Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Metal Gear Solid 4:
Guns of the Patriots
Metal Gear Solid 4 logo.png
Logo Metal Gear Solid 4
PengembangKojima Productions
PenerbitKonami
PengarahHideo Kojima
ProduserHideo Kojima
Kenichiro Imaizumi
Kazuki Muraoka
Yoshikazu Matsuhana
PerancangHideo Kojima
PemrogramYuji Korekado
SenimanYoji Shinkawa
PenulisHideo Kojima
Shuyo Murata
KomponisHarry Gregson-Williams
Nobuko Toda
Shuichi Kobori
Kazuma Jinnouchi
SeriMetal Gear
PlatformPlayStation 3
Tanggal rilis12 Juni 2008
GenreAksi, Petualangan
ModePemain tunggal

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots (biasa disingkat MGS 4) adalah seri permainan tembak-menembak bergenre aksi yang disutradarai oleh Hideo Kojima dan dikembangkan oleh Kojima Productions. Permainan ini dapat dimainkan pada PlayStation 3. Permainan ini menceritakan Old Snake yang berusaha untuk memburu saudara kembarnya yang juga musuh besarnya, Liquid Snake.[1][2][3]

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots merupakan permainan video bergenre aksi pencurian yang dapat dimainkan pada PlayStation 3. Pemain akan memainkan karakter utama yang bernama Solid Snake. Pemain dapat menekan tombol segitiga untuk melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar karakter untuk melakukan gerakan seperti melompat melalui jendela. Tombol R1 berfungsi untuk melakukan serangan, sedangkan tombol L1 berfungsi untuk melakukan tembakan atau mencekik lawan. Saat terjadi pertarungan, pemain dapat menggunakan mode bidik-automatis dengan menekan tombol segi empat dan menahan tombol L1.[3]

Alur[sunting | sunting sumber]

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots bercerita tentang Old Snake yang mengalami penuaan sebelum waktunya dan mengalami sakit parah. Ia memburu saudara kembarnya, yang juga merupakan musuh besarnya, Liquid Snake yang masuk kedalam tubuh Revolver Ocelot. Liquid sedang berusaha untuk menumbangkan dan menghancurkan konspirasi Patriot dan membawa dunia ke dalam kekacauan.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Metal Gear Solid 4: Guns of Patriots berhasil memenangkan berbagai penghargaan. Pada tahun 2009, permainan ini berhasil memenangkan penghargaan atas prestasi dalam komposisi musik asli untuk judul interaktif dari Academy of Interactives Arts & Sciences.[4] MGS 4 berhasil memenangkan Excellence Award untuk divisi hiburan dalam Japan Media Arts Festival ke-11,[5] Grand Award untuk divisi Games of The Year dalam Japan Game Awards 2009.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Dawkins, Daniel (2 Juni 2008). "Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots review". GamesRadar+. Diakses tanggal 29 Mei 2020. 
  2. ^ a b (Inggris) Welsh, Oli (May 2008). "Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots review". Eurogamer. Diakses tanggal 29 Mei 2020. 
  3. ^ a b (Inggris) Kohler, Chris (22 September 2007). "Hands-On: Metal Gear Solid 4 Brilliant". Wired. ISSN 1059-1028. Diakses tanggal 3 Juni 2002. 
  4. ^ (Inggris) Bramwell, Tom (23 Februari 2009). "LittleBigPlanet cleans up at AIAS awards". Eurogamer. Diakses tanggal 3 Juni 2020. 
  5. ^ (Inggris) Alexander, Leigh (11 Desember 2008). "Japan Media Arts Festival Awards Excellence Prize To Wii Fit". Gamasutra. Diakses tanggal 2 Juni 2020. 
  6. ^ (Inggris) "MGS4, Mario Kart Wii honored at Japan Game Awards". GameSpot. 28 September 2009. Diakses tanggal 3 Juni 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]