Miss Colombia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Concurso Nacional de Belleza de Colombia
CNBClogo.JPG
Logo Concurso Nacional de Belleza de Colombia
Tanggal pembentukan1934
JenisKontes kecantikan
Kantor pusatBogotá
Lokasi
Jumlah anggota
Miss Universe
Miss International
Bahasa resmi
Bahasa Spanyol
Direktur Nasional
Raymundo Angulo Pizarro
Situs websrtacolombia.org

Miss Colombia (Concurso Nacional de Belleza de Colombia, Kontes Kecantikan Nasional Kolombia dalam Bahasa Spanyol atau disingkat CNB) adalah sebuah kontes kecantikan nasional di Kolombia. Pemenang kontes ini, Señorita Colombia, dikirim ke ajang Miss Universe dan runner-up pertama, Señorita Colombia Internacional atau Virreina, dikirim ke ajang Miss Miss International. Miss Colombia dan pemegang gelar lainnya memegang gelar selama setahun, sampai kontes memilih penerus mereka; CNB saat ini di bawah arahan Raimundo Angulo.

Kontes berlangsung pada pertengahan November dan disiarkan oleh RCN melalui transmisi terbuka dan Canal EC untuk transmisi tertutup selama pra-pemilihan dan malam khusus penobatan; Las más Bellas por Colombia (Preliminasi Pakaian Renang) dan Desfile en Traje Artesanal (Kostum Nasional).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide mendirikan kontes kecantikan nasional Ernesto Carlos Martelo lahir pada tahun 1932, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun keseratus keempat dari pendirian Cartagena; Namun, tidak dapat dilakukan karena Insiden Leticia dan keterlambatan dalam pembangunan dermaga kota baru.

Pada akhir tahun 1933, departemen negara diundang untuk berpartisipasi dalam kontes, yang terpilih sebagai Miss Colombia pertama, Yolanda Emiliani Román, perwakilan dari Bolívar, yang memegang gelar selama tiga belas tahun (sampai 1947) karena konflik yang berbeda dari tatanan politik yang hidup di dunia. Setelah istirahat panjang, kontes kembali pada tahun 1947 dan memunculkan antusiasme untuk pemilihan dan penobatan Miss Colombia; Dia ingin mengubahnya menjadi tradisi, melalui Perjanjian 21 tahun itu, ditetapkan untuk Cartagena sebagai kursi tetap, menentukan pelaksanaannya setiap dua tahun, selama permulaannya, El Concurso Nacional de Belleza berlangsung setiap dua tahun dan hanya sampai 1961 mulai berlangsung setiap tahun, karena komitmen internasional yang diperoleh.

Sejak tahun 1980, RCN telah menyiarkan kompetisi; transmisi memiliki pembawa acara dan penampilan musik dari artis nasional dan internasional. Dalam beberapa tahun terakhir, telah disediakan transmisi khusus untuk parade kostum atau acara kerajinan kostum yang disebut buatan tangan Kolombia dan parade pakaian renang di kolam renang di Hilton Cartagena, bernama “Las más bellas por Colombia”.[1]

Peraturan[sunting | sunting sumber]

Paulina Vega, Señorita Colombia 2013, pemenang Miss Universe 2014

Colombia memiliki aturan yang ketat bila ingin mengikuti kontes pendahuluan sebelum Miss Universe: Setelah kontestan endaftar untuk kontes, ia terbatas pada Departemen nya sendiri dan tidak bisa pindah ke negara bagian/provinsi lain. Namun, dia bisa berpartisipasi lebih dari sekali untuk departemen yang sama; pemenang kontes tahun 2003 sudah berkompetisi empat kali di kontes Miss Valle pada tahun sebelum ia memenangkan kontes tersebut dan akhirnya berhak untuk memenangkan mahkota nasional Miss Kolombia.

Pemegang gelar[sunting | sunting sumber]

Ariadna Gutiérrez, Señorita Colombia 2014, runner-up 1 Miss Universe 2015

Awalnya, pemenang kontes memegang gelar untuk jangka waktu dua tahunan; Yolanda Emiliani Roman, Miss Colombia 1934, memegang gelarnya untuk masa jabatan terpanjang dalam sejarah kontes ini. Pemenang Senorita Colombia mewakili negaranya di Miss Universe. Pada suatu kesempatan, ketika pemenang tidak memenuhi syarat (karena usia) baik untuk kontes, runner-up dikirim.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Miss Colombia tidak pernah tanpa kontroversi sejak awal. Beberapa dari mereka dilakukan oleh Gereja Kolombia antara tahun 1940-an dan awal 1960-an, karena para pemimpin Gereja menentang parade kandidat dalam pakaian renang. Kontroversi yang lain ditampilkan oleh beberapa ratu kecantikan Kolombia dengan memiliki keterkaitan dengan jaringan perdagangan narkotika dan ratu lainnya menampilkan kontroversi karena melanggar aturan kontes, termasuk tidak berpose dengan pakaian renang.

  • Salah satu yang paling berkesan adalah ketika Señorita Atlántico 1990 Maribel Gutierrez Tinoco terpilih menjadi Miss Colombia di tengah kecurigaan oleh adanya kesalahan komputer. Setelah meninggalkan gelar Miss Colombia, pada tahun 1991 ia menikah di kota Barranquilla dengan bandar narkoba Jairo Duran Fernandez alias anggota 'El Mico Duran' dari kartel North Coast. Satu tahun setelah pernikahan mereka, Duran tewas di Kota Bogota pada 27 Oktober 1992, akibat dendam antara mafia. Maribel saat ini tinggal di Bogotá, setelah tinggal beberapa tahun di Amerika Serikat, bersama dengan seorang pria bernama Mauricio Wagner lebih dari 17 tahun yang dengannya ia memiliki dua anak perempuan.
  • Pada tahun 1993, skandal yang paling berkesan adalah Señorita Amazonas 1993 Catherine Sánchez Hernández dikenal sebagai "Señora Amazonas". Ternyata dia tidak lajang atau mahasiswa, tetapi telah menikah dengan seorang pria bernama David Quinonez, yang merupakan mantan pilot maskapai Aces, dan telah hamil dua bulan ketika ia mengikuti kontes. Lima hari setelah kontroversi telah ditemukan, ia tidak punya pilihan selain meninggalkan kontes sebelum masalah yang akan datang terjadi, mengambil pesawat pribadi untuk tujuan yang tidak diketahui. Sepuluh bulan kemudian ia berpose untuk majalah Alo dengan bayinya di lengannya, kemudian setahun setelah skandal itu kembali ke Cartagena mana mereka merilis kalender di mana dia adalah salah satu model.
  • Tahun 1994, Kathy Saenz mantan Señorita Bogotá 1992 ditangkap di Spanyol atas kepemilikan uang dolar palsu, tetapi dia menjelaskan bahwa dolar ini milik seorang teman yang menemaninya. Dia saat ini menikah dengan aktor Sebastian Martinez yang dengannya ia memiliki dua anak. Pada tahun yang sama mereka mencoba untuk melibatkan ayah dari mantan Virreina Universal Carolina Gómez dengan perdagangan obat bius, tetapi hubungan tersebut tidak pernah terbukti dan karena itu dia bebas dari kesalahan.
  • Señorita Chocó (1996) Zolima Bechara, Dia didiskualifikasi dari gelarnya Virreina Nacional karena mengunjungi seorang gembong narkotika di penjara.[2]

David Letterman di Miss Colombia[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2001, David Letterman bercanda tentang 'bakat khusus' yang dimiliki Miss Colombia yang di kemudian hari memerintah, Andrea Noceti - bahwa dia mampu "menelan 50 balon penuh heroin" untuk kompetisi bakat (yang tidak pernah ada) di kontes Miss Universe 2001. Pernyataan itu tidak hanya membuat marah sang ratu kecantikan, tetapi juga orang-orang di Kolombia.[3]

Miss Colombia secara terbuka mengancam akan menuntut Letterman tetapi kemudian ditarik pernyataan setelah Letterman secara resmi meminta maaf kepadanya di Late Show with David Letterman tentang sindiran yang dibuat. Letterman telah mengundang ratu kecantikan tersebut untuk tampil di acara sebagai tanda perdamaian.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Concurso Nacional de Belleza de Colombia. "Historia" (dalam bahasa Español). Diakses tanggal 20 November 2008. 
  2. ^ Semana.Com. Semana.Com, ed. "En blanco y negro" (dalam bahasa Español). Diakses tanggal 20 Desember 2008. 
  3. ^ BBC News (16 Mei 2001). BBC News, ed. "Miss Colombia to sue Letterman" (dalam bahasa English). Diakses tanggal 20 Desember 2008. 
  4. ^ BBC News (17 Mei 2001). BBC News, ed. "Letterman appeases Miss Colombia" (dalam bahasa English). Diakses tanggal 20 Desember 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:MissInternationalCountries