Musixmatch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Musixmatch
URLmusixmatch.com
Tipeonline lyrics database, perangkat lunak, perusahaan bisnis dan organisasi
RegistrationOpsional
PembuatMassimo Ciociola
Service entry21 Januari 2010; 14 tahun lalu (2010-01-21)[1]
Tempat pembentukanBologna
Lokasi kantor pusatBologna
NegaraItalia
Total omset$8M (Rp. 116.120.000.000,00)[2]
Peringkat Alexa5,276 (hingga April 2021)[3]
KeadaanAktif
Blog resmihttps://blog.musixmatch.com
Facebook: musixmatch Twitter: Musixmatch Instagram: musixmatch LinkedIn: musixmatch GitHub: musixmatch

Musixmatch adalah katalog lirik yang memiliki lebih dari 14 juta lirik dalam 80 bahasa. Musixmatch dapat diakses pada Windows, Mac serta perangkat ponsel untuk sistem operasi iOS, Android, dan Windows Phone. Aplikasi ini juga tersedia di Apple Watch dan Android Wear.

Musixmatch menampilkan lirik yang telah diselaraskan sesuai dengan musik yang sedang dimainkan. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memindai semua lagu dalam perpustakaan musik pengguna untuk menemukan lirik yang sesuai, serta dapat digunakan sebagai pemutar musik bawaan atau default. Pada Platform Android, ia juga mendukung banyak layanan streaming musik besar seperti Spotify, Deezer dan Rhapsody serta dapat menampilkan lirik yang mengambang di atas aplikasi tertentu yang mereka sebut FloatingLyrics.[4]

Musixmatch mengizinkan pengguna untuk berkontribusi melengkapi lirik dan mengadaptasikan sinkronisasi lirik dengan imbalan poin yang sesuai dengan level dan lencana. Jika pengguna mencapai poin atau level tertentu misalnya dengan menyumbang lirik berkualitas tinggi, pengguna dapat mengajukan diri menjadi Kurator yang memiliki izin tambahan dan dapat dibayar untuk kontribusi mereka. Kurator khusus bisa mendapatkan peran sebagai Spesialis yang memiliki izin seperti administrator atau karyawan Musixmatch.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Musixmatch didirikan di Bologna, Italy, pada 21 Januari 2010, oleh Massimo Ciociola dan kelompok pendiri yang lain. Layanan mereka diluncurkan pada Juli 2010, dan pada January 2015 Musixmatch telah menghasilkan dana $12.1 juta di Angel dan Venture Capital.

Musixmatch telah menandatangani perjanjian dengan penerbit seperti: EMI Publishing, Warner/Chappell Music, Universal Music Publishing Group, Sony ATV, PeerMusic, BMG, HFA dan bekerja sama dengan NMPA.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama About musixmatch
  2. ^ "How much revenue does Musixmatch generate?". www.owler.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-04. Diakses tanggal 24 Maret 2021. 
  3. ^ "musixmatch.com Site Info". Alexa Internet, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-06. Diakses tanggal 17 April 2021. 
  4. ^ "FloatingLyrics™ integration". developer.musixmatch.com. Diakses tanggal 13 Maret 2021. 
  5. ^ "become a curator". community.musixmatch.com. Diakses tanggal 13 Maret 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]