Maritza Sayalero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maritza Sayalero
Pemenang kontes kecantikan
230px
Maritza sebagai Miss Universe 1979
LahirMaritza Sayalero Fernández
16 Februari 1961 (umur 58)
Caracas, Venezuela
Tempat tinggalEnsenada, Meksiko
Tinggi5 ft 8 in (1,73 m)
Ukuran90-60-90 (35.5-23.5-35.5)
Warna rambutCokelat muda
Warna mataHazel
GelarMiss Venezuela 1979
Miss Universe 1979
Kompetisi
besar
Miss Venezuela 1979
(Pemenang)
Miss Universe 1979
(Pemenang)

Maritza Sayalero (lahir di Caracas, Venezuela, 16 Februari 1961; umur 58 tahun) adalah seorang perancang busana, model, pebisnis dan ratu kecantikan asal Venezuela. Pada tahun 1979 ia dimahkotai sebagai Miss Venezuela dan Miss Universe, menjadikannya wanita pertama dari Venezuela yang memenangkan gelar ini. Ia menikah dengan pemain tenis asal Meksiko Raúl Ramírez, yang bersamanya tinggal di Meksiko sejak tahun 1981. Selama bertahun-tahun ia memiliki sebuah butik dimana ia menjual produk rancangannya sendiri.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Miss Venezuela[sunting | sunting sumber]

Sayalero berkompetisi pada tahun 1979 sebagai Miss Departamento Vargas dalam kontes kecantikan nasional di negaranya, Miss Venezuela, dimana ia berhasil meraih mahkota dan berhak mewakili negaranya di Miss Universe 1979.

Miss Universe[sunting | sunting sumber]

Sayalero cukup menunjukkan pesonanya untuk menjadi pemimpin yang tak terbantahkan di malam final kontes Miss Universe 1979, memenangkan sesi kompetisi baju renang, wawancara dan gaun malam serta menjadi pemenang pertama dari Venezuela pada kontes yang diselenggarakan di Perth, Australia pada 19 Juli.[1]

Segera setelah siaran langsung berakhir, panggung kontes rubuh, akibat terlalu banyak wartawan dan fotografer yang menyerbu pentas untuk mendapatkan foto ratu baru tersebut. Dia berhasil menyelamatkan kontestan (Miss Colombia) dari terjatuh ke lubang menganga yang terdapat di tengah set. Delegasi lainnya, termasuk Miss Turki dan Miss Brasil, jatuh di lubang tersebut dan terluka.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Kemenangannya mulai menjadi perhatian nasional akan keindahan di Venezuela. Namanya telah menjadi identik dengan kecantikan di antara pembicara bahasa Spanyol, tidak hanya di Venezuela. Setelah kemenangannya, pada tahun 1980-an, banyak orang tua menamai putri mereka Maritza mengikutinya, terutama jika mereka memiliki nama keluarga yang sama, Fernandez.

Setidaknya satu kapal diberi nama untuk menghormatinya, Maritza Sayalero.

Kehidupan setelah Miss Universe[sunting | sunting sumber]

Maritza Sayalero menikah dengan pemain tenis Meksiko Raúl Ramírez dan menjadi warga negara naturalisasi Meksiko. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak: Rebeca (lahir 1982), Raúl Alán (lahir 1984) dan Daniel Francisco (lahir 1989).

Sayalero dan keluarganya tinggal di Ensenada, Baja California. Selama bertahun-tahun ia memiliki sebuah butik dimana ia menjual produk rancangannya sendiri.

Pada tahun 2010, Sayalero tampil pada sebuah opera sabun Venezuela bertajuk La Banda untuk saluran Boomerang, di mana ia berpartisipasi bersama dengan salah satu dari 3 anaknya, Daniel Ramírez Sayalero.[2] Di dalamnya ia berperan sebagai ibu dari anaknya sendiri yang memiliki kehidupan nyata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Orlando Suárez (2 Agustus 2012). "Qué es de la vida de…Maritza Sayalero". ultimasnoticias.com.ve. Diakses tanggal 21 Februari 2016. 
  2. ^ Néstor Luis Llabanero (16 Februari 2011). "Los placeres sencillos de Maritza Sayalero". estampas.com. Diakses tanggal 21 Februari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Marisol Alfonzo
Miss Venezuela
1979
Diteruskan oleh:
Maye Brandt
Didahului oleh:
Bendera Afrika Selatan Margaret Gardiner
Miss Universe
1979
Diteruskan oleh:
Bendera Amerika SerikatShawn Weatherly