Wisata, Mahkota Cimuning, perumahan konsep syariah Griya Pesona Madina dan yang paling luas adalah Bekasi Timur Regensi yang sedang dalam tahap perluasan kembali. Perumahan Bekasi Timur Regensi sendiri berada di jalan raya utama menuju Setu dan Narogong. Kelak jalan raya tersebut akan menjadi salah satu rute alternatif untuk menuju dan atau dari pintu tol Cimanggis - Cibitung jika sudah dibuka-resmikan. Peluang keramaian lalu lintas telah dibaca oleh pengusaha waralaba makanan cepat saji KFC dan McDonalds yang telah mendirikan kios berhadapan di akses jalan raya tersebut. Selain kelak akses tol Cimanggis-Cibitung, kelurahan Cimuning juga sudah menjadi akses beberapa jalan alternatif langsung menuju gerbang tol Tambun (Jakarta - Cikampek) melalui jalur belakang perumahan Grand Wisata dan akses menuju Cileungsi dan Jonggol melalui jalan raya Setu ke arah jalur belakang perumahan Metland Cileungsi. Keiistimewaan lain dari kelurahan Cimuning terletak di sebelah selatan dengan masih adanya alam pedesaan sejuk, pepohonan rindang dan pesawahan dengan hunian warga lokal yang ramah berdialek campuran logat betawi dan jawa sunda pantura-an. Kawasan tersebut menjadi salah satu jalur favorit pesepeda dengan trek terkenal onroad-offroad Burangkeng - Cinyosog dengan titik kumpul di warung susu jahe engkong Cinyosog.