Maulan Aklil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maulan Aklil
Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil.jpg
Wali Kota Pangkalpinang ke-12
Mulai menjabat
15 November 2018
PresidenJoko Widodo
GubernurErzaldi Rosman Djohan
WakilMuhammad Sopian
PendahuluMuhammad Sopian
Pejabat Bupati Ogan Komering Ulu
Masa jabatan
22 Agustus 2015 – 16 Februari 2016
PresidenJoko Widodo
GubernurAlex Noerdin
PendahuluKuryana Azis
PenggantiKuryana Azis
Informasi pribadi
Lahir4 Maret 1976 (umur 44)
Bendera Indonesia Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung
Kebangsaan Indonesia
PasanganMonica Haprinda
Anak
  • Immoto Qonita Naflah Maulana
  • Mohammad Bek Zubair Maulana
  • Mohammad Djalinoe Maulana
  • Oku Maulidina Maulana
  • Pegeka Aretha Ghaniya Maulana
Alma materUniversitas Sriwijaya

H. Maulan Aklil, S.I.P., M.Si. (lahir di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 4 Maret 1976; umur 44 tahun) adalah Wali kota Pangkalpinang yang menjabat sejak 15 November 2018.[1]

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Maulan Aklil atau akrab disapa Molen merupakan Putra asli Bangka Belitung, Lahir pada tanggal 04 Maret 1976 [2] di Rumah Sakit DKT Pangkalpinang,[3] Molen merupakan Anak ke 5 dari 5 saudara, Ayah Molen bernama H. Zulkifli Ardin (Kampung Melintang, Rangkui, Pangkalpinang) dan Ibu Bernama Hj. Darlina (Bukit Merapin, Gerunggang, Pangkalpinang).

Setelah Tamat SMA Negeri 1 Sungai Liat, Bangka. Maulan Aklil merantau ke Provinsi Sumatera Selatan pada Tahun 1993, dengan bekal kerja keras dan semangat yang tinggi, Maulan Aklil mengahabiskan masa remaja dengan bekerja dan belajar. Maulan Aklil mengawalil Karier sebagai PNS di Kabupaten Ogan Komering Ilir, pada tahun 1999-2013. Maulan Aklil menduduki jabatan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Ogan Komering Ilir.[2] Pada tahun 2013-2018 Maulan Aklil dipercaya oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin untuk menjabat Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatra Selatan, Kepala Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) Provinsi Sumatra Selatan, Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatra Selatan. Pada Tahun 2015 Maulan Aklil atau akrab disapa Molen menjabat sebagai PJ. Bupati Ogan Komering Ulu. Selain Bekerja sebagai Birokrat di Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan di Provinsi Sumatera Selatan Maulan Aklil melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Sriwijaya (1993-2005).[2] dan pada saat ini Molen sedang menyelesaikan S3 Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Formal[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Informal[sunting | sunting sumber]

Publikasi[sunting | sunting sumber]

  • Jurnal Effect Of OCB & QWL Motivation to Work & Implication in the Performence Of Employess (2015) [2]
  • Nilai-nilai sikap terhadap perubahan dan keefektifan kepemimpinan Pejabat Eksekutif di Sumatra Bagian Selatan (2017) [2]

Pengalaman Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Pengalaman Organisasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Kepala Daerah yang dekat dengan Masyarakat dari Gramedia Kompas Award (2015) [2]
  • Anugerah Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI [4]

Prestasi Kota Pangkalpinang dibawah Kepemimpinan Molen[sunting | sunting sumber]

Prestasi Maulan Aklil atau akrab disapa Molen sebagai Wali kota Pangkal Pinang, kota tersebut telah mendapat beberapa Prestasi, di antaranya:

  1. Penghargaan dari Presiden RI melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2018 dengan nilai “B” yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Desember 2018.
  2. Penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 28 Mei 2019.[5]
  3. Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama, Juli 2019.[6]
  4. Penghargaan Kota Sehat Kategori Swasti Saba Padapa, November 2019.[7]
  5. Penghargaan dari Presiden RI melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2019 dengan nilai “B” yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Februari 2020.
  6. Penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 20 Mei 2020.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Resmi Dilantik Jadi Wali Kota, Ini langkah Awal yang Dilakukan Molen". Bangka Pos. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t "Biografi Maulan Aklil Walikota Pangkalpinang". Bangka Pos. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  3. ^ "Selamat Ulang Tahun, Pak Wako! | Lensa Bangka Belitung" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-18. 
  4. ^ "Walikota Pangkalpinang Terima Anugerah Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia". babelreview.co.id. 
  5. ^ "Pangkalpinang Raih Opini WTP Untuk Kedua Kalinya, Molen Sebut Ini Sejarah dalam Hidupnya". Bangka Pos. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  6. ^ Agency, ANTARA News. "Pemkot Pangkalpinang raih penghargaan Kota Layak Anak". ANTARA News Bangka Belitung. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  7. ^ "Kota Pangkalpinang Sukses Raih Penghargaan Swasti Saba Dari Kementerian Kesehatan". Bangka Pos. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  8. ^ "Tiga Tahun Berturut Pemkot Pangkalpinang Raih Opini WTP". Bangka Pos. Diakses tanggal 2020-06-18.