Metal Gear Solid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Metal Gear Solid
Metal Gear Solid cover art.png
Sampul Metal Gear Solid di Amerika Utara
Pengembang Konami Computer Entertainment Japan (Barat)
Digital Dialect (PC port)
Penerbit Konami (PlayStation)
Microsoft (Microsoft Windows)
Perancang Hideo Kojima
Komposer musik Takanari Ishiyama
Gigi Meroni
Kazuki Muraoka
Lee Jeon Myung
Hiroyuki Togo
Maki Kirioka
Rika Muranaka
Tappi Iwase
Serial Metal Gear
Platform Metal Gear Solid
PlayStation
PlayStation Network
MGS: Integral
PlayStation
Microsoft Windows
Tanggal rilis

Metal Gear Solid
PlayStation
JP 3 September 1998[1]

AN 21 Oktober 1998[2]

PAL 26 Februari 1999

Playstation Store
JP 21 Maret 2008
AN 18 Juni 2009

MGS: Integral
PlayStation
JP 24 Juni 1999[3]

AN 23 September, 1999

PAL 29 Oktober 1999

Microsoft Windows
AN 24 September 2000

PAL 20 Oktober 2000
Genre Stealth action
Mode Single-player

Metal Gear Solid (メタルギアソリッド?) (in ger.: Kossuth Lajos = Big Boss K ?) (umumnya disingkat MGS) adalah permainan video stealth action yang dirancang oleh Hideo Kojima.[5] Permainan ini dikembangkan oleh Konami Computer Entertainment Japan dan merupakan permainan video pertama yang dirilis Konami pada tahun 1998 untuk konsol PlayStation.

Metal Gear Solid 'mengikuti Solid Snake, seorang tentara yang menginfiltrasi fasilitas senjata nuklir untuk menetralisir ancaman teroris dari FOXHOUND, unit pasukan khusus yang memberontak. Snake harus membebaskan dua sandera, kepala DARPA dan presiden produsen senjata utama, menghadapi para teroris, dan menghentikan mereka untuk melakukan serangan nuklir. Anda akan memiliki dua tujuan misi. Pertama, Anda harus menyelamatkan kepala DARPA, Donald Anderson dan Presiden ArmsTech, Kenneth Baker. Keduanya ditahan sebagai sandera. Kedua, Anda harus menyelidiki apakah para teroris memiliki kemampuan untuk melakukan serangan nuklir, dan menghentikannya jika mereka melakukannya. Potongan Adegan secara sinematik diterjemahkan menggunakan mesin dan grafis dalam game. , Dan akting suara digunakan di seluruh permainan.

Sekuel dari permainan ini adalah Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty.

Alur Permainan[sunting | sunting sumber]

Pemain harus menavigasi protagonis, Solid Snake, melalui area permainan tanpa terdeteksi oleh musuh. Deteksi dipicu oleh pemain yang bergerak ke bidang penglihatan musuh dan memicu alarm yang menarik musuh bersenjata ke lokasinya. Ini juga memicu "mode peringatan" dan pemain kemudian harus bersembunyi dan tetap tidak terdeteksi, pada saat mana "mode penghindaran" dimulai dan sekali penghitungnya mencapai nol, permainan kembali ke "mode infiltrasi" di mana musuh tidak curiga terhadap kehadiran Snake. Radar tidak bisa digunakan dalam mode waspada atau penghindaran. Selain gameplay siluman, ada rangkaian urutan yang melibatkan benturan antara pemain dan musuh.

Solid Snake bersembunyi dari seorang penjaga. Saat Snake bersandar di sudut, kamera bergeser ke depan untuk efek dramatis dan memungkinkan penglihatan di koridor Agar tetap tidak terdeteksi, pemain dapat melakukan teknik yang memanfaatkan kemampuan Solid Snake dan lingkungan, seperti merangkak di bawah objek, menggunakan kotak sebagai penutup, merunduk atau bersembunyi di sekitar dinding, dan membuat kebisingan mengalihkan perhatian musuh. Radar di layar menyediakan lokasi musuh terdekat dan bidang penglihatan mereka. Snake juga bisa memanfaatkan banyak barang dan gadget, seperti kacamata infra merah dan penyamaran kotak kardus. Penekanan pada stealth mempromosikan bentuk gameplay yang kurang keras, karena perkelahian melawan kelompok besar musuh seringkali akan mengakibatkan kerusakan serius pada pemain.

Meski beralih ke 3D, game ini masih dimainkan terutama dari perspektif overhead yang serupa dengan game Metal Gear 2D yang asli. Namun, sudut kamera akan berubah selama situasi tertentu, seperti tampilan sudut saat Ular meratakan dirinya ke dinding di samping ruang terbuka, atau ke orang pertama saat merangkak di bawah ruang rapat atau menggunakan barang-barang tertentu seperti teropong atau penembak jitu. senapan. Pemain juga bisa menggunakan tampilan orang pertama sambil tetap menganggur untuk melihat sekeliling lingkungan Ular atau melihat apa yang ada di depannya.

Kemajuan diselingi cutscenes dan codec, serta bertemu dengan bos. Untuk maju, pemain harus menemukan kelemahan masing-masing atasan dan mengalahkannya. Kontrol dan strategi bermain juga dapat diakses melalui radio Codec, di mana saran dikirimkan dari tim dukungan Snake; Sebagai contoh, tim pendukung dapat menghukum Ular karena tidak menyimpan kemajuannya cukup sering, atau menjelaskan langkah tempurnya dalam hal tombol mana yang harus ditekan pada gamepad. Codec juga digunakan untuk memberikan eksposisi pada backstory game.

Setelah menyelesaikan cerita utama, layar hasil akan ditampilkan setelah akhir kredit, yang menampilkan statistik kinerja pemain. Pemain dievaluasi dengan codename (kebanyakan berbasis hewan) berdasarkan jumlah peringatan yang dipicu, jatah yang digunakan dan musuh terbunuh sepanjang permainan mereka, bersamaan dengan total waktu bermain, hemat, dan terus digunakan setelah pertandingan berakhir. Ada total 12 codenames untuk setiap tingkat kesulitan, dengan peringkat terbaik pada setting tersulit menjadi "Big Boss".

Selain cerita utama, ada juga mode pelatihan VR dimana pemain dapat menguji kemampuan menyelinap mereka dalam serangkaian lingkungan yang dibangun secara artifisial. Mode ini terbagi dalam tiga kategori utama (latihan, time attack, dan shooting senjata), masing-masing terdiri dari sepuluh tahap. Setelah menyelesaikan semua 30 tahap, misi bertahan hidup tidak terkunci di mana pemain harus melanjutkan semua tahap pengambilan tembakan sepuluh berturut-turut di bawah batas tujuh menit.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonisnya adalah Solid Snake, infiltrator legendaris dan penyabot. Selama misi tersebut, Snake mendapat dukungan dan saran melalui radio codec. Kolonel Roy Campbell, mantan komandan Solid Snake, mendukung Ular dengan nasehat dan taktik. Sementara ia awalnya menyimpan sejumlah rahasia dari Snake, ia secara bertahap mengungkapkan mereka. Dia bergabung dengan Naomi Hunter, yang memberikan saran medis; Nastasha Romanenko, yang menyediakan tip item dan senjata; Master Miller, mantan instruktur bor dan pelatih bertahan; Dan Mei Ling, yang menemukan sistem radar soliton yang digunakan dalam misi tersebut dan juga bertanggung jawab atas data misi; Pemain bisa memanggilnya untuk menyelamatkan permainan.

Antagonis utama permainan ini adalah Liquid Snake, pemimpin sel sempalan sekarang-teroris dari organisasi FOXHOUND, dan mitra genetik Solid Snake. Unit pasukan khusus elit, FOXHOUND berisi pakar yang mengkhususkan diri dalam tugas unik. Anggota adalah Revolver Ocelot, petinju gaya Barat dan interogator ahli yang senapannya adalah Colt Single Action Army; Sniper Wolf, penembak jitu pretranatural; Vulcan Raven, seorang dukun Alaska besar yang bersenjatakan sebuah M61 Vulcan yang robek dari F-16 yang jatuh; Psycho Mantis, seorang psikis profiler dan ahli psikokinesis; Dan Decoy Octopus, seorang master menyamar.

Tokoh lainnya termasuk Meryl Silverburgh, keponakan Kolonel Campbell dan seorang tentara rookie yang ditempatkan di Shadow Moses yang tidak bergabung dalam pemberontakan; Dr. Hal Emmerich, pengembang utama Metal Gear REX; Dan "Ninja", agen cybernetically misterius yang disempurnakan yang bukan merupakan sekutu atau musuh Ular tapi menentang FOXHOUND.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, enam tahun setelah jatuhnya Zanzibarland. Unit pasukan khusus yang diperkuat secara genetis, FOXHOUND, telah menyita sebuah pulau terpencil di Kepulauan Fox, Alaska dengan kode nama "Shadow Moses", lokasi fasilitas pembuangan senjata nuklir. FOXHOUND mengancam untuk menggunakan mecha yang berkemampuan nuklir, Metal Gear REX, melawan pemerintah A.S. jika mereka tidak menerima sisa-sisa Big Boss dan uang tebusan sebesar $ 1 miliar dalam waktu 24 jam. Solid Snake dipaksa keluar dari pensiun oleh Kolonel Roy Campbell untuk menyusup ke pulau tersebut dan menetralisir ancaman tersebut.

Snake memasuki fasilitas melalui ventilasi udara dan menempatkan sandera pertama, Kepala DARPA Donald Anderson. Anderson mengungkapkan bahwa Metal Gear REX dapat dinonaktifkan dengan kode peledakan detonasi rahasia, namun meninggal karena serangan jantung. Keponakan Kolonel Campbell Meryl Silverburgh, disandera di sel yang berdampingan, membantu melarikan diri dari Snake. Snake menempatkan sandera lain, presiden ArmsTech Kenneth Baker, namun dihadapkan oleh anggota FOXHOUND Revolver Ocelot. Pertarungan mereka terganggu oleh seorang ninja cyborg misterius yang memotong tangan kanan Ocelot. Baker memberi pengarahan Snake pada proyek Metal Gear dan menyarankannya untuk menghubungi Meryl, yang dia beri kartu PAL yang mungkin mencegah peluncurannya, tapi dia juga meninggal karena serangan jantung mendadak.

Selama codec, Meryl setuju untuk bertemu di daerah pembuangan hulu ledak dengan syarat bahwa Snake menghubungi perancang Metal Gear, Dr. Hal "Otacon" Emmerich. En route, Snake menerima panggilan anonim codec yang memperingatkannya tentang penyergapan tank. Snake menangkis serangan dari Raven Vulcan dan berlanjut ke tempat pertemuan, di mana ia menempatkan Otacon. Ninja muncul kembali dan Snake menyadari itu adalah mantan sekutunya Gray Fox, yang diyakini telah meninggal. Otacon setuju untuk membantu Ular jarak jauh menggunakan kamuflase khusus untuk mendapatkan informasi dan persediaan.

Snake bertemu Meryl dan menerima kartu PAL. Saat mereka menuju pangkalan bawah tanah, Meryl dikuasai oleh Psycho Mantis psikis dan menarik pistolnya ke Snake. Dia melucuti dia dan mengalahkan Mantis, yang memberi tahu Ular bahwa dia memiliki "tempat yang besar" di dalam hatinya. Setelah mereka mencapai lorong bawah tanah, Sniper Wolf menyergap mereka, melukai Meryl, dan menangkap Snake. Liquid menegaskan kecurigaan Snake bahwa mereka adalah saudara kembar. Setelah disiksa oleh Ocelot, Snake bingung untuk menemukan tubuh Anderson di selnya, nampaknya sudah mati berhari-hari. Dia kabur, berjalan naik ke menara komunikasi, dan menangkis serangan helikopter dari Liquid. Saat ia muncul ke lapangan salju, ia dihadapkan lagi oleh Sniper Wolf. Dia membunuhnya, menghancurkan Otacon, yang tergila-gila padanya.

Snake berlanjut ke hanggar REX dan disergap lagi oleh Raven. Setelah Snake mengalahkannya, Raven mengatakan kepada Snake bahwa "Anderson" sebenarnya adalah FOXHOUND menyamarkan artis Decoy Octopus. Hanggar Infiltrating Metal Gear, Ular sengaja mendengar Cairan dan Ocelot mempersiapkan urutan peluncuran REX dan menggunakan kartu PAL, namun ini secara tidak terduga mengaktifkan REX. Liquid mengungkapkan bahwa dia telah meniru penasihat Snake Master Miller dan bahwa FOXHOUND telah menggunakan Ular untuk memfasilitasi peluncuran REX. Dia dan Ular adalah produk proyek Les Enfants Terribles, sebuah program pemerintah tahun 1970 untuk mengkloning Big Boss. Dia juga mengungkapkan kepada Snake alasan sebenarnya pemerintah untuk mengirimnya: Ular secara tidak sadar membawa virus "FoxDie" yang berjejer yang menyebabkan serangan jantung di anggota FOXHOUND pada kontak, yang memungkinkan pemerintah untuk mengembalikan REX yang tidak rusak.

Sebagai Liquid, di REX, pertempuran Ular, Grey Fox muncul, menghancurkan radion REX, dan terbunuh. Ular menghancurkan REX dan mengalahkan Liquid, kemudian lolos dengan Meryl atau Otacon melalui terowongan bawah tanah, dikejar oleh Liquid dalam sebuah Jeep. Setelah kecelakaan kendaraan mereka, Cair menarik pistol ke Ular tapi mati dari FoxDie. Kolonel Campbell, yang sebentar digulingkan dari komando, membatalkan pemogokan nuklir untuk menghancurkan bukti operasi tersebut, dan memerintahkan agar Snake terdaftar sebagai orang yang terbunuh dalam tindakan untuk menghentikan pemerintah AS mencarinya. Naomi Hunter, yang menyuntikkan Ular dengan virus FoxDie, mengatakan kepadanya bahwa dia memiliki jumlah waktu yang tidak pasti sebelum membunuhnya. Ocelot memanggil Presiden A.S.; Dia adalah agen ganda yang misinya mencuri disket Baker dari Spesifikasi Metal Gear.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Kojima awalnya merencanakan game Metal Gear ketiga pada tahun 1994, yang awalnya berjudul Metal Gear 3, dan merilisnya untuk 3DO Interactive Multiplayer pada tahun 1994. Karya seni konseptual, oleh ilustrator Yoji Shinkawa, dari karakter Solid Snake, Meryl Silverburgh, yang juga merupakan tokoh dalam permainan petualangan Policenauts, dan tim FOXHOUND, termasuk dalam Policenauts: Pilot Disk sebelum merilis versi lengkap dari Game 3DO di tahun 1995. Namun, karena penghentian 3DO dari pasaran, perkembangan game bergeser ke PlayStation tak lama setelah Policenauts dilepas.

Kojima memberi judul permainan Metal Gear Solid, memilih ini di atas judul karya Metal Gear 3. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa ia percaya bahwa game Metal Gear MSX2 tidak begitu dikenal pada saat itu karena kurangnya rilis di seluruh dunia (terutama di Amerika Utara, di mana platform MSX2 tidak pernah dirilis dan hanya versi NES yang dikembangkan tanpa keterlibatan Kojima yang tersedia pada saat itu). Ia menggunakan kata 'Solid' yang dipilih karena game ini menggunakan grafis komputer 3D, dan juga mengacu pada Solid Snake, protagonis permainan. Sequels untuk game ini juga menggunakan judul Metal Gear Solid, dan umumnya mengikuti perkembangan angka.

Pengembangan Metal Gear Solid dimulai pada pertengahan 1995 dengan tujuan untuk menciptakan "permainan PlayStation terbaik yang pernah ada". Pengembang ditujukan untuk akurasi dan realisme sambil membuat game menyenangkan dan tegang. Pada tahap awal pengembangan, tim SWAT Pantai Huntington mendidik para pencipta dengan demonstrasi kendaraan, senjata dan bahan peledak. Pakar senjata Motosada Mori juga disadap sebagai penasihat teknis dalam penelitian tersebut, termasuk kunjungan ke Fort Irwin dan sesi penembakan di Gun Stembridge Rentals. Kojima menyatakan bahwa "jika pemain tidak ditipu untuk percaya bahwa dunia itu nyata, maka tidak ada gunanya membuat game". Untuk memenuhi ini, penyesuaian dilakukan untuk setiap detail, seperti meja yang dirancang secara individual.

Hideo Kojima menciptakan karakter Metal Gear Solid. Modifikasi dan mekanika dibuat oleh seniman konseptual Yoji Shinkawa. Menurut Shinkawa, fisik Solid Snake dalam angsuran khusus ini didasarkan pada Jean-Claude Van Damme, sementara penampilan wajahnya didasarkan pada Christopher Walken. Karakter itu diselesaikan oleh seniman poligon dengan gambar sikat dan model tanah liat oleh Shinkawa. Kojima menginginkan interaksi yang lebih besar dengan benda dan lingkungan, seperti membiarkan pemain menyembunyikan mayat di kompartemen penyimpanan. Selain itu, ia menginginkan "orkestra penuh tepat di samping pemain"; Sebuah sistem yang membuat modifikasi seperti tempo dan tekstur ke trek yang sedang diputar, alih-alih beralih ke jalur pra-rekaman lainnya. Meski fitur ini tidak bisa diraih, mereka diimplementasikan di Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty.

Metal Gear Solid ditunjukkan ke publik di E3 1997 sebagai video pendek. Ini kemudian dimainkan untuk pertama kalinya di Tokyo Game Show pada tahun 1998 dan secara resmi diluncurkan pada tahun yang sama di Jepang dengan sebuah kampanye promosi yang ekstensif. Iklan televisi dan majalah, sampel di dalam toko, dan hadiah demo memberikan kontribusi sebesar $ 8 juta untuk biaya promosi. Diperkirakan 12 juta demo untuk game tersebut didistribusikan selama tahun 1998.

Musik[sunting | sunting sumber]

Penilaian musikal Metal Gear Solid disusun oleh musisi In-house Konami, termasuk Kazuki Muraoka, Hiroyuki Togo, Takanari Ishiyama, Lee Jeon Myung, dan Maki Kirioka. Komposer dan penulis lirik Rika Muranaka memberikan sebuah lagu berjudul "The Best is Yet To Come" untuk rangkaian ending ending game. Lagu ini dilakukan dalam bahasa Irlandia oleh Aoife Ní Fhearraigh. Tema utamanya disusun oleh Tappi Iwase dari Konami Kukeiha Club.

Musik yang dimainkan dalam game memiliki nuansa sintetis dengan peningkatan kecepatan dan pengenalan senar selama momen menegangkan, dengan gaya perulangan yang endemik pada permainan video. Musik sinematik yang serba halus, dengan elemen orkestra dan paduan suara yang lebih kuat, muncul di cutscenes. Soundtrack dirilis pada tanggal 23 September 1998, di bawah King Records.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Metal Gear Solid pertama kali dirilis untuk PlayStation di Jepang pada tanggal 3 September 1998. Game ini tersedia dalam edisi standar, serta edisi "Paket Premium" terbatas yang dijual di dalam sebuah kotak besar yang juga berisi t-shirt, sebuah Sepasang tag anjing bertema FOXHOUND, stiker kartu memori, CD audio yang menampilkan soundtrack dari game Metal Gear MSX2 (termasuk beberapa lagu bonus yang diatur), dan sebuah buklet setebal 40 halaman berjudul Metal Gear Solid Classified yang menampilkan catatan produksi, wawancara dengan Para pengembang, dan glossary terminologi dalam game.

Versi Amerika Utara dirilis sebulan kemudian pada tanggal 20 Oktober. Perubahan dan penambahan dilakukan pada versi ini, seperti pilihan tiga pengaturan kesulitan saat memulai permainan baru (dengan setting keempat yang tidak terkunci setelah menyelesaikan permainan sekali), Pakaian tuksedo alternatif untuk Snake (yang dipakai karakter pada setiap pemutaran ketiga pada file save yang sama), dan mode "teater demo" dimana pemain melihat setiap percakapan cutscene dan radio yang relevan dengan cerita utama. Jeremy Blaustein, yang sebelumnya bekerja di lokalisasi bahasa Inggris Snatcher untuk CD Sega, menulis versi bahasa Inggris dari naskah tersebut. Satu perubahan dalam naskah bahasa Inggris adalah penambahan sumber dan penulis Barat ke koleksi kutipan motivasi Mei-Ling; Awalnya karakter hanya mengutip peribahasa Cina secara native, memberikan penjelasan sesudahnya dalam bahasa Jepang, tapi ini terbukti sulit untuk menyesuaikan diri selama terjemahan. Permainan yang dideteksi oleh Psycho Mantis saat ia membaca kartu memori pemain juga berubah, karena judul tertentu (seperti seri Tokimeki Memorial) yang tidak dirilis di luar Jepang. Ini menghasilkan cameo Kojima (di mana dia berterima kasih kepada pemain untuk mendukung pekerjaannya melalui sulih suara) yang dipotong dari versi Barat, karena menyimpan data dari dua judul PlayStation yang tidak tersedia di luar Jepang, Snatcher and Policenauts, perlu membutuhkan kartu memori untuk Easter egg ini muncul.

Permainan ini diluncurkan di Eropa pada tanggal 22 Februari 1999, dengan versi yang disuarakan dalam bahasa Prancis, Italia, dan Jerman tersedia selain bahasa Inggris. Sebuah versi dijuluki Spanyol kemudian dirilis pada tanggal 1 Mei. Edisi paket premium terbatas juga diproduksi untuk pasar Eropa yang serupa dengan yang dirilis di Jepang, meskipun isinya berbeda secara signifikan dari mitra Jepang-nya.

Versi Jepang PlayStation dari Metal Gear Solid telah diterbitkan dua kali: sekali di bawah seri "The Best" dan kemudian sebagai judul "PS One Books" (keduanya setara dengan seri rilis "greatest hits" untuk konsol video game di Barat ). Demikian pula, versi Amerika dan Eropa dari Metal Gear Solid diterbitkan kembali di bawah rentang "Greatest Hits" dan "Platinum" masing-masing. Permainan ini termasuk dalam Japan Metal Gear Solid: Koleksi HUT ke 20 yang ditetapkan dan di American Essential Collection set. Metal Gear Solid yang asli dirilis di PlayStation Store untuk diunduh di PlayStation 3 dan PlayStation Portable pada tanggal 21 Maret 2008 di Jepang dan pada tanggal 18 Juni 2009 di Amerika Utara dan pada tanggal 19 November di tahun yang sama Di Eropa.

Integral[sunting | sunting sumber]

Dirilis pada tanggal 25 Juni 1999 untuk PlayStation di Jepang, Metal Gear Solid: Integral (メタルギアソリッド インテグラル?) adalah edisi diperluas dari permainan yang menampilkan konten tambahan dari versi Amerika dan Eropa. Ini menggantikan suara Jepang dari versi asli dengan pepatah Inggris, yang menawarkan pilihan antara teks bahasa Jepang dan Inggris selama cutscenes dan percakapan CODEC (uraian item, log misi dan teks lainnya masih dalam bahasa Jepang). Konten tambahan lebih lanjut ke permainan utama mencakup pakaian "setelan sesat" pengganti untuk Meryl (yang dia pakai saat Ular mengenakan tuksedo), setelan kesulitan "Sangat Mudah" dimana pemain memulai misi yang dipersenjatai dengan MP5 yang dilengkapi supresor Senapan mesin sub-dengan amunisi tak terbatas (mengganti senapan FAMAS dalam inventori Ular), frekuensi Codec kedelapan yang menampilkan komentar staf tertulis (tidak bersuara dan hanya di Jepang) di setiap area dan pertemuan bos, trek musik tersembunyi, mode permainan alternatif di mana pemain Kontrol Ular dari perspektif orang pertama (hanya pada kesulitan Normal), opsi untuk rute patroli alternatif untuk musuh, dan minigame PocketStation yang dapat didownload. Peristiwa Penyiksaan juga dipermudah pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi, mengurangi jumlah putaran menjadi tiga per sesi di semua setting.

Mode pelatihan VR dari Metal Gear Solid asli telah diperluas menjadi 300 tahap, yang sekarang disimpan di disk ketiga yang terpisah yang dikenal sebagai "VR Disc". Rangkaian misi baru ini terbagi dalam empat kategori utama: Sneaking, Weapons, Advanced dan Special. Tiga kategori pertama menampilkan latihan latihan standar yang menguji kemampuan menyelinap, menembak, dan bertarung pemain, sementara kategori keempat mengandung tes konvensional yang tidak sedikit melibatkan misteri pembunuhan, tentara genom raksasa dan piring terbang. Salah satu misi terutama memiliki pemain yang mengendalikan Ninja Cyborg, yang tidak terkunci oleh salah satu, menyelesaikan minigame di PocketStation dan mengunggah data ke VR Disc atau dengan mencapai peringkat Fox di game utama. Melengkapi semua 300 misi akan membuka konsep karya seni Metal Gear RAY, sebuah teknik yang nantinya akan muncul di Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty. Konten tambahan termasuk trailer pratinjau Metal Gear Solid dari acara perdagangan dan mode pemotretan dimana pemain dapat memotret model poligon secara penuh ekspresif Mei Ling dan Dr. Naomi setelah menyelesaikan permainan utama. Majalah Famitsu memberi peringkat Metal Gear Solid: Integral 34 dari 40.

Disk ketiga dari Integral dirilis sebagai game yang berdiri sendiri di Amerika Utara dengan judul Metal Gear Solid: Misi VR pada tanggal 23 September 1999. Sementara konten Misi VR hampir identik dengan VR VR Integral, persyaratan unlocking untuk misi Ninja dan mode pemotretan diubah sehingga mereka tidak lagi membutuhkan data dari game utama atau penggunaan PocketStation.

VR Disc juga dirilis di wilayah PAL sebagai "disk data" yang berjudul Metal Gear Solid: Misi Khusus pada tanggal 29 Oktober 1999. Berbeda dengan versi Jepang dan Amerika, Special Missions memerlukan salinan PAL dari Metal Gear Solid yang asli secara berurutan. Untuk dimainkan Perubahan ini dilakukan karena Metal Gear Solid yang asli dirilis dalam berbagai bahasa di Eropa dan Special Missions menentukan bahasa yang digunakannya berdasarkan pada versi permainan asli yang dimiliki pemain tersebut. Ketika disk Special Missions dimuat ke konsol PlayStation, permainan akan meminta pemain untuk mengganti disk dengan disk pertama dari Metal Gear Solid untuk memuat data suara dan bahasa sebelum meminta pemain untuk beralih kembali ke disk Special Missions. Untuk memulai permainan. Persyaratan ini membuat Misi Khusus tidak cocok dengan konsol PlayStation 2 yang dibuat sebelum model SCPH-70000.

Versi Komputer[sunting | sunting sumber]

Versi PC Metal Gear Solid dirilis di Amerika Utara, Eropa dan Asia pada akhir tahun 2000. Versi ini diterbitkan oleh Microsoft Game Studios dan dikembangkan oleh Digital Dialect. Ini mendukung penggunaan keyboard atau pengendali game USB dengan setidaknya enam tombol (dengan manual merekomendasikan Sidewinder Game Pad Pro). Ini juga mendukung kartu video Direct3D-capable, memungkinkan resolusi tinggi hingga 1024x768. Versi PC hanya diberi label Metal Gear Solid pada kemasannya, namun game yang sebenarnya menggunakan Metal Gear Solid: logo Integral, walaupun memiliki beberapa perbedaan juga dari versi Integral PlayStation dan tidak memiliki beberapa kontennya. Perubahan terbesar adalah mengurangi jumlah cakram dari tiga menjadi dua, yang dilakukan dengan memberi setiap disk dua file eksekusi terpisah, satu untuk game utama (mgsi.exe) dan yang lainnya untuk bagian pelatihan VR (mgsvr.exe), Sehingga menghilangkan kebutuhan akan disk ketiga yang berdiri sendiri.

Salah satu kelalaian penting adalah pemecatan cutscene sebelum pertempuran Psycho Mantis di mana ia membaca kartu memori pemain dan mengaktifkan fungsi getaran pengendali pemain jika DualShock digunakan, karena adegan ini melibatkan penggunaan perangkat khusus PlayStation . Metode untuk mengalahkan Mantis juga berubah dari penggunaan pengendali kedua hanya dengan menggunakan keyboard (terlepas dari apakah pemain menggunakan kontroler permainan atau tidak sampai saat itu). Kelalaian lainnya termasuk penghapusan frekuensi Codec kedelapan (140,07), yang menampilkan komentar-komentar tertulis oleh para pengembang, pakaian setelan santai Meryl, dan misi masuk saat memuat file simpan. Namun, versi PC menambahkan pilihan untuk beralih dan menembak dalam mode tampilan orang pertama setiap saat tanpa mempedulikan pengaturan kesulitan, dan pemain sekarang dapat menghemat kemajuan mereka kapan pun tanpa menghubungi Mei-Ling melalui penggunaan cepat. Pada bagian pelatihan VR, semua 300 misi, serta mode pemotretan, tersedia sejak awal, meskipun tiga cuplikan pratinjau yang tidak dapat dibuka dari versi PlayStation telah dihapus.

Dengan mencetak 83 di metacritic's agregat, permainan ini dikritik karena "gangguan grafis", sifat dasar pelabuhan, dan pada dasarnya sama dengan versi PlayStation.

The Twin Snakes[sunting | sunting sumber]

Sebuah remake dari Metal Gear Solid, yang berjudul Metal Gear Solid: The Twin Snakes, dikembangkan oleh Silicon Knights di bawah pengawasan Hideo Kojima dan dirilis untuk GameCube di Amerika Utara, Jepang, dan Eropa pada bulan Maret 2004. Sementara Twin Snakes sebagian besar dikembangkan di Silicon Knights, cutscenes-nya dikembangkan di rumah di Konami dan disutradarai oleh sutradara film Jepang Ryuhei Kitamura, yang mencerminkan gaya tanda tangannya yang dinamis, dengan memanfaatkan fotografi waktu peluru dan bermain senjata koreografer secara ekstensif. Sementara alur cerita dan setting permainan tidak berubah (walaupun beberapa dialog pilihan telah ditulis ulang lebih mirip versi asli Jepang), berbagai fitur gameplay dari Sons of Liberty ditambahkan seperti orang pertama yang membidik dan menggantung Dari bar di dinding Perubahan lain dalam akting bahasa Inggris adalah pengurangan aksen Mei Ling, Naomi dan Nastasha, dan juga pemutihan ulang Grey Fox dari Greg Eagles, yang masih mengulangi peran kepala DARPA, kepada Rob Paulsen. Grafik juga diperbarui agar sesuai dengan Metal Gear Solid 2.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Metal Gear Solid Hits Japan". IGN. 3 September 1998. Diakses tanggal 19 Mei 2008. 
  2. ^ "Metal Gear Countdown Commences". IGN. October 19, 1998. Diakses tanggal December 31 2007. 
  3. ^ "Metal Gear Solid Integral". Gamespot. Diakses tanggal June 10 2008. 
  4. ^ McGuire, Thomas (October 12, 2000). "Metal Gear Solid tweak guide". 3D Spotlight. Diakses tanggal July 7 2007. 
  5. ^ "Metal Gear Solid Tech Info/Credits". GameSpot. Diakses tanggal July 7 2007.