Misa Kepausan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paus Benediktus XVI difoto saat Misa Kepausan yang dirayakan di Basilika Santo Petrus pada tahun 2013

Misa Kepausan adalah sebuah bentuk Misa Agung Khidmat Kepausan yang dirayakan oleh Paus. Perayaan ini dirayakan pada acara-acara seperti penobatan kepausan, pengumuman ex cathedra, kanonisasi seorang santo, pada Paskah atau Natal atau hari raya besar lainnya.

Hingga tahun 1960-an, terdapat banyak upacara khusus yang dikhususkan untuk Paus. Banyak yang sudah tidak digunakan lagi; beberapa terakhir dirayakan oleh Paus Pius X (memerintah 1903–1914) atau Paus Paulus VI (memerintah 1963–1978).

Upacara di masa lalu[sunting | sunting sumber]

Misa kepausan yang dirayakan pada awal abad ke-20, sebelum reformasi liturgi Paus Pius X dan Paulus VI, mengambil bentuk berikut:

Asisten menteri[sunting | sunting sumber]

Dalam Misa kepausan seorang kardinal-uskup bertindak sebagai asisten imam; kehormatan ini jatuh pada kesempatan yang paling khidmat kepada Kardinal-Uskup Ostia, Dekan Dewan Kardinal. Kardinal-diakon bertindak sebagai diakon dan asisten diakon. Seorang auditor dari Sacra Rota Romana bertugas sebagai subdiakon. Ada juga diakon dan subdiakon Katolik-Yunani, yang diberi hak sesuai dengan Ritus Bizantium. Jabatan lainnya diisi oleh asisten takhta kepausan, anggota perguruan tinggi prelatus, dll.

Mereka yang bertindak sebagai diakon dan subdiakon kadang-kadang disebut sebagai diakon apostolik dan subdiakon apostolik.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rev. Dr. Athanasius D. McVay, "Diakon Yunani dari Ritus Misa Kepausan (Kaukus Katolik/Ortodoks)", blog Annales Ecclesiae Ucrainae, 27/9/2008