Mojolaban, Sukoharjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mojolaban
Kecamatan
Lokasi Mojolaban Sukoharjo.png

Peta lokasi Kecamatan Mojolaban
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenSukoharjo
Pemerintahan
 • Camat-
Luas- km²
Kepadatan- per km²
Desa/kelurahan-

Mojolaban (Hanacaraka: ꦩꦗꦭꦧꦤ꧀, bahasa Jawa: Majalaban) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kecamatan Mojolaban Sukoharjo sangat terkenal dengan produksi alkohol atau ethanol dan menjadi salah satu industri terbesar di Indonesia. Berpusat di Kecamatan Mojolaban, industri ini mencapai penjualan skala besar di seluruh Indonesia.

Selain itu salah satu kain khas yang dimiliki di Kecamatan Mojolaban adalah Batik Kelengan dengan warna dasar hitam yang dikreasikan dengan berbagai macam motif dan warna yang membuat kreasi konveksi ini kaya akan koleksi. Juga memiliki pengusaha batik soga yang menggunakan pewarna alami dalam pewarnaan kain.

Dan potensi terbesar di Mojolaban adalah Desa Wisata Wirun yang sangat dikenal secara global dalam pembuatan kerajinan gamelan oleh para warga desa.

Kecamatan Mojolaban sebagian besar wilayahnya adalah daerah yang sangat subur. Banyak areal persawahan, terutama areal persawahan yang letaknya dekat aliran sungai bengawan solo. Sebagian besar adalah sawah yang mendapat irigasi secara teratur sehingga setiap tahun dapat ditanami padi. Maka tak heran jika kecamatan Mojolaban adalah salah satu lumbung padi Kabupaten Sukoharjo

Desa[sunting | sunting sumber]

  1. Cangkol
  2. Joho
  3. Klumprit
  4. Kragilan
  5. Plumbon
  6. Sapen
  7. Tegalmade
  8. Triyagan
  9. Wirun
  10. Bekonang
  11. Laban
  12. Gadingan
  13. Demakan
  14. Dukuh
  15. Palur